Sistem identitas merupakan pedoman bagi suatu perusahaan atau entitas apapun dalam menerapkan konsistensi identitas. Selain fungsi tersebut, juga memiliki peran yang lebih mendasar yakni sebagai alat yang memvisualisasikan citra perusahaan dalam satu kesatuan yang utuh. Sangat penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan semua aspek brand mereka melalui pedoman perusahaan. Hal ini dapat memberikan informasi bagaimana merepresentasikan brand dimanapun dan dapat diberikan kepada siapapun yang bekerja atas nama brand tersebut. Pedoman identitas perusahaan berfungsi sebagai landasan utama untuk menciptakan konsistensi pada sebuah brand.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

Logo guidelines
Bagian pedoman ini akan menunjukkan logo treatments dalam berbagai penggunaan, seperti gambar profil sosial, ikon, atau opsi warna, termasuk hitam dan putih dan opsi sebaliknya jika brand Anda mengizinkannya.

Size
Aturlah standar ukuran logo minimum untuk media yang berbeda. Pada ukuran terkecil, usahakan semua tulisan yang terdapat pada logo harus tetap dapat terbaca.

Ruang di sekitar logo
Ruang kosong atau bagian putih minimum yang ada di sekitar logo dan yang diperlukan di sekitar logo biasanya didefinisikan sebagai the x height dari logo. Ruang kosong atau ruang putih ini juga perlu diperhatikan.

Warna
Tetapkan dan pastikan ciri khas warna dari brand Anda. Anda bisa mencarinya dengan mengecek psikologi warna dan mencocokan karakter brand Anda dengan warna-warna yang akan Anda pakai.

Gambar
Jenis gambar, kualitas, variasi warna, dan nuansa harus dimaksudkan dan dijelaskan dalam pedoman brand Anda. Anda juga perlu mengidentifikasi perlakuan tertentu yang disukai dari fotografi seperti apakah pesan yang ingin brand Anda sampaikan dapat ditempatkan di atas gambar tersebut atau tidak.

Font
Font harus dicantumkan untuk digunakan dalam logo Anda dan untuk digunakan pada semua materi lain di semua media. Anda dapat menentukan ukuran dan jarak spasi yang dibutuhkan antara headline dengan isi paragrafnya.

Nada dan suara
Untuk mendapatkan pesan yang konsisten di seluruh materi branding Anda, penting untuk menjelaskan nada atau suara yang akan digunakan dalam semua tulisan. Apakah Anda akan menggunakannya secara formal, semi-formal, santai, atau yang lain. Gunakanlah nada dan suara terseut secara konsisten untuk menunjukan sisi profesional dan kekonsistenan pada brand Anda.

Template email
Email memiliki serangkaian persyaratan mereka sendiri dan hal tersebut perlu menjadi standar pada perusahaan Anda yang mencerminkan brand Anda.

Iklan cetak
Pada iklan cetak ini Anda harus menentukan penggunaan font, ukuran, citra dan palet warna yang akan digunakan di dalamnya. Representasi visual yang mudah diingat dan dikenal sebagai brand Anda biasanya adalah yang paling baik.

Penggunaan web
Penting untuk memastikan memecah palet warna Anda menjadi warna hex. Selain itu, Anda juga harus mengidentifikasi font yang aman untuk website perusahaan Anda berdasarkan pilihan font yang disetujui oleh perusahaan Anda.

Nah, itu dia 10 poin penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan Anda. Meskipun terkesan sederhana, namun poin-poin tersebut mempunyai dampaknya tersendiri bagi brand Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *