Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaiaman caranya menaikan ranking situs jaringan (website) di Google dengan backlink, ada baiknya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan backlink itu sendiri. Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan yang mengarah ke situs jaringan yang kita punya. Kegunaan backlink bisa juga sebagai suatu rujukan untuk memudahkan pengguna, atau hanya untuk sekadar keperluan optimasi agar website yang Anda miliki lebih populer menurut mesin pencari.

Backlink itu sendiri dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Dofollow: jenis backlink ini adalah jenis yang lebih banyak digunakan dan disukai karena memiliki nilai yang tinggi menurut mesin pencari.
  • Nofollow: jenis backlink yang ini kurang banyak diminati karena tidak memberikan efek yang berarti bagi situs jaringan.

Mengapa backlink menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menaikan rank website Anda? Karena backlink menjadi salah satu unsur yang penting dalam aktivitas Search Engine Optimization (SEO). Peningkatan aktivitas SEO bertujuan untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari, peningkatan ini bertujuan agar mendapatkan calon customer, lead, atau jumlah klik yang banyak. Semakin banyak aktivitas tersebut, semakin banyak pula profit yang akan Anda dapatkan. Di mata Google, website yang punya banyak backlink menandakan bahwa website tersebut adalah website yang kredibel karena menjadi bahan rujukan bagi website-website lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam rangka menaikan rank website Anda, yaitu:

Pertahankan Blog yang Stabil dengan Konten yang Bagus
Buatlah konten blog yang bagus dan menarik yang membuat orang-orang ingin membacanya, buatlah konten tersebut secara konsisten. Hal itu merupakan cara yang paling baik dilakukan untuk menghasilkan tautan yang masuk secara organik. Selain itu, konten dibuat juga harus berkualitas sehingga mendorong pengunjung website berdiam lama di laman web, dan mendorong mereka untuk kembali lagi ke laman website Anda (repeat visit).

Buatlah Tabel Infografik yang Menarik
Selama beberapa tahun terakhir, infografik telah menjadi salah satu metode membangun tautan yang paling populer. Sejak 2009, permintaan infografik terus meroket. Karena infografik sangat mudah dibagikan, maka infografik tidak hanya bagus untuk membangun backlink, tetapi juga bagus untuk mengarahkan traffic dari media sosial. Untuk itu buatlah tabel infografik yang menarik dan informatif, dengan begitu maka akan banyak orang-orang yang menggunakan tabel infografik yang Anda punya tetapi tetap mencantumkan website Anda sebagai sumber originalnya.

Tautkan Platform Lain di Blog Anda
Backlink yang baik adalah yang berasal dari beragam platform . Membangun backlink dari satu atau dua jenis platform saja secara intens dan terus menerus dapat menempatkan situs dalam bahaya. Hal tersebut dikarenakan Google akan membaca pola aktivitas penanaman backlink yang tidak wajar. Jadi, usahakan letakan beberapa backlink yang berasal dari platform yang berbeda, misalnya dari Facebook, Twitter, dll.

Guest Blogging
Guest blogging adalah cara paling efektif untuk menjangkau audiens baru. Dengan menerbitkan artikel di situs web populer lainnya, konten Anda akan mendapatkan pembaca baru dan memenangkan lebih banyak exsposure. Dengan cara guest blogging ini membantu Anda untuk meningkatkan hubungan dan memperluas audiens Anda. Ini adalah teknik yang bagus untuk membangun lebih banyak pengikut di media sosial, mengarahkan traffic, serta membangun backlink yang berkualitas.

Promosikan Konten Terbaik Anda di Mana Saja
Konten yang bagus tidak akan mendapatkan backlink jika tidak ada orang yang tahu mengenai konten tersebut. Anda harus melakukan yang terbaik untuk menemukan orang yang tertarik untuk menautkan ke konten Anda dan membagikannya di media sosial. Bagikanlah konten yang Anda buat ke semua media sosial yang Anda miliki, sehingga orang-orang yang berada di sekeliling Anda mengetahui akan konten tersebut dan membacanya.

Nah, itulah hal-hal penting dalam membangun backlink. Semoga dengan membaca artikel ini Anda lebih memahami teknis mengoptimasi mesin pencari.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *