Menu

Cara Membuat Caption yang Menarik

Jan
22
2018
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh pebisnis dan toko online adalah saat menyusun kata-kata untuk caption di media sosial. Serba salah, terlalu panjang salah, terlalu informatif juga salah, terlalu kaku juga salah. Gimana ya cara menulis caption yang menarik perhatian konsumen?

 

Diawali dengan Hashtag

Mengawali caption dengan hashtag memang sedikit diluar dari kebiasaan. Biasanya hashtag diletakan diakhir kalimat caption, namun setelah Saya pelajari hashtag diawal yang menarik dapat membuat kita penasaran dengan kalimat selanjutnya pada caption tersebut. Berbeda dengan penggunaan hashtag pada umumnya yang sebanyak-banyaknya, tapi pengawalan hashtag pada caption yang menarik ini hanya berlaku untuk 1 hashtag saja. Misalnya hashtag cirikhas atau tagline dari usahamu, contoh #KitaBisa #WanitaIndonesia #SebarkanKebaikan dan sebagainya.

Jangan terlalu banyak Hashtag

Hashtag memang diperlukan namun jangan sampai karena begitu banyak hashtag membuat usaha Anda menjadi terlihat tidak profesional. Solusinya adalah gunakan 1-5 hashtag pada caption akun sosial media Anda dan tambahkan hashtag lainnya dikolom komentar. Khusus Instagram memiliki batas 30 hashtag per post.

Gaya Penulisan sesuai Target Audience

Gaya penulisan sangat berperan penting dalam menarik perhatian konsumen, jika usaha Anda memiliki target pasar dewasa maka gunakan bahasa yang formal tidak masalah. Jika usaha Anda untuk anak muda remaja hingga pemuda gunakan bahasa yang santai, informal saja agar tidak membosankan untuk pembacanya. Target audience ini dapat diatur dengan jasa iklan sponsored (iklan resmi dari Instagram, Facebook maupun Google), Anda dapat memilih target berdasarkan usia, gender, lokasi dan interest sesuai produk Anda. Mau tahu lebih lanjut mengenai iklan sponsored bisa hubungi kami disini.

Caption singkat

Caption yang ideal dan menarik untuk dibaca hanya mengandung 1-3 kalimat. Caption yang panjang malah membuat Audience malas untuk membaca. Kecuali memang ada nilai manfaat yang disampaikan oleh akun Anda atau informasi menarik lainnya. Caption yang singkat dapat menimbulkan rasa penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usaha Anda. Supaya akun Anda di “kepo-in” oleh target pasar Anda.

Mention link

Mention link pada caption ini adalah tips lanjutan dari penulisan caption yang singkat. Jika captionnya sudah singkat, kata-katanya menarik dan membuat penasaran, nah selanjutnya adalah taruh link atau mention agar pembaca membuka link yang ditaruh pada bio media sosial Anda. Ini membantu traffic ke akun Anda meningkat dan juga kesempatan bertransaksi lebih tinggi.

Interaksi dengan Audience

“Ini kan caption kok bisa berinteraksi dengan Audience?” Jelas bisa, untuk meningkatkan traffic ke akun¬† sosial media Anda dengan memberikan caption yang melibatkan Audience secara emosional, misalnya terdapat needs/kebutuhan mereka, experience/pengalaman target pasar Anda, dan juga pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka ingin menjawab. Dari interaksi inilah yang membuat mereka merasa ada keterkaitan dengan usaha Anda, dan lebih mudah diingat dalam benak pembaca caption tersebut.

Berikan Informasi kepada Audience

Informasi seperti apa sih yang cocok dimasukan dalam caption? Agar tidak terlalu panjang dan membosankan untuk dibaca, cukup tuliskan headline atau inti dari informasi yang ingin diberikan dicaptionnya, namun sertakan juga link dimana informasi lengkapnya dapat dikunjungi. Usahakan membuat artikel atau informasi yang memang dibutuhkan oleh target pasar Anda sehingga captionnya menjadi tepat sasaran. Jika Anda masih belum ada ide atau belum terbiasa menulis artikel sendiri yang kira-kira dapat menarik perhatian audience, Anda dapat menggunakan jasa iklan artikel kami, klik disini untuk informasi lebih jelas.

Jika ada request bahasan yang ingin ditanyakan dapat mengirimkan saran ke email cs.melonind@gmail.com. Nantikan tips untuk bisnis Anda selanjutnya!

artikel lainnya Cara Membuat Caption yang Menarik

Thursday 24 November 2016 | Artikel

1. Tetapkan Tujuan Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada…

Tuesday 7 February 2017 | Artikel

Bagaimana mencari supplier online di dunia maya lebih mudah? Di antara Anda sekalian tentu ada yang…

Tuesday 26 June 2018 | Artikel

Apakah Anda ingin menjadi blogger pemula sukses? Jika iya, sudah tepat Anda membaca tulisan ini karena…

Monday 20 March 2017 | Artikel

Perbedaan mengenai Facebook Group dan Fanspage sudah seharusnya Anda ketahui informasinya sekarang. Anda tentu sudah mengenal…

Instant Order

Friends Added

Visitors

  • 48,121

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Apartemen Grand Emerald LG 61 Kelapa Gading, Jakarta Utara
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com