10 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Human Resources Management

10 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Human Resources Management

Setelah memahami apa saja tugas dari Human Resources, memahami skill atau kemampuan yang diperlukan pun menjadi hal yang penting. Tidak bisa sembarang orang bekerja sebagai Human Resources. Mereka setidaknya harus menguasai kemampuan-kemampuan atau skill yang mendukung pekerjaannya. Bukan hanya sekadar skill berkomunikasi, HR harus memiliki lebih dari itu yang bisa membuat perusahaan dan karyawannya tumbuh bersama.

Menurut rasmusen.edu, setidaknya ada 9 skill dan satu skill tambahan yang harus dikuasai oleh seorang HR untuk bekerja, yakni:

Employee Relation

Penting menjaga hubungan dengan pegawai agar mengetahui apa yang dibutuhkan oleh mereka. (Sumber: https://inspirationfeed.com/)

Sebagai salah satu tugas HR, memiliki skill untuk bisa menjaga hubungan dengan karyawan adalah hal yang sangat diperlukan. Dengan menjaga hubungan yang baik dengan karyawan, maka HR pun akan tahu apa yang perlu diubah dan apa yang perlu diberikan untuk meningkatkan kualitas mereka. Selain itu, HR juga bisa dengan mudah mengkomunikasikan segala hal yang perlu diketahui oleh karyawan.

Onboarding

Onboarding adalah proses yang memastikan karyawan baru diperkenalkan kepada perusahaan, budaya dan peraturannya. Skill Human Resources ini maksudnya adalah HR mampu memberikan informasi dan pengarahan pada karyawan baru tentang peraturan dan cara kerja di perusahaan. Informasi ini nantinya diharapkan bisa membuat karyawan baru lebih nyaman saat bekerja nanti.

Human Resources Information Software (HRIS)

HRIS berguna untuk memudahkan pekerjaan Human Resources. (Sumber: https://www.einsurance.com/)

HRIS adalah sebuah software yang digunakan untuk membantu seorang HR dalam bekerja. Skill atau pemahaman tentang hal ini sangat membantu meringankan pekerjaan HR. Jadi, sangat diperlukan untuk seorang HR paham tentang software ini.

Performance Management

Performance Management yang dimaksud adalah bagaimana perusahaan terlibat langsung pada perkembangan karyawannya. Skill-skill yang berada di bawahnya itu seperti memberikan target pada setiap karyawan, memantau pekerjaan, mengembangkan kemampuan mereka dan memberikan penilaian. Skill ini sangat bergantung pada skill komunikasi.

Teamwork and Collaboration

Bekerja sama menyamakan persepsi adalah jalan terbaik untuk menghindar dari kesalahpahaman. (Sumber: https://www.roberthalf.com/)

Bekerja sama dan berkolaborasi adalah salah satu skill yang diperlukan pada semua pekerjaan. Walaupun tidak secara langsung, setiap pekerjaan pasti memiliki keduanya. Sama seperti saat menjadi seorang HR. Sebuah team HR harus memberikan pemahaman yang sama antara satu dengan yang lain tentang pekerjaan mereka dalam merekrut karyawan, training, dan lainnya. Jadi, tidak akan terjadi perbedaan pendapat yang berujung dengan kekacauan.

Scheduling

Perusahaan menginginkan HR yang memiliki skill dalam mengatur jadwal. Mengapa? Karena perusahaan memiliki banyak sekali proyek yang mungkin jadwalnya bertumpuk satu dengan yang lain. Oleh karena itu, HR wajib memiliki skill penjadwalan agar tidak terjadi jadwal yang bertabrakan pada satu karyawan.

Customer Service

Seperti yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, Human Resources juga berperan penting dalam menyampaikan informasi tentang perusahaan pada masyarakat luas. Oleh karena itu, kemampuan Pelayanan Pelanggan pun juga menjadi salah satu skill yang harus dikuasai. Tidak hanya pada masyarakat, skill ini juga berguna saat berkomunikasi dengan kandidat karyawan saat memberikan informasi tentang kebijakan perusahaan. Dengan memiliki skill ini, seorang HR akan memahami bagaimana cara untuk menyampaikan informasi dengan baik.

Project Management

Tidak hanya jadwal, namun proyek itu sendiri harus diperhatikan oleh HR. Proyek apa saja yang masuk dan mana yang diprioritaskan semua harus diketahui oleh HR. HR pun sering dilibatkan dalam proyek-proyek besar, entah itu untuk menulis buku panduan, mengatur sistem manajemen, dan lainnya.

Worker’s Compensation

Memastikan bahwa kompensasi diberikan secara adil adalah tanggung jawab HR. (Sumber: https://careerbright.com/)

HR bertanggung jawab atas karyawan perusahaan tersebut. Maka, mereka juga yang harus mengurus segala hal tentang karyawan. Salah satunya adalah kompensasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada karyawan seperti kecelakaan atau sakit. HR bertugas untuk mengatur detail bagaimana kompensasi itu bisa diberikan. Karena ini berhubungan dengan keselamatan seseorang, maka HR pun harus paham tentang hukum yang berlaku. Jangan sampai peraturan yang dibuat tentang kompensasi malah melanggar hukum.

Technological Aptitude

Teknologi adalah hal yang sangat dibutuhkan saat ini. Sudah semakin sedikit pekerjaan yang dilakukan tanpa bantuan teknologi. Oleh karena itu, dengan memiliki skill yang berhubungan dengan teknologi dasar, seperti Microsoft, adalah hal yang dibutuhkan di setiap pekerjaan. Begitu juga pada HR. Dengan memiliki skill teknologi, tentu akan memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan itu menjadi lebih mudah.

Hubungi Melon Branding Agency dan berkonsultasi dengan Account Executive khusus untuk Anda di 083878014025 untuk bertanya lebih lanjut tentang pemasaran perusahaan secara digital.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *