Maraknya bisnis yang dijalankan melalui digital menjadikan optimasi SEO standar adalah sebuah keharusan. Namun, di masa pandemi ketika consumer behaviour mengalami perubahan yang signifikan, memanfaatkan SEO lokal tidak ada salahnya. Seperti namanya, SEO lokal merupakan strategi mengoptimalkan mesin pencari yang dilakukan secara lokal. Ini artinya, konsumen yang berada di area tertentu atau di sekitar kita memiliki andil dalam mencapai kesuksesan SEO lokal. Saat ini, banyak bisnis sudah lebih memperhatikan secara strategis dan seksama perihal optimasi SEO lokal baik itu dari segi local pack dan local organic search.

Sebelum masuk lebih jauh, apa itu local pack dan local organic search di dalam SEO lokal? Melansir The Media Captain, local pack adalah bagian dari pencarian Google yang berada di paling atas halaman dan biasanya menampilkan daftar lokal bisnis berdasarkan pada kata kunci yang kita masukkan—biasanya menjadi bagian dari Google My Business.

local pack as seo local element

Sementara, local organic search adalah daftar website dan judul konten secara general yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan.

local organic seo is important

Menurut data dari Local Search Ranking Factors Survey, pada 2020 lalu Google My Business dan review menjadi salah satu faktor berkembangnya SEO lokal dari segi local pack (paket lokal). Sementara, dari segi local organic search, aspek on page dan link adalah yang paling penting. Untuk itulah, di dalam SEO lokal, peran review positif dari audience mampu memberikan dampak yang baik bagi kredibilitas dan visibilitas bisnis kita. Seperti yang dikatakan oleh Adan Audette, seorang pakar search marketing.

adam aduette, search engine marketing expert

"The days of SEO being a game outsmarting algorithm are over. Today content strategy and valuable, sustainable strategies are essential, not just tricks and links."

Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan SEO lokal.

Pertama, daftarkan bisnis kita di Google My Business. Aset digital yang satu ini wajib menjadi direktori online yang saat seseorang mencari tahu tentang bisnis kita. Seperti halnya sebuah profil bisnis, kita harus menyiapkan informasi secara benar. Hindari mencantumkan informasi yang rancu, tidak ter-update, atau bahkan tidak valid. Di dalam halaman Google My Business, sudah tersedia semua informasi yang dibutuhkan pencari, sebut saja alamat, review, nomor telepon, hingga e-mail. Terlebih lagi, Google My Business juga sudah terintegrasi dengan Google Maps—sehingga memudahkan kita untuk melihat detail alamat kita melalui peta.

Kedua, tulislah ulasan positif di akun Google My Business. Untuk yang satu ini, kita bisa meminta kerabat, karyawan, atau klien bisnis untuk memberikan ulasan yang positif dan jujur terhadap bisnis. Selain mampu meningkatkan kredibilitas kita, tentunya orang-orang juga akan mempercayai bahwa website kita memang terpercaya dan bermanfaat. Bukan hanya ulasan, kita juga bisa memberikan penilaian melalui bintang 1 s.d. 5.

Ketiga, tambahkan foto untuk ditampilkan di Google My Business. Menurut studi dari Australian National University pada 2018, orang akan lebih percaya informasi jika itu dibuktikan dengan adanya foto. Sebut saja, jika ada salah satu ulasan tertulis mengenai kondisi fisik dari perusahaan atau bisnis kita yang dikatakan nyaman tapi berdasarkan foto tidak demikian, orang cenderung tidak ingin percaya. Maka dari itu, sebisa mungkin tampilkan foto sejelas mungkin yang mencerminkan keadaan bisnis yang sebenarnya.

Keempat, masukkan konten berbau lokal. Anggap saja saat ini kita melakukan strategi SEO lokal, tapi website yang kita miliki tidak ada kaitannya dengan lokal atau bahkan kata kunci “lokal” pun tidak ada. Jangan sampai ini terjadi! Siapkan dahulu konten atau artikel yang berkaitan dengan lokal, misalnya jika bisnis kita adalah coffee shop, tulislah artikel yang menjelaskan bahwa kita merupakan coffee shop khas lokal. Perbanyak kata kunci seperti “coffee shop lokal”, “coffee shop daerah”, atau “coffee shop (nama daerah)”.

Kelima, dapatkan backlink dari situs terpercaya dan berkualitas. Backlink adalah link yang dicantumkan pada website lain yang mengarah pada situs kita dan menjadi faktor SEO terpenting. Biasanya, backlink ini dimasukkan pada website yang memang memiliki kredibilitas dan dipercaya oleh banyak orang. Beberapa situs backlink antara lain: Linkedin, Facebook, Instagram, atau Quora. Coba bayangkan ketika pengunjung website A sedang mengunjungi website tersebut dan melihat ada backlink ke arah website kita, pastinya trafik akan meningkat.

Bisnis kamu membutuhkan optimasi SEO lokal untuk meningkatkan trafik dan mendorong penjualan? Hubungi kami sekarang juga melalui e-mail cs.melonbranding@gmail.com atau follow Instagram @melonbranding!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *