Semakin lama semakin sulit bagi bisnis kecil untuk membangun audiens dan mengalahkan algoritme untuk memenangkan hati pelanggan. Karena itu, banyak yang menjadi kurang fokus pada taktik pemasaran dan lebih fokus pada pemahaman faktor-faktor pencitraan brand yang memengaruhi perilaku konsumen.

Apa yang menyebabkan seseorang memperhatikan pesan pemasaran Anda?

  • Faktor apa yang menentukan apakah orang akan cukup mempercayai Anda untuk mengambil langkah selanjutnya dan menjadi pelanggan?
  • Bagaimana Anda bisa menciptakan hubungan emosional ketika kita semua hanya orang asing di internet yang memilah-milah gangguan?
  • Apa yang memotivasi seseorang untuk memilih Anda ketika branda memiliki banyak alternatif?
  • Faktor apa yang menyebabkan afinitas dan loyalitas pelanggan?

Ini semua adalah pertanyaan yang ingin dijawab oleh branding.

Branding adalah segala sesuatu yang Anda lakukan yang membantu Anda menciptakan perasaan baik yang akan dimiliki orang tentang perusahaan Anda. Dan perasaan baik? branda mengarah pada penjualan.

Jadi, mari selami faktor-faktor pencitraan brand yang memengaruhi perasaan pelanggan tentang brand Anda.

1. Customer Clarity

Banyak orang salah mengira bahwa kisah brand branda adalah tentang branda, padahal sebenarnya, itu semua tentang pelanggan. brand adalah bagaimana Anda akan membantu branda mendapatkan apa yang branda inginkan. Ini dimulai dengan mendefinisikan pelanggan target Anda. Anda memutuskan karakteristik demografis dan psikografis dasar dan membuat hipotesis tentang apa yang branda butuhkan dan apa yang memotivasi branda sehingga Anda dapat menciptakan persona pelanggan awal. Persona pelanggan adalah perwakilan fiktif dari audiens target Anda. Alasan mengapa ini sangat membantu adalah daripada membuat pesan brand yang ditujukan untuk siapa saja dan semua orang, Anda dapat membuatnya hanya untuk orang tertentu.

2. Brand Positioning

Penentuan posisi adalah alasan utama pencitraan brand dan setiap faktor pencitraan brand lainnya mendukung misi untuk memposisikan Anda di benak pelanggan Anda sebagai sesuatu yang lebih istimewa dan berharga daripada pesaing Anda. Ini memberi aktivitas branding (atau dikenal sebagai pemasaran) tujuan yang sama: memberikan alasan kepada pelanggan Anda untuk membeli.

3. Brand Personality

Brand Personality adalah yang mempersonifikasikan brand Anda, memberikannya karakteristik manusiawi. Sekarang kita masuk ke sisi emosional dari branding karena pada akhirnya, orang membeli dari orang yang branda kenal, sukai, dan percayai. Brand Personality dikomunikasikan melalui nada suara, identitas visual, apa pun yang Anda lakukan dan apa pun yang branda lihat dari cara Anda menanggapi email hingga pilihan visual yang Anda buat di posting Instagram Anda.

4. Brand Purpose

Ketika brand Anda mewakili sesuatu, ketika ada alasan yang lebih besar mengapa, orang-orang yang sejalan dengan tujuan tersebut akan merasa senang memilih Anda. Identitas merekadapat dipenuhi oleh asosiasi branda dengan brand Anda.

5. Brand Values

Saat orang-orang berbagi nilai yang Anda pegang, mereka cenderung memilih Anda dan tetap setia. Ini paling jelas terlihat ketika brand terlibat dalam masalah politik, satu sisi boikot dan sisi lain membentuk garis di sekitar pintu. Pernyataan tujuan Anda tidak selalu merupakan sesuatu yang disadari pelanggan Anda, ini berfungsi sebagai kompas Anda dan dapat dipahami oleh pelanggan Anda tanpa mengejanya. Nilai brand Anda, di sisi lain, adalah nilai yang ingin Anda nyatakan secara eksplisit dalam salinan brand Anda.

6. Brand Essence

Esensi brand adalah pernyataan satu hingga tiga kata yang secara singkat mengungkapkan apa yang dimaksud dengan brand Anda. Ini adalah atribut yang dipahami dan dirasakan oleh pelanggan Anda. Ini paling baik dipahami dengan melihat beberapa contoh terkenal:

Disney: Magic

Harley Davidson: Freedom

Volvo: Safety

Apa satu kata yang ingin Anda “miliki” di benak pelanggan Anda?

7. Brand Promise

Janji brand Anda adalah yang menghubungkan strategi brand Anda dengan pesan pemasaran Anda. Setiap klaim yang Anda buat yang menggambarkan pengalaman yang dapat diharapkan pelanggan saat branda bekerja dengan Anda. Ini dapat diekspresikan secara eksplisit, dalam pernyataan manfaat, proposisi nilai, atau pernyataan tujuan Anda. Ini juga dapat tersirat. Seperti dalam kasus kepribadian brand Anda, yang pada intinya hanyalah janji tentang seperti apa pengalaman bekerja dengan Anda. Hal penting yang perlu diketahui tentang janji brand adalah Anda menaatinya.

8. Brand Consistency

Identitas brand adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mendengar kata “pencitraan brand”. Para profesional pencitraan brand juga menggunakan istilah-istilah ini secara bergantian, yang mengganggu, dan membuat subjek pencitraan brand lebih rumit daripada yang sebenarnya. Brand Anda bukanlah logo Anda. Ini bukanlah situs web Anda yang cantik atau palet warna yang Anda pilih dengan cermat atau cara Anda menyusun umpan Instagram. Tapi itulah identitas brand Anda. Brand Anda dikomunikasikan tidak hanya melalui kata-kata dan nilai yang diungkapkan, tetapi juga melalui visual. Faktanya, isyarat visual yang dikenali paling cepat oleh otak manusia. Logo Anda adalah representasi simbolis dari brand Anda, jadi penting untuk mencerminkan nilai dan kepribadian Anda. Pertimbangan identitas visual lainnya termasuk memilih font brand, memilih palet warna yang sesuai, dan menciptakan harmoni visual dalam gaya gambar yang Anda gunakan untuk mengekspresikan identitas unik Anda di pasar. Panduan pencitraan brand sangat membantu dalam menciptakan identitas brand yang kohesif dan dapat dikenali. Di sinilah Anda akan membuat aturan tentang bagaimana Anda akan menggunakan logo Anda, jenis gaya gambar yang akan digunakan dan seterusnya.

9. Brand Identity

Perpesanan brand adalah tempat Anda mengambil semua hal di atas: kisah pelanggan Anda, kisah Anda (tujuan, kepribadian, esensi, dan sebagainya) dan mengkomunikasikan hal-hal tersebut kepada pelanggan Anda.

10. Brand Messaging

Brand Messaging adalah perekat yang menyatukan segalanya untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan orang untuk menyadari Anda, mengenali Anda, mengingat Anda, dan mengandalkan Anda. Sekarang setelah Anda memiliki ide bagus tentang faktor pencitraan brand yang digunakan untuk membuat strategi brand yang jelas untuk menginformasikan upaya pemasaran Anda. Dalam kepribadian, nada suara, identitas, dan komitmen pada nilai dan tujuan Anda. Menggunakan panduan pencitraan brand dan menyiapkan pernyataan pesan brand utama akan membuat konsistensi jauh lebih mudah, jadi pekerjaan rumah Anda sepadan dengan waktu dan kesulitan Anda. Ini adalah alat branding: kata-kata dan visual.

 

 

Jika Anda membutuhkan bantuan dan saran untuk mengelola konten media sosial Anda, Anda bisa menghubungi social media specialist kami di Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *