Buat kamu yang kerjanya di bagian konten-konten, pasti pernah dengar pernyataan ini deh!

“Oh, content marketing itu kan yang bikin konten kan?”

“Content marketing itu jobdesk-nya cuma promosi bisnis lewat konten, ya?”

Apa pertanyaan itu sering muncul di benakmu saat mendengar istilah content marketing? Atau malah kamu baru pertama kali mendengarnya? Menurut The Content Marketing Institute dalam Forbes content marketing merupakan strategi marketing yang dilakukan melalui serangkaian teknik membuat dan membagikan konten-konten promosi yang valuable suatu brand secara konsisten agar menarik perhatian audiens brand tersebut. Tentu saja, content marketing berperan dalam mempengaruhi audiens untuk melakukan buying atau tidak. Maksud dari valuable di sini berarti konten promosi tersebut memiliki nilai dan karakter brand sehingga menjadi kuat untuk mendorong audiens melakukan buying decision.

Beberapa bentuk content marketing

sumber (pexels.com)

Di dalam content marketing, ada beberapa bentuk atau contoh konten yang seringkali kita gunakan saat mempromosikan bisnis.

Pertama, infografis. Seperti yang kita tahu, jenis konten infografis pada umumnya memang mengolah suatu informasi menjadi lebih menarik sehingga membuat audiens kepo dan ingin membacanya. Biasanya, infografis menggabungkan antara data dan kata.

Kedua, video. Tidak bisa dihindari kehadiran video sebagai salah satu strategi content marketing bisa meningkatkan engagement antaraudiens. Riset yang dilakukan oleh Markerly, agensi influencer marketing, mengungkapkan bahwa jenis video khususnya Instagram Reels dianggap “lebih baik” daripada TikTok karena Instagram bermain lebih lama di dunia media sosial.

Keempat, podcast. Konten berformat audio yang satu ini masih menjadi idaman banyak orang untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Karena itulah, beberapa brand tidak mau ketinggalan untuk mengikuti tren ini, riding the wave. Contohnya adalah “The Sauce” adalah podcast milik McDonald’s. Dikemas dengan konsep investigatif, content marketing ini mampu menarik McDonald’s lovers.

Mengapa content marketing itu penting?

(sumber: pexels.com)

Saat ini, di era digital yang mana semua brand menjangkau audiens lewat digital channel, rasanya sudah menjadi kewajiban juga bagi kita untuk memanfaatkan hal-hal yang berbau digital—media sosial, website, hingga podcast—demi menjangkau audiens yang lebih luas. Pemanfaatan tadi bisa dilakukan lewat konten-konten promosi, testimoni brand, hingga infografis seputar brand yang dikemas secara menarik! Namun, ada kalanya banyak dari kita yang tidak memahami bagaimana caranya membuat konten yang menarik tersebut. Bahkan yang lebih parahnya adalah tidak mengetahui kriteria konten yang disenangi oleh audiens kita!

Padahal, jika kita mau mendalami content marketing untuk bisnis, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh brand.

Secara tidak langsung, content marketing meningkatkan awareness dari audiens terhadap brand, lho! Bukankah sudah terbukti jika content marketing membuat sebuah brand dikenali oleh banyak audiens? Salah satu contohnya adalah campaign “Share A Coke” yang dilakukan oleh Coca Cola. Apa yang ditawarkan dari jenis content marketing dengan konsep campaign? Yup! Brand value dan personalization. Melalui campaign, karakteristik brand ditonjolkan lewat ide cerita, visualisasi, dan pesan yang ingin disampaikan—yang tentunya dikemas secara kreatif.

Selain itu, brand yang menerapkan strategi content marketing juga akan memperbanyak interaksi audiens. Salah satu contohnya adalah yang pernah diusung oleh Sociolla, brand yang menjual beragam kosmetik dan make up secara online, yaitu Glossary Beauty Journal. Glossary Beauty Journal merupakan glosarium online yang di dalamnya terdapat banyak istilah-istilah kosmetik dan make up yang seringkali sulit dipahami. Content marketing ini dianggap sebagai salah satu strategi yang menarik bagi audiens karena dianggap sebagai solusi bagi siapa pun yang ingin tahu istilah tentang kosmetik dan make up.

Melihat kondisi digital yang saat ini terus berkembang, tentunya kita juga dituntut untuk mengenalkan brand kepada orang lain dengan cara efektif sekaligus kreatif, dan strategi content marketing adalah jawabannya!

Kamu ingin mengetahui strategi content marketing yang sesuai dengan brand untuk menjangkau audiens lebih banyak? Konsultasikan ke kami sekarang juga melalui e-mail cs.melonbranding@gmail.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *