Menu

Menengok Perkembangan Bisnis Kreatif Indonesia yang Masih Terbuka Lebar Peluangnya

Feb
24
2017
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Perkembangan bisnis kreatif Indonesia memang cukup menarik untuk dibahas dan dipelajari lebih mendetail. Bidang bisnis yang satu ini diprediksi mampu menguasai pangsa pasar bisnis secara global. Hal itu dikarenakan perkembangan aktivitas manusia menajdi lebih kompleks dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sekarang, manusia bukan hanya ingin memenuhi kebutuhan primer atau pokoknya saja. Namun, kebutuhan sekunder dan tersier juga tidak luput dari sasaran untuk didapatkan. Begitu gencarnya iklan dan promosi yang diarahkan kepada masyarakat luas, sedikit demi sedikit mempengaruhi konsumen agar mau membelinya.

 

Berbagai produk beraneka ragam dijual di pasaran berlomba-lomba mencari simpati dari banyak konsumen. Untuk mendapatkannya, produk yang dijual jangan biasa-biasa saja tetapi harus luar biasa. Oleh karena itu, timbul pemikiran kreatif dari banyak pebisnis atau pengusaha untuk menciptakan beragam konsep pembuatan produk yang berbeda dibanding yang sudah pernah dijual di pasaran. Mulai dari situlah bisnis kreatif Indonesia berkembang hingga sekarang.

Semakin banyak pengusaha kreatif terjun ke dunia bisnis

 

Pangsa pasar yang masih terbuka lebar. Ditambah kebutuhan masyarakat secara nyata begitu banyak. Oleh karena itu, kondisinya semacam ini tak ingin disia-siakan oleh para pebisnis. Terutama mereka yang ingin berbisnis dengan menawarkan produk kreatif dan nanti dijual di pasaran. Hampir semua produk dan bidang bisnis dapat dibuat berkonsep kreatif. Dengan semakin banyak pebisnis kreatif yang terjun di dunia bisnis maka tingkat kompetisi atau persaingan juga semakin tinggi.

Persaingan bisnis yang sehat memang yang dinanti-nantikan karena akan semakin menambak iklim berbisnis dan berinvestasi semakin kondusif. Dengan begitu, keuntungan bukan hanya diperoleh pebisnis yang bersangkutan saja, tetapi juga orang-orang di sekelilingnya, juga pemerintah daerah setempat. Pasalnya, berbisnis yang legal dan prospektif tentu yang diharapkan. Oleh karena itu, harus berizin resmi serta membutuhkan karyawan atau pekerja untuk mendukung bisnis kreatif yang dikelola.

 

Jika proses berbisnis kreatif dapat dilalui dengan mekanisme seperti yang disampaikan di atas, tentu saja perkembangan bisnis kreatif Indonesia semakin meningkat. Gairah berbisnis semakin menggelora dan bisa dilakukan oleh semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria ataupun wanita.

 

Apa yang perlu diperhatikan sebelum berbisnis kreatif?

Anda sekalian sudah mengetahui sendiri bahwa perkembangan bisnis kreatif Indonesia cukup pesat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menindaklanjutinya jika tertarik untuk berbisnis kreatif. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dulu. Tujuannya agar bisnis kreatif yang nanti dijalankan tidak seumur jagung dan mampu bersaing sengit dengan kompetitor lainnya.

 

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah ide atau konsep bisnis kreatif yang akan dijalankan. Erat hubungannya dengan produk dalam wujud barang atau jasa yang ingin dijual di pasaran. Memang tidak mudah menemukan ide kreativitasnya. Anda pun bisa meniru ide bisnis kreatif yang sudah ada, tetapi harus diberi ciri khas agar konsumen bisa mengenalinya lebih dekat. Lalu, apakah Anda sudah memiliki ide kreatifnya?

 

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah strategi promosi dan marketing yang akan diaplikasikan. Kedua kegiatan tersebut bisa diibaratkan otak dan jantungnya dalam berbisnis, sehingga memang benar-benar sangat penting. Sekedar saran, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet di dunia maya beserta berbagai fiturnya untuk mempraktikkan kegiatan promosi dan marketing yang lebih optimal. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan hasil yang didapatkan juga maksimal. Mulailah dari sekarang juga untuk bergabung dengan pebisnis lainnya dalam rangka mengembangkan bisnis kreatif Indonesia semakin jauh ke depan.

 

 

 

artikel lainnya Menengok Perkembangan Bisnis Kreatif Indonesia yang Masih Terbuka Lebar Peluangnya

Friday 24 February 2017 | Artikel

Bagaimana menarik perhatian calon customer yang direkomendasikan? Lebih spesifik lagi, detik pertama agar banyak calon konsumen…

Wednesday 6 December 2017 | Artikel

  Sebesar apapun perusahaan Anda, seberapa sistematisnya bisnis Anda pasti pernah mengalami komplain customer. Tentu menangani…

Thursday 24 November 2016 | Artikel

1. Tetapkan Tujuan Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada…

Wednesday 19 April 2017 | Artikel

  Pada tanggal 12 April 2017 Manager LINE mengadakan seminar  dengan tema “How to Maximize Your Online…

Instant Order

Friends Added

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Gading Nirwana I PF 16 no 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara.
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com