Menu

Panduan Dasar Inbound Marketing

Jul
16
2018
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Dalam strategi marketing ada yang dikenal dengan istilah inbound marketing. Yaitu suatu teknik untuk menarik pelanggan ke suatu produk atau pelayanan melalui konten marketing, sosial media marketing, branding, dan optimasi SEO. Teknik ini bertujuan untuk mengubah pembaca menjadi calon pembeli dan calon pembeli menjadi customer. Dengan cara membuat dan promosi konten yang bernilai untuk pembaca. Hasilnya adalah konten yang berkualitas dan efektif akan mengarahkan pembaca ke website resmi brand tersebut.

Langkah-Langkah Inbound Marketing    

Secara statistik, 68% inbound marketer percaya strategi marketing mereka berhasil, biaya prospek inbound rata-rata 61% lebih kecil daripada outbound marketing. Dan 80% dari Small medium enterprise bergantung pada strategi inbound marketing. Biaya rata-rata setiap calon pembeli sekitar 80% setelah melakukan teknik inbound secara konsisten. Untuk melakukan teknik ini, ada beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Menarik pengunjung secara digital

 

  • Langkah pertama inbound marketing adalah melakukan promosi secara digital, keterampilan digital bisa dibangun melalui blogging. Blog mampu mengarahkan 97% calon pembeli ke perusahaan dan juga mampu mendapatkan keuntungan 13 kali lebih banyak. 53% responden mengatakan bahwa konten blog adalah salah satu prioritas teknik inbound mereka.

 

  • Selain bog, ada pula optimasi search engine. Yaitu mengarahkan pembaca melalui optimasi SEO, cara ini memiliki tingkat keberhasilan sebanyak 14,6%. Karena sekitar 81% pembeli melakukan riset online terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli suatu produk.

 

  • Promosi digital selanjutnya adalah menggunakan goggle adwords. Keuntungan yang diperoleh dari sebuah bisnis rata-rata adalah 3 dolar dari setiap 1,60 dolar yang dihabiskan pada goggle adwords.

 

  • Berikutnya adalah menggunakan sosial media. Sebanyak 72% pengguna internet didapatkan dari sosial media, dan melaporkan bahwa platform tersebut mampu mengarahkan 100% ke peringkat pertama dibandingkan dengan outbound marketing.

 

  • Cara untuk menarik pengunjung pengunjung secara digital lainnya adalah dengan pay per klik. PPC ini memiliki record mendapatkan 46% klik pada halaman search engine.

 

  1. Mengubah pembaca menjadi calon pembeli

 

  • Caranya adalah dengan membuat konten marketing yang baik. Tawarkan potensial buyer fasilitas untuk bertukar informasi personal, seperti email, nomor telepon, dan alamat. Ketika mereka memberikan kontak personal, maka mereka akan mendapatkan e-book dan konsultasi gratis. Konten marketing bisa menghasilkan 3x calon pembeli lebih banyak daripada outbound marketing. Itu berarti biaya yang dikeluarkan 62% lebih sedikit.

 

  • Pada landing page, sediakan pula form kontak yang memungkinkan pengunjung berbagi informasi tentang diri mereka. Landing page merupakan halaman web yang berdiri sendiri. Dimana Anda bisa meletakkan tawaran menarik bagi pengunjung dan juga membagikan detail produk dan layanan perusahaan Anda.

 

  • Sediakan tombol “panggilan aksi”. Jika Anda pernah melihat sebuah tombol (button) atau tulisan yang berisi ajakan di awal, tengah, atau akhir dari suatu materi promosi itulah yang disebut “call-to-action”. Tombol CTA merupakan tombol grafis pada suatu konten atau website yang mengarahkan pengguna ke halaman bisnis. CTA yang sesuai dengan konten mampu menarik 42% calon pembeli lebih banyak.

 

  1. Mengubah calon pembeli menjadi pembeli

 

  • Teknik inbound marketing lainnya adalah membuat email marketing. Memberikan email promosi kepada calon pembeli bisa mendapatkan customer. Setiap 1 dollar yang dihabiskan untuk melakukan email ini, akan membawa keuntungan rata-rata 44,25 dollar. Perusahaan akan menghasilkan penjualan 50% lebih banyak dengan 33% biaya yang lebih rendah.

 

  • Otomatisasi marketing. Software untuk otomatisasi marketing mengarahkan 47% calon pembeli dan pengalaman bisnis meningkat 45,1% pada calon pembeli yang berkualitas.

 

  1. Analisa Hasil dan Keuntungan

Analisa adalah hal yang penting dalam inbound marketing. Hasil analisa akan menunjukkan kepada Anda, bagaimana keputusan besar akan diambil selanjutnya terhadap brand, dan strategi pemasaran. Cara melakukan analisa adala:

  • Tentukan dari mana Anda mendapatkan pengunjung
  • Strategi mana yang menguntungkan
  • Mengoptimalkan keputusan selanjutnya
  • Berapa banyak pengunjung yang menjadi calon pembeli

 

artikel lainnya Panduan Dasar Inbound Marketing

Wednesday 4 July 2018 | Artikel

Membuat suatu konten agar populer tidak lah mudah. Seringkali para blogger membuat konten yang tidak tepat…

Wednesday 6 December 2017 | Artikel

  Sebesar apapun perusahaan Anda, seberapa sistematisnya bisnis Anda pasti pernah mengalami komplain customer. Tentu menangani…

Thursday 24 November 2016 | Artikel

MELON ingin berbagi rahasia buat onlineshop atau bisnis diluar sana yang menggunakan aplikasi Line@ (at) atau…

Monday 16 July 2018 | Artikel

Pelanggan sering kali memberikan banyak komentar bagi produk atau pelayanan yang diberikan. Komentar tersebut bukan hanya…

Instant Order

Friends Added

Visitors

  • 48,121

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Apartemen Grand Emerald LG 61 Kelapa Gading, Jakarta Utara
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com