Pentingan Mana buat Website, Sosial Media atau Iklan?

Pentingan Mana buat Website, Sosial Media atau Iklan?

Di era serba digital ini, hampir semua hal dapat dilakukan dengan teknologi internet termasuk dalam mempromosikan serta menjual suatu produk atau jasa. Sudah mulai banyak usaha-usaha yang berkembang mengandalkan internet sebagai media dalam melakukan advertising maupun selling. Melakukan bisnis melalui media online dirasa lebih menghasilkan dan menguntungkan dibandingkan hanya berbisnis secara offline. Mengapa? Pada masa saat ini, semua orang dengan mudah mengakses berbagai hal yang ingin dicari melalui internet sehingga dapat lebih cepat mengetahui kebutuhan konsumen serta kebutuhan pasar. Lalu media online seperti apa yang sebaiknya digunakan?

  • Harus selalu update?

Pada sosial media rutin dilakukannya update-an untuk menyempurnakan fungsi dari sosial media tersebut yang berdampak pada keefisienan waku yang anda miliki dan juga memungkinkan informasi yang tertimpa jika tidak di update secara berkala. Hal ini juga berdampak pada penggunaan iklan dikarenakan kebanyakan iklan berada di dalam sosial media. Beda dengan halnya website karena website tidak perlu memerlukan update secara berkala.

 

  • Kemudahan pelayanan kepada pelanggan, feedback serta review

Dalam melakukan komunikasi kepada pelanggan tentu saja haruslah cepat dan tepat. Melalui sosial media dan website, komunikasi kepada pelanggan termasuk feedback dapat dijalankan secara cepat dan mudah karena ketika sebuah konten di posting seseorang langsung dapat memberikan pertanyaan/kritik/saran pada kolom komentar. Dengan begitu respon konsumen akan langsung terlihat sehingga bisa menjadi penilaian konsumen terhadap usaha anda. Disisi lain, iklan membantu menghilangkan perantara dengan membangun kontak langsung antara produsen dan konsumen yang memudahkan proses transaksi.

 

  • Kemudahan mendapatkan dan berbagi informasi secara detail dan cepat

Pada website, anda bisa menuliskan informasi mengenai jasa atau produk apa yang ingin ada pasarkan secara detail tanpa dibatasi sedangkan pada media sosial, dibatasi karena media sosial adalah salah satu cara berkomunikasi dalam metode singkat. Iklan juga dirasa dapat membagikan informasi secara cepat dengan memanfaatkan keindahan konten visual yang dibuat akan mendorong emosi rasa ingin tahu terhadap produk atau jasa yang di iklankan sehingga memancing para pengguna internet untuk melihat detail lebih mengenai produk atau jasa tersebut.

 

  • Biaya promosi

Diantara ketiga media online tersebut, sosial media lah yang menduduki posisi teratas dalam keefisienan biaya namun tingkat promosi terbatas dikarenakan promosi hanya berkisar pada satu sosial media itu saja. Berbeda dibandingkan dengan iklan yang berbayar namun dapat dijangkau dan dipromosikan oleh berbagai media online dan dipromosikan oleh berbagai pihak seperti paid promote. Serta website yang meskipun memakan biaya lebih namun dapat dijangkau dan mudah dicari di search engine.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *