Menu

Ingin Berbisnis Online Lebih Lancar? Ketahui Dulu Cara Menggunakan Google Analytic

Mar
20
2017
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Apa itu Google Analytic? Apakah Anda sudah mengetahui fitur dari Google yang satu ini? Jika belum, sudah seharusnya Anda mengenalnya lebih lanjut. Apalagi Anda yang ingin atau sudah mengelola bisnis online di dunia maya. Hal itu dikarenakan bisnis online bukan hanya dikelola dengan teknis atau cara yang biasa-biasa saja, tetapi harus yang luar biasa. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan omset penjualan sekaligus mengalahkan para kompetitor yang semakin banyak. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara untuk bisa mewujudkan hal tersebut?

Anda tentu sudah mengenal Google, bukan? Salah satu search engine atau mesin pencarian di internet ini sudah populer di seluruh dunia. Banyak orang atau netizen yang memanfaatkan tiap hari untuk mencari berbagai informasi yang diinginkan. Anda pun perlu mengetahui bah wa di Google juga memiliki fitur-fitur tambahan yang menarik. Salah satunya bernama Google Analytic. Untuk mengetahui lebih lanjut perihal fitur yang satu ini, silakan membaca sedikit uraian di bawah ini.

 

Mengenal Google Analytic lebih dekat

Google Analytic merupakan sebuah fitur gratis dari Google yang dapat menampilkan statistik pengunjung sebuah situs di internet. Fungsi utamanya adalah Analytics  bisa menelusuri pengunjung sebuah situs berdasarkan beberapa hal. Misalnya, mesin pencarian, iklan yang muncul, e-mail pemasaran, jaringan pay per klik, serta tautan dalam dokumen PDF.

Tentu saja semua analisis tersebut dijalankan berbasis internet, di mana semua sistem yang dijalankan tersebut sudah diperhitungkan sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami lebih dulu secara mendalam sebuah fitur tertentu sebelum mengaplikasikannya, tak terkecuali Google Analytic. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, Anda bisa mengetahui iklan beserta kata kunci (keyword) mana yang banyak disambungkan ke situs pengguna. Bahkan, Anda bisa memanfaatkannya untuk menganalisis iklan adwords yang dipasang di Google.

Dengan meganalisis seperti itu, Anda pun bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya yang harus diaplikasikan. Pasalnya, evaluasi dalam rangka berbisnis online secara keseluruhan memang perlu dilakukan secara rutin. Hal itu bertujuan agar Anda sebagai pelaku atau pengelolanya dapat memaksimalkan keuntungan sekaligus meminimalkan kelemahannya.

 

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Analytic yang direkomendasikan?

Sekarang, Anda perlu mengetahui cara menggunakan Google Analytic. Namun sebelumnya, Anda harus mendaftar terlebih dulu. Oleh karena itu, silakan untuk mendaftarnya sekarang juga. Anda pun perlu mengetahui bahwa secara umum Analytic dapat dimanfaatkan untuk mengamati karakter pengunjung dan mengamati performa artikel.

  1. Google Analytic untuk mengamati karakter pengunjung. Silakan Login untuk masuk. Anda akan masuk pada halaman Visitor Overview. Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah grafik berisi informasi mengenai pertambahan pengunjung di blog yang Anda miliki. Tiap hari akan diperlihatkan berapa jumlah pengunjung di blog. Jadi, jangan bingung atau panik jika grafiknya naik turun karena jumlah pengunjungnya juga berubah-ubah tiap harinya.

Ada beberapa fitur di dalam Google Analytic yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya, Unique Visitors, Page Views, Page/Visit, Average Visit Duration, dan masih ada beberapa lagi. Anda pun juga diperlihatkan beberapa informasi mengenal asal kunjungan serta karakteristik gadget yang dipakai oleh pengunjung saat mengunjungi blog yang Anda miliki.

  1. Google Analytic untuk mengamati performa artikel. Anda bisa memilih Content, lalu mengklik Overwiew. Dengan begitu, Anda bisa melihat 10 artikel dengan kategori terlaris atau banyak pengunjungnya di blog. Anda pun bisa mulai menganalisisnya sau per satu untuk melihat karakteristik dari artikel-artikel terlaris tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menentukan langkah berikutnya agar artikelnya makin laris di kemudian hari.

 

 

 

artikel lainnya Ingin Berbisnis Online Lebih Lancar? Ketahui Dulu Cara Menggunakan Google Analytic

Monday 20 March 2017 | Artikel

Perbedaan mengenai Facebook Group dan Fanspage sudah seharusnya Anda ketahui informasinya sekarang. Anda tentu sudah mengenal…

Friday 3 March 2017 | Artikel

  Anda sebagai seorang pebisnis juga perlu mengetahui lebih detail perihal manfaat atribut bisnis. Mungkin Anda…

Tuesday 7 February 2017 | Artikel

Bagaimana mencari supplier online di dunia maya lebih mudah? Di antara Anda sekalian tentu ada yang…

Monday 6 March 2017 | Artikel

Manfaat branding dalam bisnis memang begitu luar biasa. Hal itu dikarenakan branding berkaitan erat dengan produk…

Instant Order

Friends Added

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Gading Nirwana I PF 16 no 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara.
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com