Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu mempunyai tantangannya sendiri. Mulai dari mempertahankan rating dan reputasi perusahaan, memikirkan cara pemasaran kreatif yang efektif dan efisien, dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara untuk mendapatkan klien, terlebih bagi para pebisnis pemula yang sedang melebarkan sayapnya. Bagaimana caranya mendapatkan klien? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang seringkali muncul di benak Anda dan para pebisnis lainnya, baik pebisnis pemula maupun bisnis yang telah berjalan cukup lama.

Ada beberapa cara kreatif yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan klien:

Ikuti ‘Mimpi’ Klien Anda

Perhatikan bagaimana klien Anda menggambarkan masalah mereka. Catat kata-kata penting dan istilah yang mereka gunakan dalam dokumen khusus pencatatan sehingga Anda dapat menggunakan kata-kata dan istilah yang mereka gunakan tersebut dalam iklan, halaman penjualan, dan email promosi Anda. Jika Anda menggunakan kata-kata yang sama persis dengan yang mereka katakan, itu akan menarik perhatian mereka, seolah-olah Anda mengetahui persis apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka butuhkan, mereka akan berpikir bahwa Anda telah membaca pikiran mereka!

Informatif Blog

Tambahkan blog yang informatif dan menarik pada situs web Anda dan jawab pertanyaan klien Anda  dengan konten blog yang Anda buat. Hal tersebut tidak hanya akan mengarahkan traffic untuk kembali ke situs web Anda, hal tersebut juga berguna ketika Anda membagikan artikel Anda di media sosial, ini membantu Anda ditemukan dalam pencarian.

The Power of Social Media

Media sosial selain bisa dimanfaatkan untuk memperluas branding merek, penjualan produk, dan memasarkan jasa, ternyata juga bisa digunakan untuk mencari klien. Gunakan akun Instagram Anda lebih dari sekadar mengunggah foto. Libatkan pengikut Instagram Anda. Bagikan cerita, tips, pelajaran yang didapat, kisah sukses, dan strategi di akun Instagram Anda. Ajukan pertanyaan terbuka dan tanggapi komentar yang ada pada Instagram Anda. Buatlah koneksi antara Anda dengan para pengikut Anda.

Instagram Ads dan Facebook Ads

Penggunaan fitur Ads tentunya akan sangat membantu untuk menghubungkan usaha Anda dengan calon klien. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual di Instagram Ads atau di Facebook Ads. Fitur promote yang terdapat di Instagram dapat disesuaikan dengan budget, durasi, dan target audiens yang Anda inginkan. Jadi hasil yang diinginkan pun terukur dan tentunya dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Sebelum fitur promosi tersebut, pastikan Anda telah mengetahui calon klien mana yang Anda incar dan daerah mana yang memiliki potensial terbesar dalam berusaha. Informasi lebih lanjut mengenai Instargram Ads dan Facebook Ads bisa Anda simak di siniar (podcast) Ngomongin Bisnis by Melon Branding di Spotify.

Buat Siniar (Podcast)

Buatlah siniar dan diskusikan topik yang akan membantu audiens Anda memecahkan masalah yang terkait dengan problem yang mereka punya. Tunjukanlah penawaran terbaik Anda dalam mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Undang tamu yang berkaitan dengan tema diskusi siniar Anda, kemudian kupas tuntas permaslahan serta solusi yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Dengan begitu, pendengar yang lain yang mungkin memiliki permasalahan serupa akan mengetahui bahwa perusahaan Anda mampu memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh mereka.

Ikuti Seminar dan Pertemuan Lainnya

Bertemu orang baru dan mencari teman baru! Keluarlah dari jaringan pribadi Anda saat ini dan perkenalkan diri Anda kepada orang baru. Bergabunglah dengan beberapa grup atau komunitas, ikuti kelas, seminar atau lokakarya, bergabunglah dengan grup Facebook, menjadi sukarelawan, bergabung dengan asosiasi profesional, hadiri networking events lainnya.

Konsisten

Tetaplah konsisten dalam menjalani bisnis. Konsisten dalam berbisnis menjadi salah satu sikap yang dapat menjadikan pelaku bisnis yang biasa saja menjadi luar biasa, termasuk juga dengan bisnis yang dijalankannya. Banyak kasus ditemukan bahwa kegagalan diakibatkan oleh ketidak-konsistenan dalam menjalankan suatu pekerjaan, bahkan banyak pelaku bisnis memilih untuk sebelum meraih target yang diinginkan. Tentu hal tersebut sangat kita hindari. Untuk itu bersabar dan tetap konsisten merupakan satu dari sekian banyak kunci dari sebuah kesuksesan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *