Menu

38 Istilah Dasar Onlineshop

Oct
17
2016
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Kalian yang masih baru di dunia jual-beli onlineshop?

Bingung istilah yang digunakan oleh penjual onlineshop?

Ini beberapa singkatan atau istilah dasar yang perlu kamu ketahui ketika membeli online.

1) “sista, sist, sis, say, bro, gan.” Sapaan dalam dunia online. Sista, sis, sist itu adalah panggilan bagi kenalan perempuan, sedangkan bro atau gan (juragan) adalah panggilan bagi kenalan pria.

2) “ready stock”. Kalau yang ini sudah saya jelaskan kemaren ya. Ready stock menunjukkan bahwa barang tersedia di tempat penjual.

3) “pre order / PO”. Barang yang diinginkan harus dipesan terlebih dahulu ke penjual.

4) “out of stock”. Stock kosong

5) “restock”. Stock akan segera dipenuhi kembali

6) “suplier”. Sama artinya dengan distributor, tempat membeli produk.

7) “reseller”. Orang atau toko yang akan memasarkan produk kita juga.

8) “shipping”. Proses pengiriman pesanan.

9) “dropshipping”. pesanan dikirim oleh suplier atas nama reseller kepada pelanggan dari reseller

10) “TIKI”. Perusahaan jasa pengiriman, jenis yang populer digunakan adalah TIKI REGULER (lama pengiriman 3-4 hari) dan TIKI ONS (One Night Service, lama pengiriman 1-2 hari)

11) “JNE”. Perusahaan jasa pengiriman, jenis yang populer digunakan adalah JNE REGULER (lama pengiriman 3-4 hari) dan JNE YES (lama pengiriman 1-2 hari)

NB: sebenarnya ada banyak jasa pengiriman yang lain seperti ESL, PCP, Pahala Kencana, DHL, UPS, POS INDONEIA, dan lain-lain. Tapi yang paling sering digunakan adalah TIKI dan JNE.

12) “Nomor Resi / Air Waybill Number”. Adalah tanda bukti bahwa pesenan sudah dipaketkan. Jadi bagi yang berencana untuk berbelanja secara online, anda berhak untuk meminta nomor resi pengiriman kepada penjual.

13) “Ongkos Kirim / Ongkir”. Biaya tambahan diluar harga produk, yang biasanya dibayarkan oleh pembeli sebagai biaya pengiriman dengan menggunakan perusahaan jasa pengiriman.

14) “Free Ongkir / Free Shipping”. Pembelian yang dibebasakan dari biaya pengiriman.

15) “Cash on Delivery / COD”. Pesanan akan dibayarkan jika barang sudah sampai di alamat pembeli, biasanya berlaku jika penjual dan pembeli berada di dalam kota yang sama.

16) “Discount Up To …. “. Ini artinya “diskon hingga …..”. Contohnya “discount up to Rp.10.000″, ini BUKAN berarti SETIAP produk mendapat diskon 10.000, tapi ADA produk yang diskonnya 10.000 (maksimal 10.000)

17) “Discount …. off”. Misalkan “discount 10% off”, ini berarti setiap produk akan mendapatkan discount 10% jika memenuhi kualifikasi yang diberikan.

18) “Japri” dan “PM”. Japri adalah Jaringan pribadi. PM adalah personal Message sama saja seperti chat langsung kepada penjual.

19) “DP dan PP”. Display Picture dan Profile Picture. Foto yang tertera pada akun penjual online tersebut.

20) “Dp minimal …%” biasanya barang yang bisa menggunakan Dp yang belum ready stock (barang PO) dan barang bernilai tinggi. Besar persentase dalam pembayaran DP disesuaikan dengan kebijakan penjual online.

21) “T/T atau Tfr (Transfer)”. Cara pembayaran jual-beli melalui online. Melalui transfer bank yang bekerja sama / digunakan oleh penjual maupun pembeli.  Contoh : Penjual menggunakan bank BCA, dan pembeli memiliki ATM / rekening BCA juga. Pembayaran akan lebih mudah tidak terkena biaya apapun. Apabila kasusnya penjual menggunakan bank BCA dan pembeli menggunakan bank Mandiri, maka harus transfer antar bank yang terkena biaya pengiriman antar bank. Jangan lupa memasukan kode bank saat transfer ke bank tujuan.

Berikut adalah kode bank di Indonesia klik http://www.robi.web.id/2014/02/kode-bank.html .

22) “via Pulsa”. Ada beberapa onlineshop tertentu yang menerima pembayaran melalui pulsa. Ditujukan kepada customer yang belum mempunyai rekening sendiri dan orang tua tidak mau membelikannya hehe. Mengapa ada orang yang mau menjual barang melalui pulsa? Ada yang memang membutuhkan pulsa. Dan ada juga yang bisa meng-uangkan pulsa. Ini dia caranya meng-uangkan PULSA menjadi UANG klik https://www.pulsagame.com/sulap-pulsa-ke-atm/ .

23) “Norek (Nomer Rekening)”. Nomer tujuan untuk membayar barang yang telah kita beli. Jangan lupa menanyakan bank apa yang digunakan agar tidak bingung saat mau melakukan transaksi di bank atau di ATM karena dibutuhkan.

24) “Hit and Run”. Istilah yang digunakan kepada orang yang sudah memesan barang lalu membatalkannya atau menghilang tiba-tiba saat menjelang transaksi. Intinya orang yang tidak bertanggung jawab terhadap barang yang telah dipesannya.

25) “Blacklist”. Resiko yang diberikan kepada customer Hit and Run terhadap penjual online. Biasa no Hp, Pin bbm , alamat, account media sosial kamu akan disebar ke forum penjual online bahkan ke polisi untuk memblokir kamu dari dunia online sehingga tidak ada korban penjual online yang lain. JADI BERHATI-HATILAH DALAM BERTRANSAKSI ONLINE!

26) “Booked”. Dulu masih ada istilah booked ini, yang artinya memesan calon barang sebelum membayar barang tersebut. Barang yang telah di booked dianggap sold oleh penjual, maka apabila calon pembeli yang telah membooked barang tersebut tidak bertanggung jawab (hit and run) maka penjual akan rugi dan harus memasarkan ulang barang tersebut kepada yang lain.

Maka karena pengalaman buruk tersebut yang kerap terjadi dikalangan penjual online, istilah booked ini sudah tidak mau dipakai oleh para penjual online lagi. Penjual akan menulis “no booked, siapa cepat dia dapat” menghindari Pembeli PHP 😀 .

27) “PP (Paid promote)” . Jasa yang ditunjukan untuk onlineshop dalam mempromosikan barang yang mereka jual melalui akun mereka.

Ini merupakan salah satu jasa yang melon.ind tawarkan, dengan fasilitas sebagai berikut :

Berikut keterangan Paket Autopromote :

  1. Dipost AUTOMATIS
  2. Biaya 40rb /bln
  3. 3x posting /hr
  4. Sesuai jam efektif pengguna instagram
  5. Caption 1 + hashtag (max 10)
  6. Garansi followers anda akan bertambah min 30orang.
  7. Iklan akan di posting pada akun www.instagram.com/autopromoteindonesia

28) “FP (Free Promote)”. Jasa promosi yang membantu para onlineshop untuk mengiklankan barangnya secara GRAT IS.

Syarat :

  1. Anda trusted seller
  2. Follow account www.instagram.com/iklangratisindonesiawww.instagram.com/jasaiklanindo
  3. hub LINE ID : @pgp5003e (pakai @)
  4. kirim foto dan caption (kata-kata promosi)
  5. posting anda permanen di post kami

HATI – HATI!

Apabila kami mengetahui anda menipu dan merugikan org lain

akan kami BLOCK dan postingan anda akan di HAPUS

Unfollow akun kami?

POST kalian akan di hapus

**kirim setiap hari foto dan caption mu, kami dengan senang hati posting iklanmu.

SETIAP HARI , 100% GRATISSS!

29) “PK (Paid Keroyok)”. customer menetapkan ingin mendapat jumlah sekian followers dgn tarif yg sudah ditentukan oleh penyedia jasa paid keroyok target. Customer tinggal duduk santai, group onlineshop yg penyedia paid keroyok akan memposting di IG berkali – kali hingga jumlah followers customer mencapai target yg telah ditetapkan sebelumnya.

30) “SFS”.  Shoutout For Shoutout, yaitu saling mempromosikan sesama online shop di Instagram. Biasanya jika seorang seller mempunyai barang dagangan yang berbeda dengan seller lainnya, seller-seller tersebut akan saling mempromosikan dagangan mereka. Misal, online shop A menjual baju muslim dan online shop B menjual tas branded, online shop A akan memposting foto dan caption tentang barang dagangan online shop B di instagramnya, begitupun sebaliknya dengan syarat dan ketentuan yang disepakati oleh kedua seller, misalnya minimal followers 10K dan keep 3 jam. Artinya, masing-masing followers yang dimiliki oleh kedua online shop tersebut minimal 10.000 followers dan postingan promosi tersebut diposting selama 3 jam, lewat dari 3 jam boleh di hapus.

31) “FFF/F4F”.  Follow for Follow atau dalam bahasa Indonesianya adalah saling follow. Kalau follback( followback ) artinya adalah follow balik.

KEROKAN/KEROYOK : kumpulan bbrp os yg saling sfs dalam 1 group

32) “Focap”.  Focap adalah singkatan dari foto dan caption, biasanya dalam konteks ini foto yang dimaksud adalah foto yang ingin digunakan untuk mempromosikan onlineshop mu via instagram. Dan caption adalah kata – kata promosinya.

33) “Jindel”. Ijin delete, ini merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam dunia SFS. Ijin untuk menghapus SFS yang jangka waktunya telah selesai.

34) “Keep”. Menyimpang postingan pada akun anda yang menggunakan SFS selama waktu yang di tentukan oleh grup tersebut.

35) “Arisan”. Grup arisan tersendiri misalnya terdiri atas 150 onlineshop yang nantinya akan dibagi perhari 5onlineshop perhari di instagram.

36) “Pin Train”. Broadcast yang berisi pin BBM orang yang ikut bergabung dalam pin train tersebut untuk saling add memperluas  koneksi dan kenalan dalam berbisnis online.

37) “Admin”. Orang yang mengelola akun media sosial yang digunakan untuk berjualan barang atau jasa.

38) “Endorse”. Memberikan barang secara Cuma-Cuma (gratis) kepada pemilik instagram yang berfollowers banyak untuk di pakai dan di promosikan di instagramnya. Endorse merupakan salah satu cara promosi yang paling berpengaruh.

artikel lainnya 38 Istilah Dasar Onlineshop

Friday 24 February 2017 | Artikel

Apakah ada media marketing efektif untuk saat ini? Sebuah pertanyaan yang layak dan pantas dilontarkan. Terutama…

Wednesday 19 April 2017 | Artikel

  Pada tanggal 12 April 2017 Manager LINE mengadakan seminar  dengan tema “How to Maximize Your Online…

Monday 24 October 2016 | Artikel

Saat ini blogging semakin diakui sebagai alat yang efektif untuk menyebarluaskan informasi. Banyak blogger yang kini…

Thursday 24 November 2016 | Artikel

    Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana menangani pelanggan atau  customer yang komplain. Sebaik…

Instant Order

Friends Added

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Gading Nirwana I PF 16 no 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara.
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com