5 Kesalahan dalam Membuat Caption

5 Kesalahan dalam Membuat Caption

Tentunya kita semua sudah mengenal sangat baik “Instagram”. Ya insagram merupakan sebuah aplikasi media sosial dan sudah memiliki banyak sekali pengguna dan sudah menyeluruh dalam berbagai lapsan masyarakat. Dan dalam setiap post kita di Instagram tentunya kita juga akan membuat caption yang pas dengan foto atau video yang akan kita post. Dan berikut kita akan membahas apa saja kesalahan dalam membuat caption.

Buat Caption yang sesuai dengan post kita

Penggunaan caption dalam post kita salah satunya adalah untuk memberi penjelasan pada post kita, terutama bila anda memposting sebuah produk dari anda maka anda bisa memberi caption mengenai produk anda tersebut. Namun bila anda untuk post pribadi anda bisa memberi caption seperti quotes atau kata-kata yang anda sukai.

Terlalu bertele-tele

Dalam membuat caption sebaiknya anda membuatnya dengan singkat, padat, dan jelas. Terutama bila anda membuat caption anda untuk memberi informasi maka sebaiknya berika informasi yang sesuai dengan post anda dan berika caption yang sesuai dan informative pada caption anda.

Menjelaskan Ekspresi.

Terkadang penulis terbawa suasana ketika melihat sebuah foto, dan akhirnya mendeskripsikan emosi yang ia rasakan pada caption. Penulis seharusnya tidak boleh membuat tafsiran perasaan seseorang dari ekspresinya. Langsung saja berikan fakta-fakta pada pembaca, dan biarkan mereka memutuskan sendiri perasaan yang dirasakan. Sebab foto berita tersebut sudah bukan menjadi berita bila dibumbui oleh opini.

Kesalahan Ejaan Nama.

Salah mengeja nama orang atau tokoh merupakan kesalahaan yang fatal, sebab mereka bisa menuntut media karena pencemaran nama baik. Oleh sebab itu penulis perlu selalu melakukan cek ulang nama pada caption anda, apakah berhubungan dengan berita atau tidak.

Tidak Mencantumkan Photo Credit

Photo credit merupakan sebuah catatan yang mengakui sumber sebuah foto yang diterbitkan. Meski postingan artikel memuat foto karya pribadi, tetap perlu dicantumkan photo credit supaya pembaca tahu bahwa foto tersebut adalah karya milik anda dan tidak melanggar hak kepemilikan apa pun. Misalnya bila foto tersebut adalah karya anda, cukup tulis nama anda di bagian akhir caption. Bila foto diambil dari internet, kunjungi website foto tersebut berasal dan lihat nama pemilik foto tersebut, kemudian cantumkan nama pemilik dan nama media pada caption. Kesalahan yang sering terjadi ketika mencantumkan photo credit yang berasal dari internet adalah mencantumkan url file foto yang amat panjang. Itu adalah url mentah dari sebuah website, bukan photo credit. Berlaku pula untuk foto yang diunduh dari media sosial dan group chatting. Bila memungkinkan, mintalah izin apakah foto tersebut dapat digunakan pada postingan blog Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *