Menu

Ternyata, Tata Letak Showroom Sangat Penting Dalam Pengelolaan Bisnis

Feb
14
2017
by : Priscillia Charista. Posted in : Artikel

Image result for desain tata letak toko

Apa yang menarik dari tata letak showroom? Bagi Anda sekalian yang masih awam di bidang bisnis, baik offline ataupun online tentu saja belum mengetahuinya. Sebuah showroom atau diartikan ruangan untuk memamerkan produk yang dijual agar dapat dilihat banyak orang. Dengan memiliki showroom seperti itu, seorang produsen atau penjual mampu menunjukkan semua keunggulan dari produk yang dijualnya. Sementara itu, bagi konsumen atau pembeli mereka dapat melihat, mengetahui, bahkan mencobanya langsung di tempat.

Nah, keberadaan showroom begitu penting untuk dipelajari lebih mendalam. Terutama pada bagian tata letak showroom karena berpengaruh pada tingkat penjualan produknya, baik secara langsung atau tidak.

 

 

Lalu, bagaimana tata letak showroom yang bagus dan direkomendasikan?

Anda sudah mengetahui sedikit perihal showroom yang biasanya dimiliki tempat usaha. Bukan hanya tempat usaha di dunia nyata saja, seperti toko, kios, atau sejenisnya. Namun, meliputi juga tempat usaha di dunia maya dalam wujud website, blog, atau jejaring sosial media. Tiap-tiap tempat usaha tersebut harus memiliki showroom yang bagus. Tujuan utama seperti yang sudah ditulis di atas. Permasalahannya sekarang bagaimana tata letaknya agar showroom yang dimiliki dapat dimaksimalkan dalam sebuah bisnis. Inilah yang terpenting.

Sebelum merancang tata letaknya, Anda perlu melihat karakteristik dari showroom terlebih dulu. Mulai dari bentuknya, kelebihan dan kekurangannya, serta pernak-pernik di sekitarnya yang dapat dimanfaatkan untuk mendukungnya lebih baik lagi. Selanjutnya, Anda juga perlu mengenal karakteristik dari produk yang akan dipasang di showroom tersebut. Memang identik dengan produk barang karena yang berwujud nyata untuk dipasang. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan produk berwujud jasa juga dapat dipajang di showroom dengan tata letak yang menarik. Jika seperti itu, faktor kreativitas menjadi kuncinya. Oleh karena itu, kegiatan yang satu ini memang masih mengandalkan otak kanan untuk berkreativitas.

Langkah berikutnya, yaitu memulai merancang tata letak showroom seperti yang diinginkan dengan pertimbangan beberapa hal yang sudah dibicarakan di atas. Bagi Anda yang awam, direkomedasikan untuk mencari dan melihat berbagai sumber referensi perihal hal ini. Lebih mudah jika mencari contoh tata letaknya di dunia dengan bantuan teknologi internet. Pasalnya, begitu banyak gambar beserta keterangan pendukung dari showroom yang bisa Anda pelajari. Mulai dari yang sederhana hingga paling unik tersedia. Namun demikian, jangan terlalu cepat menentukan pilihan karena juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dalam berbisnis.

 

 

Berkonsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman

Anda masih merasa ragu dan bingung tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada pihak yang lebih berpengalaman dan kompeten di bidang ini. Misalnya, pebisnis atau pengusaha, desainer interior, atau yang lainnya. Ditambah dengan mempelajari berbagai sumber referensi yang ditemukan. Dengan begitu, Anda pasti mendapatkan ide dan konsep untuk menciptakan tata letak showroom yang terbaik. Jika ide itu sudah keluar, jangan sampai menghilang. Selamatkan terlebih dulu ide perancangan showroom dengan cara menggambar sketsanya terlebih dulu. Hal itu lebih baik dan mudah untuk dilakukan.

Namun demikian, Anda harus berkonsultasi kepada pihak yang benar dan jangan salah memilih. Jika salah, bukan tidak mungkin Anda menyesal dan kecewa di kemudian hari. Lagipula, tujuan terakhir dari perancangan dan pembuatan tata letak showroom ini adalah meningkatkan omset penjualan produk yang dijual dalam sebuah bisnis. Semakin meningkat penjualan produk maka berbanding lurus dengan keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, silakan ditindaklanjuti informasi ini sekarang juga.

 

 

 

artikel lainnya Ternyata, Tata Letak Showroom Sangat Penting Dalam Pengelolaan Bisnis

Thursday 24 November 2016 | Artikel

MELON ingin berbagi rahasia buat onlineshop atau bisnis diluar sana yang menggunakan aplikasi Line@ (at) atau…

Tuesday 14 February 2017 | Artikel

Apa yang dimaksud kekuatan desain packaging? Dalam sebuah bisnis yang dikelola pasti menjual produk dalam wujud…

Monday 20 March 2017 | Artikel

Perbedaan mengenai Facebook Group dan Fanspage sudah seharusnya Anda ketahui informasinya sekarang. Anda tentu sudah mengenal…

Monday 24 October 2016 | Artikel

Saya mau berbagi pengalaman sebagai pembuka jasa iklan di media sosial khususnya Instagram. Berikut beberapa tips…

Instant Order

Friends Added

Rekening BCA

a/n Priscillia Charista
6300151297

Gading Nirwana I PF 16 no 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara.
083878014025
MELONID
cs@melonbranding.com