Kesalahan yang Dilakukan dalam Memilih Social Media Manager

Kesalahan yang Dilakukan dalam Memilih Social Media Manager

Untuk mengelola media sosial secara profesional, perusahaan Anda membutuhkan seorang social media manager yang mumpuni. Di dunia pemasaran digital, manajer media sosial merencanakan, menganalisis pasar, membuat ide konten, melakukan penjadwalan, hingga menentukan interaksi dengan para pelanggan di platform media sosial.

Pekerjaan social media management bisa dikatakan cukup mendetail. Maka dari itu, Anda perlu bekerja sama dengan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang sesuai di bidang manajemen media sosial. Sayangnya, bisa menggunakan media sosial saja tidak cukup. Inilah beberapa kualitas yang perlu Anda temukan dalam seorang manajer media sosial:

●       Search Engine Optimization

Menurut sebuah situs layanan manajemen konten, HootSuite, Search Engine Optimization (SEO) memiliki dampak yang cukup besar dalam pengelolaan media sosial. SEO mengoptimalkan posisi situs Anda di mesin pencarian. Jika dilakukan dengan strategi yang tepat, SEO bisa menempatkan situs di posisi teratas pada hasil pencarian sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet.

●       Public Speaking

Teknik berbicara ke publik sangat penting dilakukan dalam social media management. Seorang manajer media sosial yang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai public speaking bisa membuat konten teks yang tepat, serta menemukan celah untuk berkomunikasi secara efektif dengan para pelanggan.

●       Riset dan Analisis

Penting bagi seorang manajer media sosial atau social media manager untuk memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melakukan riset dan analisis. Riset dan analisis pasar akan menempatkan perusahaan Anda di target yang tepat sehingga kemungkinan untuk terjadinya transaksi lebih besar.

●       Selera Visual

Selain menggunakan teks, konten juga bisa berbentuk gambar, foto, dan video. Nah, meski tidak harus memiliki keahlian membuat konten visual, seorang social media manager sebaiknya peka terhadap selera pasar mengenai desain dan topik konten yang dibuat. Sebab, ia akan bekerja bersama tim content creator untuk menciptakan desain yang menarik perhatian pasar.

●       Strategi Bisnis

Social media management adalah bagian dari pemasaran digital. Karenanya, penting untuk memiliki elemen strategi bisnis di dalamnya. Misalnya saja, manajer sosial media harus mengetahui segmen pasar yang tepat dan strategi pemasaran yang cocok untuk jenis produk yang ditawarkan.

●       Jiwa Customer Service

Media sosial membuat perusahaan Anda lebih dekat dengan pelanggan. Penting untuk bisa melayani mereka dengan baik bahkan jika mereka belum bertransaksi dengan Anda. Menurut riset yang dilakukan oleh Help Scout, 86% pengguna internet berhenti menjadi pelanggan sebuah produk karena tidak mendapatkan layanan pelanggan yang baik di media sosial. Sebaliknya, sebanyak 76% pelanggan akan merekomendasikan perusahaan atau akun media sosial Anda karena dilayani secara optimal.

Bukan tidak mungkin Anda menemukan seseorang dengan semua keahlian tersebut. Namun ingat, Anda harus tetap melihat beberapa aspek sebelum akhirnya merekrut orang di posisi social media manager.

Sebaiknya, Bekerja dengan Social Media Manager Berpengalaman

Sebaiknya, Bekerja dengan Social Media Manager Berpengalaman - Sumber Gambar - piqsels.com

Manajer media sosial merupakan profesi yang terbilang cukup baru. Tidak banyak orang yang sudah menguasai seluk beluk social media management. Namun begitu, sebaiknya Anda tetap mencari seseorang dengan pengalaman yang mumpuni untuk mempercayakan pengelolaan manajemen sosial media Anda.

Nah, karena kriteria yang cukup mendetail, sering kali ada beberapa hal yang luput dari perhatian perusahaan saat merekrut seorang manajer media sosial. Di antaranya adalah:

●       Kurang mengerti mengenai brand

Brand atau merek perusahaan adalah segalanya dalam social media management. Untuk membangunnya, seorang manajer media sosial harus mau belajar tentang visi, misi, dan semangat yang diusung perusahaan Anda. Dengan begitu, ia pun bisa berinisiatif untuk membangun representasi online yang sesuai.

●       Tidak terbuka terhadap teknologi baru

Teknologi adalah sesuatu yang terus berkembang. Mungkin saja, nanti akan ada platform media sosial baru yang diminati oleh pengguna internet. Itulah mengapa, seorang manajer harus tetap terbuka terhadap teknologi baru, termasuk dalam software pendukung yang ia gunakan.

Dengan kata lain, jangan merekrut seseorang yang tidak mau mempelajari hal baru. Ia harus mau beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mau mencoba tantangan lain di dunia digital.

●       Tidak mengecek akun media sosialnya

Selain kemampuannya mengelola media sosial perusahaan, seorang social media manager harus memiliki representasi pribadi yang baik secara online. Untuk mengetahuinya, perusahaan harus meluangkan waktu sejenak untuk mengecek akun media sosial kandidat.

Di sana, Anda akan menemukan gambaran mengenai keahlian dan seleranya dalam dunia digital. Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana ia mengatur tampilan akunnya, siapa saja yang diikuti, dan jenis unggahan apa yang sering dibuat.

●       Tidak mau berkolaborasi

Meskipun seseorang memiliki keahlian “paket lengkap” yang bisa menjadi social media manager, ia harus tetap mau berkolaborasi. Ada kalanya kolaborasi dilakukan dengan perusahaan lain, influencer, atau kerja sama dalam bentuk karya kreatif. Melalui kolaborasi, Anda bisa menemukan ide baru, karya yang segar, hingga pasar yang lebih luas.

Ingat, kinerja dalam social media management memang tidak bisa dilihat secara instan. Terutama jika Anda menginginkan semuanya bertumbuh secara organik atau alami. Inilah mengapa, kepekaan Anda saat merekrut seorang manajer media sosial benar-benar diuji.

Cari Tim yang Profesional di Bidangnya!

Cari Tim yang Profesional di Bidangnya! - Sumber Gambar: pxhere.com

Apakah merekrut manajer media sosial terdengar rumit? Kalau iya, Anda bisa menyerahkan semuanya ke Melon Branding Agency. berpengalaman di bidang social media management sejak tahun 2013, Melon Branding Agency bisa membantu merek atau produk perusahaan Anda mendapatkan pasar yang lebih luas.

Tidak kalah penting juga, perusahaan Anda akan memiliki representasi online yang baik dan tepercaya di platform media sosial. Melon Branding Agency bisa membantu Anda dari mulai membangun akun media sosial yang sesuai dengan karakter perusahaan, membuat konten kreatif yang menarik, menemukan copywriting yang pas, serta membuat komunikasi dan interaksi yang positif dengan pengguna internet.

Mau tahu lebih lanjut? Hubungi 083878014025 dan pelajari bagaimana Melon Branding Agency bisa membuat social media management Anda bertumbuh lebih cepat dari sekarang.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *