Skill Terpenting bagi Seorang Digital Marketer

Skill Terpenting bagi Seorang Digital Marketer

Sekarang ini melakukan pemasaran produk bisa dilakukan tidak hanya secara offline. Tetapi juga bisa dilakukan secara online. Media online lebih bisa menjangkau berbagai kalangan dan wilayah jangkauan yang lebih luas. Pemasaran dengan cara ini biasa dikenal dengan digital marketing.

Pemasaran cara ini merupakan usaha untuk mempromosikan sebuah merek atau brand dengan menggunakan media digital seperti media sosial, broadcast message, ataupun melalui email. sedangkan orang biasa melakukan pemasaran digital biasa disebut dengan digital marketer. Ada keahlian yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer. Untuk mengetahuinya, simak uraian berikut.

SEO
SEO atau search engine optimization merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas traffic kunjungan suatu website. Digital marketer menggunakan SEO untuk mengarahkan traffic ke website melalui mesin pencari (search engine). Ahli SEO bekerja keras untuk mencapai peringkat kata kunci yang baik.

 

Mengoptimalkan
Setelah SEO membawa traffic yang tinggi, maka langkah selanjutnya adalah menjadikan proses belanja ke proses pembelian. Marketer mencoba mengoptimalkan website untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. Karena tujuan utama dari promosi digital tentu saja menjadikan para pengunjung website sebagai pembeli produk

 

Web Desain
Keahlian web desain wajib dimiliki seorang digital marketer untuk menunjang pekerjaannya. Situs website merupakan halaman brand online. Seorang marketer harus bisa mengarahkan dan belajar taktik baru. Kebijakan dan inovasi dengan cepat dan beradaptasi dengan landscape akan menjaga operasional dan update situs brand.

 

Copywriter
Untuk mempertahankan level yang tinggi pada konten relevan yang di update, digital marketer harus memiliki skill untuk menulis dengan cepat dan konsisten. Digital marketing sering menggunakan artikel sebagai konten untuk promosi, untuk itulah perlunya memiliki kemampuan copywriter. Banyak digital marketer memiliki blog yang lainnya untuk mengasah kemampuan menulis mereka.

 

Sosial Media
Setiap platform sosial media memiliki pro dan kontra. Gunakan berbagai jaringan yang baik membutuhkan analisis dan perencanaan. Kemampuan dalam menggunakan sosial media juga menentukan keberhasilan dari digital marketing. Untuk bisa menghasilkan konten yang baik untuk sosial media maka diperlukan analisis dan perencanaan sebelumnya.

 

Analisa
Analisa adalah bagaimana marketer sekarang secara komprehensif merinci bagaimana kampanye dari konten yang dibuat tersebut populer di internet. Itu akan membantu menunjukkan siapa yang mengunjungi situs anda, dari mana asal mereka, apa yang paling banyak dilihat, dan berapa lama mereka mengunjungi situs website. Analisa pengunjung akan membantu digital marketer dalam membuat konten yang cocok bagi website.

 

Periklanan
Iklan untuk digital marketer adalah kombinasi dari program ad network (face book ads, tweet berbayar) dan membeli pencarian berbayar. Ahli digital marketer bekerja untuk menurunkan CPC dan meningkatkan brand. Di bidang digital marketing keberadaan iklan sangat penting. Karena bisa meningkatkan jumlah traffic kunjungan ke situs website. Dan juga kemungkinan mendapatkan pembeli menjadi lebih besar.

Itulah tujuh skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer. Dengan kemampuan tersebut digital marketer mampu memasarkan produknya dengan cepat dan tepat di media online. Dengan menggunakan cara digital marketing, maka kesempatan bagi sebuah produk untuk terjual juga semakin besar. Pelanggan yang didapat pun bisa berasal dari mancanegara, tidak terbatas pada pelanggan dalam negeri saja. Bagi Anda yang berminat menjadi seorang digital marketer, mulailah mengasah kemampuan tersebut dari sekarang.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *