Identitas brand yang kuat bukan hanya tentang desain logo, situs web, atau kartu nama, ini adalah kombinasi antara visual dan strategi. Ini adalah tentang bagaimana Anda membangun strategi pada brand Anda, namun Anda sekaligus juga menawarkan pengalaman yang mengesankan untuk klien Anda.

Untuk itu Anda perlu ketahui 3 P yang akan membuat brand Anda semakin merokret.

Purpose (tujuan)
Tujuan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap bisnis, terutama bisnis Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, tentukan tujuan utama yang akan dilakukan dan di capai oleh brand Anda selama menjalankan bisnis tersebut. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan yang benar-benar mendefinisikan brand Anda. Jika Anda ingin membuat tujuan pada brand Anda, pastikan bahwa hal tersebut otentik dan berkelanjutan, karena salah satu hal terbaik tentang tujuan Anda adalah bahwa tujuan itu akan tetap bersama Anda dari waktu ke waktu. Jadi bagaimana Anda bisa memulainya? Be honest about what you are passionate about as a company.

Ingatlah apa tujuan utama yang mendasari brand Anda, dan apa nilai-nilai yang bisa brand Anda berikan? Jawabannya ada di tangan Anda.

Potential (potensi)
Anda harus mengetahui apakah brand yang Anda miliki mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi tujuan-tujuan luar biasa Anda, atau Anda harus mencari sumber daya lain untuk memenuhinya. Anda harus menganalisis potensi yang dimiliki oleh brand Anda.

Cari tahu berapa banyak yang diperlukan bagi Anda untuk menjadi pemimpin pasar dan berapa banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dengan mengetahui apa yang Anda miliki tersebut, Anda bisa mengembangkan potensi yang dimiliki oleh brand Anda, dan itu berarti Anda sudah berada selangkah lebih maju daripada sebelumnya, dan itu adalah hal yang bagus.

Promise (janji)
Sebuah janji adalah komitmen. Apa yang brand Anda janjikan merupakan suatu komitmen yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya oleh brand Anda. Konsumen saat ini membangun pemahaman mereka tentang brand berdasarkan ingatan yang mereka kumpulkan dari setiap interaksi dengan perusahaan tersebut. Jika Anda tidak memastikan bahwa Anda memenuhi janji brand Anda melalui setiap interaksi, maka Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mengembangkan customer yang kuat dan menguntungkan. Hal tersebut disebut sebagai brand promise.

Lalu apa yang dimaksud dengan brand promise?

Brand promise bisa dikatakan sebagai sebuah jaminan. Anda akan memberi tahu klien Anda mengenai apa saja nilai dan keuntungan yang dapat mereka harapkan saat membeli produk dan layanan Anda. Jadi kesimpulannya, janji perusahaan Anda harus berdasarkan dari tujuan brand Anda, terhubung dengan nilai-nilai yang brand Anda miliki, dan terinspirasi oleh visi dan misi perusahaan Anda, kemudian disampaikan dalam setiap interaksi yang Anda lakukan dengan klien Anda. Dengan begitu, klien Anda akan melihat brand Anda sebagai brand yang profesional dan dapat dipercaya untuk melakukan kerjasama.

Kini Anda telah mengetahui rahasia 3 P untuk membangun brand Anda. Sekarang saatnya action!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *