Menurut John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul The 5 Levels of Leadership mengungkapkan bahwa kepemimpinan merupakan proses langkah demi langkah dengan tahapan yang dapat dilihat dan ditentukan. Kepemimpinan bisa disebut juga sebagai pembawa pengaruh, jika terdapat seseorang yang dapat meningkatkan pengaruhnya terhadap orang lain, mereka ia dapat memimpin dengan lebih efektif. Leadership atau bisa juga diartikan kepemimpinan bisa diartikan sebagai teknik untuk mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar kita, agar dapat bekerjasama demi mencapai tujuan, target atau keinginan yang akan diharapkan. Untuk itu, 5 tingkat leadership yang harus Anda kuasai antara lain yang pertama adalah:

Level 1 – POSITION
Menurut John Maxwell, posisi merupakan ‘tempat awal’ untuk setiap tingkat kepemimpinan. Sebuah posisi merupakan bottom floor dan fondasi di mana suatu pengaruh dalam kepemimpinan harus dibangun. Untuk berhasil pada tahap ini, seorang pemimpin harus mengetahui nilai-nilainya. Nilai yang dimaksud bisa dibagi dalam tiga bidang, yaitu nilai etika, nilai relasional dan nilai kesuksesan. Dengan kata lain, level 1 ini merupakan seorang pemimpin yang diikuti oleh rekan kerjanya berdasarkan posisi yang Anda jabat. Rekan kerja Anda merasa bahwa mereka harus mengikuti dan mematuhi Anda karena Anda merupakan ‘atasan’ atau bos bagi mereka, sehingga mereka berkewajiban untuk mengikuti Anda. Seorang pemimpin yang bijak menggunakan posisi yang mereka dapatkan untuk mendorong kinerja dalam bisnisnya menjadi lebih tinggi.

Level 2 – PERMISSION
Pada tingkat ini, seorang pemimpin harus bisa mendengarkan pendapat dan pemikiran serta keluh kesah dari rekan kerjanya dan dengan begitu, rekan kerjanya juga akan mendengarkan apa yang dikatakan oleh pemimpin mereka. Pada tahap ini, seorang pemimpin perlu meyakinkan kepada rekan-rekannya bahwa mereka semua penting. Di level 2 ini, mereka mulai mengikuti Anda sebagai pemimpin mereka dengan sukarela karena pemimpinnya telah membangun hubungan dengan mereka. Karena mereka merasa cocok dengan pemimpinnya, mereka dengan senang hati ikut dengannya. Mereka akan merasa harus mengikuti Anda karena Anda merupakan pemimpin yang ‘merangkul’ rekan-rekan kerja Anda yang lain. Namun, kepemimpinan jenis ini juga bisa dikatakan sebagai gaya kepemimpinan yang ‘lunak’ bagi sebagian orang. Tak sedikit pemimpin yang menggunakan metode ini malah justru dimanfaatkan oleh rekan kerjanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

LEVEL 3 – PRODUCTION
Tingkat kepemimpinan ini mengkomunikasikan visi melalui tindakan. Saat rekan Anda melihat hasil yang baik, maka mereka mendapatkan alasan yang bagus untuk mengikuti Anda sebagai pemimpin. Menurut John Maxwell, di Level 3, pengaruh pemimpin meningkat saat mereka secara konsisten memberikan hasil. Orang-orang akan mengikuti Anda karena mereka telah melihat hasil kerja yang Anda kerjakan dan mereka menyukainya, untuk itu mereka bersedia untuk mengikut Anda. Menjadi seorang pemimpin yang produktif dan dapat membuktikannya pada rekan kerja yang lain akan membuat Anda dipercaya untuk menjadi pemimpin mereka.

LEVEL 4 – PEOPLE DEVELOPMENT
Pada level ini, para pemimpin mereproduksi diri mereka sendiri. Artinya, mereka mengubah kehidupan orang yang mereka pimpin. Pada tingkat ini, orang mengikuti karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka secara pribadi dan hal itu penting untuk diperhatikan. Orang-orang senang mengikuti Anda karena Anda membuat mereka berkembang dan mulai merasa bahagia karena mereka menjadi seseorang lebih baik dari sebelumnya. Mereka menjadi setia kepada Anda, dan menghargai Anda sebagai pemimpin mereka karena mereka merasa bahwa Anda telah membantu mereka untuk berkembang dan Anda membantu mereka untuk menemukan versi terbaik dari diri mereka sendiri.

LEVEL 5 – PINNACLE
Menurut Maxwell, hanya para pemimpin yang berbakat alami yang mencapai The Pinnacle. Pada level 5, para pemimpin telah memperoleh reputasi untuk keunggulan, dan orang-orang mengikuti mereka karena siapa mereka dan apa yang mereka wakili. Pencapaian kepemimpinan tertinggi adalah mengembangkan pemimpin lain mencapai pada tingkat 4 dan inilah inti dari Tingkat 5. Orang-orang mengikuti pemimpin semacam ini apa adanya dan apa yang mereka wakili. Orang-orang memutuskan untuk mengikuti Anda sebagai pemimpinnya karena mereka telah mengetahui siapa Anda dan melihat apa yang telah Anda kerjakan.

Jadi, sudah sampai level manakah tingkat kepemimpinan Anda?

One Response

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *