Seiring dengan laju perkembangan zaman yang makin pesat, mengandalkan hard skill saja tidak cukup. Kita perlu yang namanya manajemen skill, terlebih bagi Anda dan kalangan pebisnis dan pengusaha lainnya, baik yang sedang berkembang maupun yang sudah cukup besar. Business management skill atau keterampilan majanemen bisnis dibutuhkan untuk menghadapi segala tantangan baru yang terjadi setiap harinya. Selain itu keterampilan manejemen bisnis juga perlu dimiliki untuk menunjang dan mengoptimalkan kemampuan untuk bersaing secara global.

Mengapa keterampilan ini menjadi hal yang penting?

Keterampilan manajemen bisnis, seperti komunikasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, adalah kemampuan yang akan membantu Anda menjadi lebih sukses dalam karir Anda. Management skills yang komprehensif, updated dan memiliki networking yang luas menjadi kebutuhan utama setiap perusahaan pada masa ini. Maka dari itu, keterampilan manajemen bisnis menjadi sesuatu yang wajib dimiliki saat ini untuk bisa bertahan dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani.

Keterampilan manajemen bisnis merupakan sebuah atribut yang harus dimiliki oleh seseorang yang menjalankan perusahaan untuk memastikan tujuan bisnisnya terpenuhi. Keterampilan ini biasanya diperoleh melalui pengalaman kerja atau dengan mempelajarinya pada waktu Anda sendiri. Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? Keterampilan majanemen bisnis manakah yang sudah Anda kuasai?

Keterampilan Berkomunikasi
Keterampilan komunikasi adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang dengan kualitas dan sifat verbal sekaligus non-verbal Anda. Sifat komunikasi non-verbal yang dimaksud adalah Anda harus menghormati saat berbicara dengan orang lain, bersabar dan mendengarkan ketika Anda sedang diajak bicara oleh orang lain, menggunakan bahasa tubuh dan jelas serta ringkas.

Keterampilan Penjualan dan Pemasaran.
Sales and marketing skills merupakan keterampilan kedua yang perlu Anda kuasai. Keterampilan penjualan dan pemasaran sangat penting karena memungkinkan Anda menemukan pelanggan, meneliti dan mempelajari kebutuhan mereka, menyegmentasikan pasar, mengelola proses layanan pelanggan secara efektif, dan banyak lagi.

Keterampilan Negosiasi
Sebagai seorang pemimpin sekaligus pebisnis yang baik, Anda harus bisa bernegosiasi dengan orang-orang yang sangat berbedan latar belakangnya, seperti pelanggan, pemasok, pesaing, mitra bisnis, karyawan, manajer dan pemimpin tingkat lainnya. Jadi, kemampuan negosiasi yang baik adalah kemampuan dasar manajemen bisnis untuk menjalankan bisnis yang sukses.

Keterampilan Kepemimpinan
Leadership skill merupakan salah satu keterampilan mendasar yang sangat penting. Contoh yang baik dari keterampilan dan kualitas kepemimpinan adalah kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi, keterampilan analitis, kemampuan resolusi konflik, kreativitas dan pemikiran kreatif, keterampilan delegasi, fleksibilitas, dan kejujuran. Dengan memberikan contoh-contoh baik tersebut, Anda sudah dapat dikatakan memberikan pengaruh sekaligus memberikan contoh yang baik bagi rekan-rekan kerja Anda.

Keterampilan Manajemen Waktu
Keterampilan manajemen waktu yang baik berarti mampu mengatur, merencanakan, menjadwalkan dan memprioritaskan aktivitas sehari-hari. Dalam kesibukan kita, manajemen waktu adalah salah satu keterampilan manajemen bisnis yang paling efektif dan kunci  untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun, termasuk berbisnis.

Keterampilan Membangun Tim dan Mengatur Tim
Kemampuan untuk mengatur dan memimpin orang adalah keterampilan penting yang merupakan keharusan bagi setiap manajer bisnis yang baik. Membangun tim yang efektif dan berkinerja tinggi adalah dasar dari setiap perusahaan dan pertumbuhan bisnis. untuk membangun dan mengatur tim yang perlu Anda lakukan adalah lakukan dengan percaya diri, senantiasa mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar Anda, sabar dalam menghadapi tim, serta selalu memberikan semangat dengan begitu Anda dapat berkolaborasi dengan baik dengan tim Anda.

Menetapkan Tujuan
Bagaimana menetapkan dan mencapai tujuan bisnis adalah pertanyaan penting untuk setiap pelaku bisnis yang baik. Menentukan prioritas, task management, dan berani mengambil keputusan merupakan sebuah tindakan yang tepat untuk bisa menetapkan goal yang ingin dituju.

Project Management Skills
Sebagai seorang manajer, Anda harus menjalankan berbagai proyek bisnis di berbagai bidang. Keterampilan manajemen proyek adalah di antara keterampilan manajemen bisnis yang paling efektif yang meliputi: kemampuan untuk memantau, mengevaluasi, menganalisis, merancang, mengembangkan, dan menerapkan.

Pengetahuan Mengenai Keuangan
Pengetahuan keuangan adalah suatu keharusan dalam daftar keterampilan manajemen bisnis. Jika Anda ingin menjalankan bisnis yang sukses baik itu nasional maupun internasional, Anda harus mengenal banyak indikator keuangan, metrik, dimensi, dan variabel.

Pengetahuan Hukum Bisnis
Anda perlu mengetahui berbagai hukum bisnis dasar sebelum memulai bisnis. hal tersebut akan membantu Anda mengelola seluruh bisnis Anda. Anda juga harus memahami beberapa aturan dasar dan utama yang terkait dengan persyaratan perpajakan, struktur bisnis, hubungan industrial, kebijakan PPN nasional dan internasional, dan banyak lagi.

Jadi, apakah Anda sudah menguasai semuanya?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *