Memiliki nilai engagement yang tinggi adalah salah satu tanda banyak yang mengetahui akun tersebut. Mengapa? Hal itu dikarenakan nilai engagement adalah nilai yang menunjukkan tingkat interaksi. Oleh karena itu, semakin tinggi nilai engagement, maka semakin tinggi pula interaksi yang terjalin. Dengan tingginya interaksi, artinya banyak juga yang ikut berpartisipasi dalam interaksi tersebut.

Banyak sekali yang memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan nilai engagement mereka dalam strategi manajemen media sosial yang dibuat. Oleh karena itu, manajemen media sosial tidak bisa sembarangan dan harus dipikirkan matang-matang supaya nilai engagement pun tinggi.

Jika Anda baru pertama kali melakukan ini, memasukkan konten-konten yang sudah pasti meningkatkan nilai engagement adalah hal yang wajar. Berikut adalah beberapa konten tersebut:

Konten Kontroversial

Konten-konten dengan tema yang kontroversial sudah dipastikan akan menggaet banyak sekali engagement. Konten kontroversial bukanlah konten yang memuat SARA atau menyatakan dukungan Anda pada sesuatu. Yang terpenting adalah Anda tema yang diangkat, bukan bagaimana Anda memancing mereka untuk lalu menjadi emosi. Itu bukanlah engagement yang baik. Anda bisa membuat konten itu senetral mungkin tanpa melibatkan emosi atau opini Anda di dalamnya. Misalnya menggunakan foto yang menggambarkan kontroversi lalu, setelahnya, Anda bisa menggunakan kalimat tanya seperti “Bagaimana menurut kalian?” untuk memancing mereka berkomentar di caption Instagram. Dengan begitu, nilai engagement pun tinggi namun Anda tidak mencoreng nama akun Anda sendiri.

Konten dengan “Call to Action” yang Menarik

Call to action adalah sebutan untuk kalimat yang mengajak audiens untuk berinteraksi dengan konten. Contohnya adalah meminta mereka untuk menuliskan opini atau jawaban mereka tentang pertanyaan yang diajukan di konten tersebut, ajakan untuk membeli, dan lain sebagainya. Biasanya, kalimat yang sering muncul adalah “Jangan lupa like!” atau “Coba tag temanmu yang suka kayak gini!” Pasti Anda sendiri pun sering melihat kalimat-kalimat serupa. Kalimat inilah yang nantinya akan menambah nilai engagement karena, jika kontennya sesuai, audiens pun akan melakukan hal tersebut.

Contohnya, jika Anda memiliki bisnis jual-beli baju perempuan, Anda bisa membuat konten tentang perempuan yang bingung memilih baju padahal ia punya banyak pilihan. Lalu Anda meminta audiens untuk me-mention temannya yang sering memiliki keadaan yang sama.

Konten Trend

Konten yang sedang hangat dibicarakan juga mampu mendongkrak engagement Anda. Salah satu cara mendapatkan konten yang sedang trend adalah dengan menggunakan fitur search di Instagram. Dengan fitur ini, Instagram secara otomatis akan menampilkan konten yang sedang trend dan relevan dengan akun Anda. Bisa juga dengan menemukan konten-konten trend lainnya lewat mesin pencari atau media sosial lainnya. Konten yang sedang trend ini akan cepat menyebar terlebih bagi follower yang benar-benar tidak tahu akan info tersebut.

Konten dari Followers Anda (Repost)

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menyusun strategi manajemen media sosial adalah interaksi dengan audiens. Semakin sering berinteraksi dengan audiens, maka audiens Anda pun akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, interaksi dengan audiens sangat penting dilakukan. Interaksi tersebut bisa berupa membalas komentar, memberikan like, dan merepost konten yang berhubungan dengan brand Anda. Misal, jika ada seorang audiens yang juga seorang customer dan mereka memposting barang yang ia beli dari Anda, maka, silakan repost konten tersebut di akun Anda dengan mengucapkan terima kasih. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan akhirnya akan meninggalkan komentar sebagai balasan lagi. Belum lagi jika mereka memutuskan untuk merepost kembali pada audiensnya sendiri. Itu akan menghasilkan efek domino yang baik bagi engagement akun Anda. Sekaligus, konten tersebut bisa menjadi testimoni yang berguna bagi calon customer Anda.

Itu adalah empat konten yang dapat meningkatkan nilai engagement di Instagram. Konten-konten ini tentu tidak bisa sembarangan dikelola. Walaupun mudah, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Salah-salah, Anda malah kena masalah karena tidak berhati-hati seperti menyampaikan informasi yang salah dan sebagainya. Jika Anda memang membutuhkan bantuan untuk mengelola konten media sosial Anda, Anda bisa menghubungi social media specialist kami di Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *