Perkembangan internet dan teknologi saat ini menghadirkan banyak perkembangan baru yang memudahkan hidup kita. Tak terkecuali untuk urusan mencari pekerjaan. Berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook atau Twitter, LinkedIn adalah jejaring sosial yang menghubungkan para profesional dalam dunia maya.

Para pengguna biasanya menggunakan LinkedIn untuk networking, mencari pekerjaan, atau berbagi hal-hal inspiratif lainnya. LinkedIn sendiri tidak hanya bermanfaat untuk para pekerja atau pencari kerja saja, namun, LinkedIn juga memiliki manfaat bagi perusahaan yang terdaftar di media sosial ini, baik perusahaan B2B maupun perusahaan B2C. B2B (business to business) merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam dunia bisnis untuk menentukan jenis bisnis yang melakukan transaksi penjualan dari satu bisnis ke bisnis yang lain, bukan kepada konsumen secara langsung. Sedangkan B2C (business to customer) merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam dunia bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa langsung kepada konsumen perorangan atau grup.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai B2B dan B2C, Anda bisa membacanya di link berikut: https://melonbranding.com/blog/mengenal-istilah-b2b-dan-b2c/

Perlukah perusahaan B2B menggunakan media sosial LinkedIn? Perlu!

Pada tahun 2012, sebesar 61% tingkat keberhasilan dirasakan oleh perusahaan B2B yang menggunakan media sosial LinkedIn. Sebesar 45% perusahaan B2B mendapatkan pelanggan menggunakan media sosial LinkedIn. Apa yang sebaiknya Anda post dalam LinkedIn Anda? Pada bagian deskripsi perusahaan, Anda harus menulis tentang key message dari perusahaan Anda, produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Kemudian Anda perlu menjelaskan apa yang membuat perusahaan Anda unik. Update lah status Anda mengenai keadaan perusahaan, klien dan berita-berita yang terkait dengan bisnis Anda.

Apa yang perlu Anda lakukan?

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam usaha menaikkan perusanaan Anda dengan LinkedIn diantaranya adalah, gunakan hashtag, bagikan konten Anda sekitar jam makan siang, orang-orang cenderung bermain gawai pada saat sedang makan siang, untuk itu membagikan konten pada saat tersebut merupakan salah satu trik yang ampuh untuk dicoba. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan jangan lupa gunakan tanda seru di dalamnya.

Nah, sekarang perlukah perusahaan B2C menggunakan media sosial LinkedIn? Jawabannya adalah perlu!

Pada tahun 2012, sebesar 39% tingkat keberhasilan dirasakan oleh perusahaan B2B yang menggunakan media sosial LinkedIn. Sebesar 26% perusahaan B2B mendapatkan pelanggan menggunakan media sosial LinkedIn. Apa yang sebaiknya Anda post dalam LinkedIn Anda? Anda dapat memposting informasi tentang berita dan update mengenai perusahaan. Manfaatkanlah saat ini untuk memberikan pengetahuan kepada klien Anda mengenai brand value dari perusahaan Anda. Berikan informasi mengenai brand dan produk yang Anda tawarkan, namun sebaiknya Anda lebih fokuskan hal tersebut pada brand Anda daripada produk Anda. Karena disini Anda berusaha untuk membangun dan memperkenalkan brand value perusahaan Anda pada calon-calon klien Anda, jadi penting bagi mereka untuk lebih mengetahui bagaimana brand Anda terlebih dahulu.

Apa yang perlu Anda lakukan?

Post konten Anda pada waktu jam makan siang dan pada saat sore hari. Karena pada jam-jam tersebut biasanya orang-orang sedang bersantai sambil memainkan gawainya. Bagikanlah konten yang berkaitan dengan informasi perusahaan Anda. Gunakanlah LinkedIn Polls sebagai customer feedback tools. Sebaiknya jangan gunakan LinkedIn sebagai platform untuk mendorong produk-produk Anda, gunakanlah LinkedIn sebagai platfrom media sosial untuk memperkenalkan perusahaan Anda pada calon-calon klien Anda agar mereka mengenal perusahaan Anda dengan baik kemudian memutuskan untuk bekerjasama dengan Anda.

Jadi kesimpulannya, apakah LinkedIn diperlukan pada perusahaan B2B dan B2C?

Jawabannya adalalah, sangat diperlukan.

Jika Anda ingin mengoptimasi media sosial LinkedIn untuk perusahaan Anda agar tingkat keberhasilannya menaik, Anda bisa menghubungi Melon Branding di WhatsApp 0838-7801-4025 atau melalui email di cs.melonbranding@gmail.com. Bisa juga kunjungi website kami di https://melonbranding.com/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *