Mengapa Social Media Perusahaan Harus Diperhatikan?

Mengapa Social Media Perusahaan Harus Diperhatikan?

Berdasarkan data terbaru dari We Are Social – HootSuite, terdapat sekitar 175,4 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 ini. Angka tersebut meningkat sebesar 17% dari tahun sebelumnya.  Ini artinya, 64% dari populasi di Indonesia sudah akrab dengan internet.

Apa Artinya bagi Pengusaha?

Tren di dunia maya selalu dinamis, dan dunia usaha harus mengikutinya kalau tidak mau tergerus zaman. Inilah mengapa, saat ini sudah banyak perusahaan yang menambahkan strategi pemasaran digital di bisnisnya. Selain bisa merepresentasikan bisnisnya secara online, teknik pemasaran tersebut juga bisa mencakup pasar yang lebih luas.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan manajemen sosial media yang terencana dengan baik. Lalu, apakah sosial media hanya bisa digunakan untuk sarana pemasaran? Berikut adalah fungsi lainnya:

●       Promosi Produk atau Perusahaan

Sosial media membuat promosi produk menjadi lebih mudah. Dengan representasi yang baik melalui media teks dan gambar, pelanggan bisa berkenalan dengan produk Anda—hanya dari sentuhan di smartphone!

Untuk menciptakan promosi online yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa manajemen sosial media seperti yang ditawarkan oleh Melon Branding Agency. Dengan pengalaman di bidangnya, Melon Branding Agency akan membantu Anda membangun image secara online dan melakukan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

●       Berkomunikasi dengan Pelanggan

Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan adalah salah satu cara untuk membuat usaha Anda terus berkembang. Melalui media sosial, Anda bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan dan mencatat segala hal yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

Di halaman media sosial, terdapat kolom komentar yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk menyampaikan keluhan atau saran yang bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk memperbaiki layanan.

Dengan begitu, manajemen media sosial mendekatkan jarak antara konsumen dan perusahaan sehingga tercipta sebuah engagement atau keterlibatan. Konsumen yang merasakan keterlibatan dengan sebuah produk atau perusahaan cenderung menjadi pelanggan tetap dan merekomendasikannya kepada orang lain.

●       Berbagi Informasi yang Berkaitan dengan Produk

Tanpa adanya komunikasi dan interaksi, sebuah produk bisa saja tidak dimengerti oleh konsumen—salah cara pakai, dianggap kurang berfungsi, dan lain-lain. Nah, melalui media sosial, perusahaan bisa berbagi informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan produk.

Di sisi lain, jika perusahaan bergerak di bidang jasa, Anda bisa berbagi informasi mengenai tips atau informasi menarik tentang berbagai hal. Pada akhirnya, konsumen tertarik untuk tetap mengunjungi halaman media sosial perusahaan bukan hanya untuk melihat produk, tetapi juga untuk mendapatkan informasi berguna.

 

Media Sosial: Hal Pertama yang Dituju untuk Mencari Informasi

Hal Pertama yang Dituju untuk Mencari Informasi - Sumber Gambar: pixabay.com

Dengan semakin tingginya pengguna internet, semakin banyak pula konsumen yang memilih media sosial sebagai sumber informasi. Misalnya saja, seseorang ingin mengetahui produk terbaru dari perusahaan Anda, ia mungkin akan masuk ke Instagram untuk mencari tahu. Inilah mengapa, penting untuk sebuah perusahaan memiliki representasi online yang tertata dengan baik.

Diambil dari data yang dirilis oleh We Are Social pada awal tahun 2020, berikut adalah urutan teratas 5 platform media sosial yang paling sering digunakan oleh pengguna internet di Indonesia.

  1. YouTube
  2. WhatsApp
  3. Facebook
  4. Instagram
  5. Twitter

Meski memiliki fungsi yang berbeda, semuanya bisa menjadi sarana pemasaran melalui manajemen sosial media yang terencana. Tidak jarang, satu perusahaan memiliki akun di semua platform tersebut untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan berinteraksi dengan dinamika pelanggan yang berbeda.

 

Manajemen Sosial Media: Bagaimana Cara Terbaik?

Manajemen Sosial Media
Manajemen Sosial Media: Bagaimana Cara Terbaik? - Sumber Gambar: pxhere.com

Tentu saja, untuk mengelola banyak akun pada platform media sosial dibutuhkan strategi yang konsisten. Selain konten yang harus dipersiapkan, sebaiknya perhatikan juga mengenai waktu mengunggah konten dan interaksi yang terjadi setelahnya. Secara umum, manajemen sosial media harus memperhatikan hal-hal berikut:

●       Konten Menarik

Siapkan konten—bisa berupa teks, gambar, atau video—yang dikemas secara menarik. Lebih jauh lagi, konten tersebut harus bisa digunakan untuk membangun brand image dan brand awareness. Dengan kata lain, konten dipersiapkan untuk memperkenalkan produk perusahaan Anda dan membuat klien tertarik untuk menggunakannya.

●       Waktu yang Tepat

Masing-masing platform memiliki tingkat aktivitas yang berbeda. Misalnya saja, Instagram lebih ramai dibuka oleh pengguna pada pukul 16:00 – 17:00 WIB setiap hari, sementara aktivitas di Twitter lebih tinggi pada pukul 12:00 – 14:00 WIB. Hal ini tentu berpengaruh pada seberapa luas jangkauan konten Anda pada saat diunggah ke platform media sosial.

●       Interaksi dan Komunikasi

Pengguna internet akan senang berinteraksi melalui kolom komentar dan fitur pesan pribadi. Untuk itu, Anda harus menciptakan komunikasi yang menarik melalui pertanyaan, survei atau polling, kuis, hingga giveaway. Tanggapi komentar dan respons untuk membangun keterikatan dan keterlibatan pengguna platform dengan produk Anda.

Salah satu karakteristik umum yang ada pada pengguna internet adalah mereka menjelajah media sosial untuk mendapatkan informasi terkini. Inilah mengapa akun media sosial perusahaan harus selalu up to date dan menarik. Bukan hanya menjaring ketertarikan secara online, strategi pemasaran dan manajemen media sosial tentu saja akan meningkatkan penjualan atau dikenal juga sebagai konversi, yaitu perpindahan pengguna internet menjadi pelanggan perusahaan.

 

Bekerja dengan Para Profesional

Bekerja dengan Para Profesional - Sumber Gambar: pixabay.com

Untuk melakukan manajemen sosial media memang dibutuhkan keahlian dan strategi khusus. Kalau perusahaan Anda baru saja terjun ke dunia digital dan belum mendapatkan hasil yang diharapkan, mungkin sudah saatnya Anda bekerja dengan ahlinya di Melon Branding Agency.

Berdiri sejak tahun 2013, Melon Branding Agency sudah berpengalaman dalam membangun merek dan image perusahaan secara digital dan online. Karena bekerja dalam tim, Melon Branding Agency bisa menyesuaikan kebutuhan manajemen sosial media Anda: brand image yang mau ditampilkan, mengemas representasi produk dengan menarik, melakukan strategi pemasaran, memilihkan platform yang tepat, hingga mengelola akun secara konsisten.

Jadi, Anda bisa berfokus pada pengembangan produk atau jasa yang ditawarkan. Mau memulainya sekarang? Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Melon Branding Agency di 083878014025.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *