Masa pandemi seperti saat ini memberikan dampak yang cukup besar kepada para pelaku bisnis. Hal tersebut membuat kebanyakan dari mereka harus terjun lebih dalam ke dunia digital dan online supaya bisnis yang sedan mereka kelola tetap berjalan dengan stabil. Oleh sebab itu, hal utama yang paling penting dalam menjual bisnis mereka adalah konten. Konten yang ditawarkan tentu saja haruslah konten yang original, yang memiliki nilai dan berkualitas tinggi. Namun bagaimana jika semua pelaku bisnis melakukan hal tersebut sehingga alur bisnis yang dijalani terkesan monoton dan datar?

Solusi yang bisa digunakan adalah dengan cara mendaur ulang konten. Tentu saja konten yang akan di daur ulang haruslah konten unggulan yang memiliki tingkat traffic yang tinggi. Kemaslah konten tersebut dengan sesuatu yang baru, dengan begitu konten yang dimiliki akan jauh lebih variatif, selain itu juga, hal tersebut dapat memperluas jangkauan konten tersebut.

Ubah Artikel Menjadi Video

Dengan mengubah konten artikel menajadi video, Anda bisa menjangkau target lebih luas. Platform video yang paling umum dijangkau adalah Youtube, namun selain Youtube, Anda juga bisa menggunakan platform lain, yaitu Facebook. Menurut Buzzumo, terdapat sekitar 100 juta video di Facebook, dan ternyata video merupakan format konten dengan engagement paling tinggi dibanding jenis konten lainnya.

Ubah Artikel Menjadi Infografik

Menurut HubSpot, infografik bisa meningkatkan web traffic hingga 12%. Cara ini adalah cara yang cukup ampuh dalam menaikan engagement. Tidak usah khawatir jika Anda tidak memiliki designer untuk mendesain infografik Anda, saat ini sudh tersedia banyak sekali aplikasi yang memiliki design tools yang cukup lengkap seperti Canva, Venngage, dan Visme. Buatlah tampilan yang menarik pada infografik yang Anda buat agar pembaca tertarik untuk membacanya.

Ubah Artikel Menjadi Podcast

Saat ini konten dengan format podcast sedang ramai-ramainya digandrungi oleh hampir semua pengguna internet. Pada tahun 2006 hanya sekitar 22% pengguna internet yang memahami apa itu podcast, namun pada tahun 2019 angka tersebut melonjak ke angka 64%. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil, hal tersebut menjadikan podcast sebagai salah satu media yang patut dan layak untuk dijadikan konten. Menurut Buzzsprout, sekitar 38% orang yang mendengarkan podcast akan membeli produk atau jasa yang mereka dengar di dalam podcast tersebut. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa membuatnya dengan bantuan aplikasi gratis bernama Anchor.

Ubah Artikel Menjadi Ebook

Ambilah beberapa postingan artikel yang membahas satu topik yang paling menarik dan paling banyak diminati, kemudian gabungkan artikel tersebut menjadi sebuah ebook. Pilihlah artikel yang memiliki potensi besar dan memiliki impact  yang luas. Nantinya, ebook tersebut akan menjadi sebuah panduan yang mendalam akan hal tersebut.

Adakan Webinar

Jika  konten Anda menghasilkan traffic yang sangat tinggi dan konsisten, hal tersebut dapat berarti bahwa konten yang Anda buat merupakan konten yang benar-benar diminati oleh target audiens. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan topik tersebut untuk dijadikan tema utama dalam sebuah webinar. Dengan mengadakan webinar, peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas adalah hal yang tidak mustahil.

Dengan adanya teknik daur ulang konten seperti di atas, maka terdapat lebih banyak variasi konten-konten yang dapat dipilih oleh audiens, dan oleh karena banyaknya pilihan variasi konten, maka hal tersebut akan mempengaruhi jangkauan informasi menjadi lebih luas.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *