Engagement adalah hal yang sangat penting bagi sebuah akun bisnis. Engagement sendiri artinya adalah nilai interaksi. Jadi, semakin tinggi engagement, artinya semakin tinggi pula interaksi yang terjadi. Interaksi tinggi, berarti banyak terjadi aktivitas di akun atau postingan tertentu. Tingginya engagement, yang artinya tinggi pula interaksi, membuat akun bisnis terlihat lebih terpercaya karena audiensnya aktif dalam berinteraksi dengan akun tersebut.

Engagement tidak hanya sekadar komentar, namun juga termasuk like dan share. Jadi, semakin tinggi engagement juga berarti banyak yang menyukai dan menyebarkannya. Artinya, akan ada lebih banyak orang yang melihat postingan atau akun tersebut. Oleh karena itu, banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk meningkatkan engagement mereka di media sosial. Namun, bagaimanakah cara meningkatkan engagement dengan benar dan mudah?

Gunakan Diksi Ajakan untuk Bertindak

Sumber: https://www.kindpng.com/

Anda pasti pernah mendengar kalimat-kalimat “Like, subscribe, and comment” atau “Follow us on…” saat menonton Youtube atau membaca caption sebuah postingan. Kalimat seperti itu dinamakan call of action atau ajakan untuk bertindak. Walau ajakan itu terkesan mudah, namun sebenarnya ajakan itu dapat meningkatkan engagement karena pasti ada beberapa yang mengikuti ajakan itu.

Pancing Audiens untuk Diskusi

Sumber: https://elearningindustry.com/

Untuk memancing audiens, Anda bisa menuliskan sebuah pendapat yang kuat dan mengundang sudut pandang kontras dari para pengikut di media sosial, atau hanya sekedar bertanya kepada pengikut Anda. Tujuannya adalah untuk membuat pengikut berbicara satu sama lain. Setelah Anda mendapatkan dua atau tiga komentar dan diskusi mulai berlangsung Anda bisa turut terlibat dalam memberi pendapat. Berhati-hatilah agar jangan terlalu politis atau kontroversial.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Sumber: https://brand24.com/

Hashtag adalah fitur penting yang ada di Instagram. Bisa dibilang, hashtag bisa menjadi penentu engagement yang terjadi. Dengan hashtag yang benar, Anda menarik orang yang tepat untuk berinteraksi dengan konten maupun akun Anda. Jadi, gunakanlah hashtag yang benar dan tepat agar engagement Anda meningkat dan akun Anda terarah pada orang yang tepat.

Uji Coba Caption

Sumber: https://www.thebalancesmb.com/

Walaupun Instagram adalah media sosial berbasis gambar, nyatanya caption adalah salah satu faktor penentu apakah konten Anda menarik atau tidak. Dalam caption, Anda memberikan penjelasan lebih detail tentang visual yang diberikan. Oleh karena itu, memiliki caption terbaik untuk memancing engagement adalah hal yang penting. Uji coba segala jenis caption yang Anda bisa dan pilih yang paling mengundang interaksi dengan audiens.

Gunakan Fitur InstaStory

Sumber: https://bayanbox.ir/

Saat ini hampir 80% pengguna Instagram melihat setiap insta story yang ditampilkan. Fitur ini telah menjadi sesuatu yang sangat ampuh untuk media promosi. Jangan lupakan untuk memanfaatkannya, karena Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang didapatkan. Dalam hal ini, Anda juga dapat beriklan bayar dengan menampilkan instastory Anda di luar cakupan followers yang dimiliki.

Itu adalah cara meningkatkan engagement di Instagram dengan mudah. Jika Anda butuh berkonsultasi lebih lanjut dengan Social Media Specialist, Anda bisa menghubungi Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *