Usaha merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan manusia, organisasi, dan masyarakat secara luas dengan membuat sebuah produk, jasa, pemasaran, dan pengembangan produk sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang lebih tinggi. Setiap orang dapat menjalankan atau membuat usaha bahkan bisnisnya sendiri. Dengan kata lain seseorang tersebut berani untuk melakukan suatu usaha dengan kemampuan yang ia miliki. Usaha tidak selamanya besar, hal kecil pun dapat dikatakan usaha. Setiap dari kita pasti ingin memiliki usaha yang berkembang pada masa pandemi ini. Namun, terdapat beberapa masalah yang tidak dapat dihindari selama pandemi ini, seperti masalah finansial, SDM dan manajemen, serta inovasi dan teknologi. Agar usaha berkembang pesat terdapat lima faktor yang penting untuk kita simak.

Analisis Usaha Terlebih Dahulu

menganalisis usaha perlu dilakukan agar rencana yang ditetapkan berjalan dengan lancar

(sumber: Pexels)

Analisis usaha terlebih dahulu penting dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pesaing usaha. Kamu dapat mengamati dan melakukan analisis sebelum memutuskan untuk membangun atau mengembangkan usaha kedepannya. Hal ini dapat membantu kamu dalam menangani kelemahan-kelemahan yang telah dianalisis sebelumnya, sehingga menjadi kekuatan dalam mengembangkan usaha. Setelah melakukan analisis, kamu dapat fokus dan mengembangkan usaha kamu lebih tinggi. 

Dengan melakukan inovasi atau perubahan menarik yang memudahkan konsumen atau target dalam membeli dan mengakses maka usaha kamu perlahan akan lebih tinggi. Analisa semua masukkan dan kritik, jangan coba-coba untuk melewatkan tahap ini ya.

Deskripsi Usaha Jelas; Memiliki Rencana Usaha

menggambarkan usaha yang kita miliki juga bertujuan agar bisnis dinilai kredibel

(sumber: Unsplash)

Data yang telah dianalisis sebelumnya dapat memudahkan kamu dalam menentukan konsep seperti apa yang ingin kamu terapkan dalam menjalani dan mengembangkan usaha. Kamu harus mendeskripsikan dengan jelas produk atau jasa apa yang ingin kamu perkenalkan kepada masyarakat. Keuntungan atau kenikmatan seperti apa yang ingin kamu tawarkan. Sasaran usaha seperti apa yang ingin kamu terapkan, dan lebih baik lagi jika terdapat tujuan dari produk atau jasa yang sedang kamu kembangkan. Sehingga masyarakat akan lebih tertarik dan melihat nilai dari tujuan yang kamu paparkan.

Kamu juga dapat merancang usaha kamu sesuai dengan keinginanmu. Namun, jangan biarkan usaha kamu tidak berjalan sesuai rencana, yang dapat memberikan dampak negatif terhadap konsumen bahkan terhadap usaha kamu sendiri. 

Kualitas Produk dan Jasa
produk dan jasa harus memiliki kualitas yang baik

(Sumber: Pexels)

Ketika kamu menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat janganlah memiliki kualitas yang standar atau pada umumnya. Tetapi pilihkan kualitas yang paling tinggi untuk produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Sehingga produk atau jasa tersebut bisa melekat pada hati konsumen. Hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat membuat usaha kamu berkembang tanpa kamu sadari. Namun, jangan melupakan biaya produksi yang pastinya memberikan keuntungan bagi usaha kamu.

Memiliki Laporan Keuangan

laporan keuangan berfungsi agar keuangan perusahaan tetap on-track

(Sumber: Pexels)

Laporan keuangan ini bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan suatu usaha yang dapat dilihat dengan meneliti arus keuangan secara baik. Laporan keuangan harus dibuat secara jelas dan enak dipandang. Laporan keuangan ini nantinya juga akan menentukan strategi apa yang bisa kamu pakai untuk mengembangkan usaha kamu. 

Strategi pemasaran: faktor yang mendukung promosi semakin menarik di media sosial

marketing strategy sebagai bentuk promosi di dunia digital

(Sumber: Unsplash)

Rencana dan strategi sangatlah penting untuk membuat usaha berkembang pesat. Strategi ini tidak memiliki rumus yang pasti, sangat beragam. Kamu juga harus menyesuaikan dengan produk atau jasa apa yang ditawarkan, harga, tempat, dan promosi apa yang ingin kamu terapkan. Strategi pemasaran juga harus logis dan tersusun dengan baik. Pada zaman yang terus berkembang dan masa pandemi ini, promosi melalui media sosial adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Ada beberapa faktor yang mampu mendukung promosi semakin menarik untuk media sosial

 

Strategi dalam membuat promo yang affordable

Kemudahan dalam pemesanan produk atau jasa

Segi desain yang menarik 

Branding yang kuat 

Demikian, mengembangkan usaha memang membutuhkan usaha bahkan modal yang lebih. Sudahkah mengembangkan usahamu dengan baik? Hubungi email kami cs.melonbranding@gmail.com untuk membantu kamu mengembangkan usaha di tengah pandemi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *