Zaman sekarang, pemasaran secara digital adalah hal yang lumrah bahkan diharuskan mengingat teknologi berkembang pesat sehingga penggunaan media digital ikut berkembang. Apalagi, di era pandemi, penggunaan digital bagaikan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dengan melakukan pemasaran secara digital akan sangat menguntungkan.

Namun, sering kali pebisnis tidak melakukan pemasaran digital dengan benar. Hal ini menyebabkan beberapa masalah yang berujung dengan kerugian yang harus ditanggung oleh pebisnis. Salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan digital yang tidak maksimal. Sehingga, terkadang, biaya yang dikeluarkan terlalu besar namun hal yang dilakukan tidak mengikuti pengeluaran tersebut dan menghasilkan pemasaran yang sia-sia.

Padahal, jika dilakukan dengan benar, pemasaran digital bisa dikonversikan menjadi uang dengan cara yang mudah. Ada tiga langkah utama yang harus dilakukan, yakni:

Merencanakan Pemasaran Digital

Perencanaan pemasaran ini harus dilakukan dengan benar. Anda, sebagai pemilik bisnis, harus bisa membagi-bagi rencana yang perlu dilakukan serta usaha atau sumber daya yang diperlukan agar mencapai target. Beberapa contoh rencana yang bisa Anda lakukan adalah penggunaan Ads atau iklan, SEO, Artikel, dan Media Sosial

Ads atau Iklan

Ads atau iklan ini Anda bisa pasang dimana saja yang menurut Anda cocok dan menguntungkan. Beberapa diantaranya adalah Google, Instagram, dan Facebook. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika sudah menentukan tempat pemasangan Ads, barulah Anda membuat rencana usaha dan sumber daya yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan (Ads), yakni uang karena Anda harus menyewa space di website-website tersebut. Biasanya, layanan Ads akan membantu Anda menentukan bagaimana Ads Anda dipasang. Baik lamanya Ads tayang dan apa saja yang Anda inginkan muncul di Ads tersebut

SEO

Selain Ads, Anda juga butuh SEO yang baik. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara memasukkan kata kunci yang diinginkan ke sebuah tulisan atau website. Dalam merencanakan SEO, Anda harus menentukan minimal 3 kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda untuk digunakan. Misal, jika Anda memiliki bisnis penerjemah di Jakarta, maka Anda bisa memasukkan kata kunci “penerjemah tersumpah Jakarta”, “penerjemah terpercaya”, dan “penerjemah Indonesia-Inggris”. 

Anda juga tetap bisa menambahkan kata kunci lain untuk dimasukkan ke sana. Ketiga kata kunci ini nantinya Anda bisa masukkan ke dalam mesin pencarian agar website Anda bisa keluar saat ketiga kata kunci tersebut dicari di mesin pencarian seperti Google. Pastikan juga bahwa ketiga kata kunci itu benar ada di website Anda. Namun, layanan tersebut tidak akan gratis sehingga Anda perlu mengeluarkan uang untuk itu.

Artikel

Hal lain yang perlu direncanakan adalah penulisan artikel. Mungkin menurut Anda artikel tidak begitu membantu dalam memasarkan bisnis Anda secara digital. Namun, nyatanya, artikel akan membantu SEO Anda. Semakin teratur Anda menulis artikel di website Anda, maka semakin sering juga website Anda muncul di mesin pencarian. Dengan begitu, akan semakin banyak juga yang akan melihat website Anda di mesin pencarian dan datang ke website Anda. Jadi, akan banyak yang tahu tentang website Anda dan tentunya bisnis Anda pula. Artikel juga bisa menjadi alat promosi bagi Anda. Anda bisa menuliskan berbagai macam hal tentang bisnis Anda atau hal-hal yang berhubungan dalam artikel untuk mempromosikan bisnis Anda.

Social Media

Media sosial adalah hal yang paling berpengaruh dalam dunia digital dan daring. Pengguna media sosial bertambah setiap hari. Media sosial juga menghubungkan yang jauh sehingga jangkauan bisnis Anda akan semakin luas. Contohnya Anda memiliki bisnis di Jakarta, namun mungkin calon pelanggan Anda berada di Kalimantan. Berkan media sosial, hal itu bisa saja terjadi dengan mudah. Oleh karena itu, penggunaan media sosial akan sangat menguntungkan bagi Anda. Untuk merencanakan penggunaan media sosial, Anda bisa mulai dengan menjadwalkan postingan Anda di media sosial perbulan. Misalnya 3 kali seminggu Anda rutin memberikan postingan baru di media sosial Anda. Jadi, Anda harus membuat 12 konten setiap bulannya. Seperti membuat artikel, semakin rutin Anda membuat konten di media sosial maka akan semakin banyak audiens Anda karena orang biasanya mencari bisnis yang rutin menunjukkan aktivitasnya di media sosial.

Tentukan Arah Audiens

Setelah merencanakan pemasaran digital, Anda perlu menentukan kemana Anda ingin membawa audiens Anda. Sebagai contoh adalah website. Website Anda memuat segala hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dalam website, audiens Anda dapat melihat dan mengerti tentang profil bisnis Anda. Anda sangat diwajibkan memberikan informasi selengkap-lengkapnya dalam website Anda. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa membagi dua halaman utama, yakni homepage dan landing page.

Dalam homepage, Anda memasukkan informasi-informasi yang lebih mendetail seperti produk yang Anda tawarkan, Tentang Kami, dan Testimonial. Sedangkan dalam Landing Page, Anda lebih mengedepankan pemasaran seperti Produk, Cerita Kita, dan Mengapa harus Kami.

Gunakan Sales Funnel

Audiens sekarang berada di website Anda. Mereka akan membaca-baca tentang bisnis Anda dan produk yang Anda tawarkan pada mereka. Dari situ, Anda bisa melihat apakah rencana Anda sudah optimal untuk mengkonversi pemasaran digital Anda menjadi uang. Untuk itu, Anda perlu memaksimalkan fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya dalam Homepage dan Landing Page.

Oleh karena itu, banyak bisnis yang akhirnya memilih untuk menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya. Salah satunya adalam Melon Branding Agency yang memang berkecimpung di dunia ini. Dengan pengalaman yang banyak, Melon Branding Agency telah berhasil memaksimalkan rencana-rencana terbaik untuk brand Anda agar Anda bisa mengubah pemasaran digital menjadi uang. 

Jika Anda butuh bantuan untuk membantu Anda mengubah pemasaran digital menjadi uang atau membutuhkan bantuan dan saran untuk mengelola konten media sosial Anda, Anda bisa menghubungi social media specialist kami di Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *