Kenapa Media Sosial Harus Dikelola secara Profesional

Kenapa Media Sosial Harus Dikelola secara Profesional

Dengan semakin meluasnya penggunaan internet di Indonesia, media sosial pun menjadi salah satu sarana penting yang menyambungkan perusahaan dan konsumennya. Sudah banyak perusahaan di berbagai bidang penjualan barang dan jasa yang merasakan pentingnya memiliki media sosial yang representatif di dunia maya.

Meskipun media sosial awalnya digunakan sebagai sarana hiburan, saat ini sebagian besar platform sudah menyediakan alat bisnis yang bisa digunakan oleh para pengusaha. Beberapa di antara alat tersebut adalah sarana pengiklanan, analisis statistik pengunjung media sosial, dan pembaca tren pengguna internet.

Dengan social media handling yang penuh strategi, alat bisnis yang terdapat pada media sosial dapat membantu usaha Anda untuk lebih maju lagi—menjangkau pasar yang lebih luas, mengerti selera pasar, serta melayani konsumen dalam waktu yang lebih singkat.

 

Apa Itu Social Media Handling?

Social media handling atau manajemen media sosial adalah proses membuat, menjadwal, menganalisis, dan melibatkan konten yang diunggah pada platform media sosial. Di Indonesia sendiri, platform media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube. Biasanya, social media handling dilakukan oleh seorang manajer media sosial yang membantu sebuah merek, produk, atau perusahaan meningkatkan reputasinya secara online.

Secara umum, ada 5 elemen penting dalam strategi manajemen media sosial:

  • Pengelolaan akun media sosial di berbagai platform
  • Analisis keterlibatan pengguna media sosial dengan akun Anda
  • Penjadwalan unggahan di media sosial
  • Pengolahan hasil analisis secara komprehensif
  • Pemantauan komentar dan respons, serta menanggapinya secara efisien
  • Kolaborasi antar anggota tim untuk menciptakan konten yang menarik

Untuk menghadirkan kelima elemen tersebut, Anda perlu memiliki perangkat profesional yang bisa berupa seorang manajer khusus dan berbagai macam software. Sering kali, karena terlalu fokus pada pengembangan produk, perusahaan tidak memperhatikan tentang pengelolaan media sosial. Akibatnya, pelanggan pun tidak merasa puas karena tidak mendapatkan informasi jelas mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

Apa yang Dilakukan dalam Proses Social Media Handling?

Apa yang Dilakukan dalam Proses Social Media Handling? - Sumber Gambar: pixabay.com

Dalam praktiknya, social media handling lebih dari sekadar mengunggah konten ke akun media sosial perusahaan. Pengelolaan harus dilakukan seefektif mungkin dengan memanfaatkan fitur bisnis yang ada di platform. Selain itu, konten harus terencana dan bisa menciptakan keterlibatan antara pengguna internet dengan reputasi merek yang ingin dibangun.

Pada awal pembuatan identitas perusahaan secara online, Anda perlu melakukan banyak riset mengenai perilaku pengguna platform media sosial. Misalnya saja, karakter pengguna Facebook akan berbeda dengan pengguna Instagram. Masing-masing media sosial memiliki dinamikanya tersendiri yang terdiri dari usia, gender, jam aktif, selera konten, dan lain-lain.

Setelah mengetahui karakteristik target pasar dan perilakunya di media sosial, barulah Anda bisa mulai menentukan brand identity yang mau dibangun. Kemudian merencanakan konten apa yang akan menarik perhatian. Anda juga perlu memikirkan cara komunikasi yang interaktif di setiap akun media sosial tersebut.

Nantinya, komunikasi yang sudah terbangun harus dibangun secara konsisten agar tidak terjadi kejenuhan. Buat akun media sosial Anda selalu menarik untuk dikunjungi. Selain itu, pelanggan juga harus terus memiliki informasi terkini mengenai produk melalui akun media sosial perusahaan.

Buat Perusahaan Anda Eksis di Dunia Maya Bersama Melon Branding Agency

 

Biasanya, seorang manajer atau spesialis sosial media akan menggunakan software pendukung untuk melakukan tugasnya. Selain itu, dibutuhkan juga kerja tim yang melibatkan pekerja kreatif untuk membuat konten berupa video, gambar, atau teks. Dengan kata lain, Anda mungkin akan membutuhkan lebih dari satu orang di dalam tim manajemen media sosial perusahaan.

Inilah mengapa, Anda bisa beralih ke Melon Branding Agency sebagai rekan dalam mengelola akun media sosial perusahaan Anda. Tiga hal yang bisa dilakukan Melon Branding Agency untuk Anda:

1.      Brand Identity

Menciptakan persona khusus untuk merek atau produk Anda sehingga menarik dan representatif secara online. Identitas ini nantinya akan digunakan secara konsisten di setiap platform yang ingin Anda gunakan. Tampilan logo, persona layanan pelanggan, hingga cara interaksi dengan pelanggan masuk ke dalam kategori brand identity.

2.      Brand Awareness

Membuat merek atau produk Anda dikenal online di berbagai platform sesuai dengan target pasarnya. Pembuatan dan penjadwalan konten, membangun komunikasi dengan pengguna platform media sosial, hingga menarik perhatian mereka untuk menjadi pelanggan Anda adalah tujuan dari brand awareness ini.

3.      Brand Strategy

Mengelola, memelihara, dan mengembangkan strategi bisnis dalam pemasaran digital untuk memenuhi Key Performance Indicators (KPI) yang sudah ditetapkan dalam strategi bisnis perusahaan. Biasanya, KPI bisa dianalisis dari banyaknya View” atau “Like” yang ada pada unggahan, jumlah followers yang berinteraksi di akun media sosial, dan jumlah transaksi yang berhasil terjadi. Indikator tersebut bisa ditetapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pengelolaan media sosial terencana adalah menghemat waktu dalam mengunggah konten. Bayangkan jika Anda harus mengunggah konten satu per satu di setiap platform. Melalui social media handling yang tepat, konten bisa direncanakan untuk jangka waktu tertentu dan diunggah secara otomatis sesuai pengaturan.

Adanya media sosial juga mendekatkan Anda dengan pelanggan. Pelanggan bisa meninggalkan komentar, kritik, atau saran mengenai produk yang sudah mereka gunakan. Jika Anda bergerak di bidang jasa, komentar dari pelanggan di media sosial bisa menjadi bahan evaluasi pelayanan.

Dengan begitu, reputasi merek atau produk perusahaan Anda bisa terbangun dengan baik. Dari interaksi dengan pelanggan, Anda dapat menemukan ide baru untuk berinovasi dan mengembangkan produk yang Anda tawarkan. Jadi, proses social media handling bukan hanya berdampak pada pemasaran saja, tetapi juga pengembangan perusahaan dalam jangka panjang.

Bersama Melon Branding Agency, Anda bisa melakukan itu semua tanpa harus mempelajari semuanya dari dasar. Diskusikan kebutuhan social media handling Anda dengan Melon Branding Agency di 083878014025 dan kembangkan usaha Anda di dunia digital!

Sumber sebagian diambil dari: https://tech.co/digital-marketing/social-media-management-guide#What

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *