Peran Penting Human Resources dalam Perusahaan

Peran Penting Human Resources dalam Perusahaan

Menurut HumanResourcesEDU.org, Human Resources atau HR adalah istilah untuk mendeskripsikan orang yang bekerja untuk perusahaan atau organisasi dan bagian yang bertanggung jawab dalam mengatur sumber daya yang berhubungan dengan pegawainya. Peran Human Resources dalam perusahaan biasanya terpusat pada bagian rekrutmen karyawan baru. Selain itu, HR juga untuk mengatur pelatihan bagi karyawan perusahaan tersebut. Intinya, peran Human Resources yang utama adalah bertanggung jawab dalam perkembangan sumber daya yang dimiliki untuk kepentingan perusahaan atau organisasi.

Namun, tidak hanya itu peran dari Human Resources. Ada banyak peran yang harus dilakukan oleh HR. Sleekr.co telah merangkum 4 peran Human Resources, diantaranya adalah:

Menjaga Identitas Perusahaan dari Karyawan yang Direkrut

Memilih kandidat karyawan terbaik adalah salah satu peran Human Resources. (Sumber: https://medium.com/)

HR bertugas dalam menentukan kualitas karyawan yang akan masuk ke dalam perusahaannya. Peran Human Resources inilah menentukan bagaimana perusahaan kedepannya. Tidak bisa seorang HR main merekrut seseorang. HR harus paham apakah seseorang cocok untuk bekerja di satu posisi atau tidak. Oleh karena itu, HR pun bertanggung jawab atas segala tes yang dilakukan untuk menguji kandidat karyawan yang mendaftar.

Tidak hanya masalah cocok dengan posisi, namun juga harus cocok dengan arus perusahaan. Tidak semua orang yang cocok dengan posisi yang ditawarkan bisa cocok dengan perusahaan itu sendiri. Apakah orang tersebut akan cocok bekerja di perusahaannya pun menjadi kewajiban HR untuk menilai.

Membuat Peraturan untuk Karyawan

Peraturan yang ada di perusahaan juga merupakan buah dari pekerjaan HR. (Sumber: https://theascent.com/)

Demi menjaga keteraturan dalam sebuah perusahaan, maka dibutuhkan peraturan untuk semua sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut. Disitulah HR dibutuhkan. HR yang akan membuat peraturan tersebut dengan tetap memperhatikan keperluan perusahaan serta karyawan. Tidak hanya membuat, HR harus senantiasa memperbarui peraturan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Selain membuat, peran Human Resources terhadap peraturan perusahaan pun berlanjut sampai menyebarkan peraturan tersebut. HR harus melakukan sosialisasi kalau ada peraturan baru yang berubah atau ditambahkan.

Menyebarkan Identitas Perusahaan pada Masyarakat

Kewajiban seorang HR adalah untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. (Sumber: https://accountingweb.com/)

Selain bekerja untuk bagian internal, HR juga memiliki tugas ke arah eksternal, yakni, masyarakat umum. Dengan menyebarkan informasi tentang perusahaan pada masyarakat, kandidat yang akan melamar di perusahaan tersebut akan meningkat. Jadi, sangat ditekankan untuk HR menyebarkan secara luas identitas perusahaan agar semakin banyak yang kandidat berkualitas yang melamar di perusahaannya.

Pengembangan Karakter Karyawan

Pelatihan karyawan juga merupakan peran Human Resources. (Sumber: https://sentralsistem.com/)

Karyawan adalah aspek penting yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu, HR dibutuhkan untuk mencari kandidat terbaik yang bisa diembankan tugas untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Namun, peran Human Resources tidak hanya sampai di situ. HR masih terus memiliki tanggung jawab atas karyawan tersebut.

Salah satunya adalah mengembangkan karakter karyawan tersebut. Karena zaman akan terus berkembang, maka mindset dan pengetahuan karyawan pun harus dikembangkan juga supaya tidak tertinggal. Dan peran Human Resources adalah menyediakan fasilitas tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan, Human Resources atau HR tidak hanya memiliki peran dalam merekrut karyawan baru, namun juga mengembangkan karakter para karyawan, menjaga identitas perusahaan dan menyebarkannya. Salah satu cara untuk menyebarkan informasi perusahaan yang mudah pada zaman ini adalah dengan memasarkannya lewat digital.

Hubungi Melon Branding Agency dan berkonsultasi dengan Account Executive khusus untuk Anda di 083878014025 untuk bertanya lebih lanjut tentang pemasaran perusahaan secara digital.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *