Facebook vs Google: Mana sih yangLebih Bagus buat Bisnis Online?

Facebook vs Google: Mana sih yangLebih Bagus buat Bisnis Online?

Kalau kamu punya bisnis yang mau dipromosikan lewat online, kamu harus punya strategi yang bagus. Salah satu strategi yang mesti diperhatikan adalah platform apa yang bakal kamu gunakan buat melakukan promosi. Ada banyak platform yang bisa kamu manfaatkan, contohnya Facebook dan Google.

Kamu pun harus tahu dulu kalau kedua jenis platform di atas beda. Bukan cuma dari segi penggunanya, tapi juga dari strategi promosi bisnisnya. Misalnya, berdasarkan survei, Facebook lebih menonjol dalam hal visual, sedangkan Google unggul di segi pencariannya.

Nah, kamu mau tahu mana yang lebih bagus buat promosi bisnis online yang kamu punya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

 

Facebook

Foto: unsplash.com

Pertama-tama, sebelum melakukan promosi di Facebook, kamu harus mengenali dulu seperti bisnismu. Apa bidang bisnis yang lagi kamu jalani? Apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan udah cukup dikenal orang? Seberapa banyak orang yang mengetahui merek bisnismu?

Kebanyakan audiens bakal membuka Facebook buat mengusir rasa bosan atau meng-update informasi. Facebook juga menonjol dalam hal visualnya. Makanya, ada banyak banget foto atau gambar yang menjadi daya tarik Facebook.

Di Facebook sendiri tren impulsive buying banyak banget terjadi. Artinya, kamu cenderung membeli barang karena melihat foto barang tersebut. Selain itu, jika bisnismu tergolong baru dan cenderung belum banyak dikenal, kamu bisa memanfaatkan Facebook. Soalnya nih di rentang usia pengguna Facebook sendiri beragam banget. Nggak dipungkiri, target pasarmu bisa melebar di sini.

 

Google

Foto : pexels.com

Apa sih yang kamu cari di Google? Informasi, kan? Kamu cuma mencari apa yang mau diketahui. Lewat kotak pencarian, kamu bisa langsung menulis kata kunci yang bakal mengarahkan ke deretan website penyedia informasi tersebut.

Makanya, jenis bisnis yang tergolong cocok di Google adalah yang udah terkenal. Kenapa? Karena, kamu udah tahu produk atau jasa apa yang mau dibutuhkan. Nggak seperti di Facebook yang langsung muncul beragam informasi, di Google tentunya kamu harus cari tahu sendiri, kan?

Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu menawarkan produk atau jasa yang nggak dibutuhkan orang secara spesifik, sebaiknya hindari Google. Misalnya, kamu berbisnis fashion. Tapi, karena kamu masih baru mulai, jangan menggunakan Google, tapi Facebook.

 

Lebih bagus yang mana?

Foto : behereandnow.com

Facebook atau Google sebenernya sama-sama bagus, tergantung karakteristik bisnis yang kamu jalani. Kalau bisnismu cenderung masih baru, Facebook adalah yang terbaik. Maksimalkan kualitas foto produk atau jasamu. Pastikan juga warnanya cerah sehingga audiens bakal tertarik. Tapi, kalau bisnismu tergolong udah lumayan terkenal, gunakan Google. Manfaatkan juga jasa SEO profesional dan Google Ads.

Selamat berbisnis, ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *