Branding menurut The Branding Joural branding merupakan proses memberikan makna kepada perusahaan, produk atau jasa dengan membuat dan membentuk nilai brand di dalam ingatan pelanggan. Sebelum membahas lebih jauh tentang branding, ada baiknya Anda mengetahui pengertian merek/brand terlebih dahulu. Menurut American Marketing Association, merek adalah nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain. Oleh karena itu, branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah brand. Dengan kata lain, proses menentukan misi, visi, serta logo dapat dikategorikan sebagai branding.

Mengapa branding menjadi penting bagi kelangsungan bisnis Anda? Alasan paling penting dari branding adalah membuat masyarakat menjadi sadar akan kehadiran brand tersebut serta pada produk dan jasa yang ditawarkan. Branding merupakan salah satu kunci utama kesuksesan sebuah bisnis — dalam industri apapun. Inilah 10 faktor penting untuk membangun brand Anda:

Tentukan Kejelasan Pelanggan

Sebelum kita menyelami faktor-faktor tentang Anda yang akan membantu Anda menciptakan ketertarikan dan loyalitas pelanggan, pertama-tama kita harus menjelaskannya dengan jelas. Dimulai dengan mendefinisikan target pelanggan Anda – memutuskan karakteristik demografis dan psikografis dasar dan membuat hipotesis tentang apa yang mereka butuhkan dan apa yang memotivasi mereka sehingga Anda dapat menciptakan customers persona. customers persona itu sendiri bisa dikatakan sebagai representative member of your target audience. Dalam menentukan kejelasan pelanggan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya yaitu: siapa mereka? Apa yang mereka butuhkan? Dan apa yang membuat mereka resah?

Brand Positioning

“Apa alasan pelanggan memilih Anda daripada alternatif lain?” pertanyaan itu akan di jawab oleh brand positioning. Penentuan posisi adalah alasan utama branding dan setiap faktor pencitraan merek (branding) lainnya mendukung misi untuk memposisikan Anda di benak pelanggan sebagai sesuatu yang lebih istimewa dan berharga daripada pesaing Anda.

Branding bukanlah sesuatu yang dapat Anda beli. Dibutuhkan introspeksi serius tentang siapa Anda, apa yang membedakan Anda, dan bagaimana Anda ingin orang lain berpikir tentang Anda. Luangkan waktu untuk mengeksplorasi masalah ini maka, branding dan pemasaran Anda akan menjadi semakin menarik bagi target audiens Anda.

Brand Personality

Brand personality adalah apa yang mempersonifikasikan brand Anda, memberikan sebuah karakteristik pada brand Anda. Sekarang kita memasuki sisi emosional dari pencitraan merek karena pada akhirnya, orang membeli dari orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Brand personality dikomunikasikan melalui nada suara, identitas visual Anda, dan sebenarnya, apa pun yang Anda lakukan dan apa pun yang mereka lihat,  mulai dari cara Anda menanggapi email hingga pilihan visual yang Anda buat di posting Instagram Anda.

Brand Purpose

Brand purpose adalah sebuah ekspresi mengapa Anda berbisnis, pengaruh yang ingin Anda berikan pada kehidupan pelanggan dan komunitas Anda. Tentukan tujuan utama yang akan dilakukan dan di capai oleh brand Anda, namun pastikan pula bahwa tujuan yang Anda tentukan tersebut otentik dan berkelanjutan. Untuk lebih lengkap mengenai brand purpose, Anda bisa membacaya pada artikel sebelumnya di https://melonbranding.com/blog/rahasia-3-p-untuk-membangun-brand-anda-2/

Brand Values

Brand value yang dimiliki Anda, di sisi lain, adalah nilai yang ingin Anda nyatakan secara eksplisit dalam brand Anda. Berikut beberapa pertanyaan untuk membantu Anda memahami brand value:

WHAT DO YOU STAND FOR?
Kebanyakan bisnis mengatakan hal yang sama tentang nilai-nilai mereka. Kita semua “peduli dengan pelanggan”, “berkomitmen terhadap kualitas”, dan berfokus pada “memberikan nilai”. Hal-hal ini tidak akan membedakan Anda, jadi tidak terlalu berguna dalam pesan pemasaran karena semua perusahaan mengatakan hal yang hampir sama. Pikirkan tentang nilai-nilai yang BENAR-BENAR Anda jalani dalam bisnis Anda setiap hari. Hal-hal yang bahkan tidak perlu Anda katakan karena sudah tertanam dalam semua hal yang Anda lakukan.

WHAT DO YOU STAND AGAINST?
Salah satu cara untuk mengetahui apa yang Anda perjuangkan adalah dengan memikirkan apa yang Anda lawan. Pertanyaan ini lebih berguna untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang membedakan Anda.

Brand Essence

Brand essence adalah pernyataan satu hingga tiga kata yang secara singkat mengungkapkan apa yang dimaksud dengan brand Anda. Brand essence merupakan suatu hal yang dipahami dan sekaligus dirasakan oleh pelanggan Anda. Contoh brand essence yang mungkin Anda kenal antara lain, Disney: magical, Harley Davidson: freedom, Volvo: safety. Satu kata apa yang ingin Anda “miliki” di benak pelanggan Anda?

Brand Promise

Brand promise Anda adalah yang menghubungkan antara strategi brand Anda dengan pesan pemasaran Anda. Setiap klaim yang Anda buat menggambarkan pengalaman yang diharapkan oleh klien saat mereka bekerjasama dengan Anda. Hal penting yang perlu diketahui tentang brand promise mereka harus jujur, kredibel, relevan, dan jelas. Apa yang brand Anda janjikan merupakan suatu komitmen yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya oleh brand Anda. Anda dapat membaca ulasan mengenai brand promise di https://melonbranding.com/blog/rahasia-3-p-untuk-membangun-brand-anda-2/

Brand Identity

Brand identity adalah apa yang dipikirkan kebanyakan orang ketika mendengar kata “branding”.  Brand Anda dikomunikasikan tidak hanya melalui kata-kata dan nilai-nilai yang diungkapkan aja, tetapi juga melalui visual. Faktanya, bentuk visual dalam suatu brand merupakan yang paling cepat dikenali oleh otak manusia. Logo Anda adalah representasi simbolis dari merek Anda, jadi penting bahwa itu adalah cerminan yang sesuai dari nilai dan kepribadian brand Anda. Pertimbangan identitas visual lainnya termasuk memilih font dan konsisten dalam penggunaannya, memilih palet warna yang sesuai, dan menciptakan harmoni visual dalam gaya gambar yang Anda gunakan untuk mengekspresikan identitas unik brand Anda di pasar.

Brand Messaging

Brand messaging adalah tempat Anda menyimpulkan semua hal di atas, seperti kisah pelanggan Anda, kisah brand Anda (tujuan, kepribadian, esensi, dan sebagainya) dan mengkomunikasikan hal-hal tersebut kepada pelanggan Anda. Contohya:

BRAND POSITIONING: bagaimana Anda ingin pelanggan memandang?

BRAND PURPOSE: Apa alasan brand Anda di dalam target market Anda, dampak apa yang ingin Anda buat?

BRAND PROMISE: Pernyataan singkat tentang pengalaman yang Anda inginkan untuk klien Anda.

Brand Consistency

Brand consistency diibaratkan menjadi sebuah perekat yang menyatukan semuanya untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan orang-orang untuk menyadari brand Anda, mengenali brand Anda, mengingat brand Anda, dan mengandalkan brand Anda. Sekarang setelah Anda memiliki ide bagus tentang faktor branding yang digunakan untuk membuat strategi brand yang jelas untuk menginformasikan upaya pemasaran Anda, penting bagi Anda untuk tampil secara konsisten.

Nah, itu tadi merupakan 10 faktor penting dalam branding yang merupakan alat untuk menarik orang yang tepat kepada Anda, membuatnya tampak seperti ‘tidak perlu dipikirkan’ bagi mereka bahwa Anda adalah pilihan yang tepat, dan untuk menciptakan pengalaman yang sesuai dengan harapan mereka.

4 Responses
  1. […] Berbicara strategi branding, hal yang satu ini merupakan sesuatu yang krusial. Seperti yang kita tahu, bahwa branding adalah serangkaian proses memperkenalkan bisnis kepada audiens dengan cara yang kreatif lewat beragam komponen dari merek bisnis tersebut alias brand. Untuk membangun branding, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, lho. […]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *