Di masa pandemi seperti saat ini memang membuat sebagian dari pengusaha UKM harus merasakan penjualan yang menurun cukup drastis. Munculnya pandemi ini tentu berdampak pada berbagai lini kehidupan, termasuk aktivitas para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah atau UKM. Kondisi seperti ini tentu saja menjadi suatu masalah baru bagi para pengusaha, terlebih yang menggantungkan ekonominya pada bisnis tersebut. Semuanya menjadi berubah, dan kita semua dituntut untuk bisa mengikuti perubahan yang ada. Tidak hanya pola kebiasaan kita saja yang berubah, namun dinamka bisnis pun ikut mengikuti arus perubahan yang terjadi.

Dengan adanya perubahan ini, atau yang saat ini disebut dengan new normal, kita harus bisa beradaptasi dengan cepat dan harus bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang saat ini ikut berubah.

Maka berikut ini akan kami berikan beberapa strategi pemasaran yang baru yang bisa Anda terapkan di masa pandemi seperti sekarang.

Safety First

Karena saat ini merupakan masa pandemi yang rawan, tidak sedikit orang yang menjadi ragu, khawatir atau bahkan takut untuk melakukan transaksi meskipun itu adalah transaksi online. Mereka khawatir barang akan yang mereka terima nantinya ternyata tidak bersih dan bisa saja menjadi perantara si virus. Maka dari itu, untuk meyakinkan pelanggan Anda bahwa produk-produk yang Anda berikan sudah terjamin kebersihannya, Anda harus meyakinkan pelanggan Anda dengan cara memperlihatkan prosedur keamanan dan kebersihan yang diterapkan di dalam bisnis Anda. Hal ini akan membuat pelanggan Anda percaya bahwa bisnis yang Anda lakukan memang menaati prosedur keamanan dan kebersihan yang berlaku.

Anda bisa membuat suatu postingan mengenai bagaimana cara Anda mengemas barang-barang yang akan dikirim ke pelanggan Anda. Anda dapat memperlihatkan bagaimana karyawan Anda menjaga kebersihannya dengan cara menggunakan masker dan sarung tangan saat mengemas paket-paket pelanggan Anda. Bagi Anda yang memiliki usaha F&B, Anda pun bisa memperlihatkan bagaimana persiapan tempat makan Anda sebelum buka, misalnya mengelap semua meja dan kursi, menyemprotnya dengan disinfektan, dan lainnya.

Memperlihatkan proses menjaga kebersihan saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat memberikan rasa percaya dan sekaligus rasa aman pada pelanggan-pelanggan Anda.

Maksimalkan Promosi Online

Karena pandemi ini, maka tidak sedikit toko-toko yang mengharuskan untuk berhenti beroprasi sementara. Namun karena kita tidak tahu sampai kapan situasi ini akan berlangsung, maka untuk mensiasatinya kita bisa memaksimalkan penjualan dengan cara online. Strategi pemasaran yang satu ini sebenarnya sudah cukup banyak dilakukan oleh beberapa pengusaha, namun karena adanya situasi pandemi saat ini, strategi pemasaran ini menjadi salah satu jalan keluar bagi para pebisnis agar bisnis mereka tetap bisa berjalan meskipun tidak beroperasi secara offline. Maksimalkan promosi secara online bisa dengan cara membuat promo-promo menarik pada marketplace milik bisnis Anda.

Selain itu, memaksimalkan promosi secara online juga bisa dari segi visualnya. Pemasaran ini mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen.

Baca juga: 3 Perubahan Marketing Setelah Pandemi

Tentukan Unique Value Proposition (UVP)

Unique Value Proposition (UVP) merupakan penjelasan mengapa bisnis yang Anda tawarkan itu unik, dan mengapa customer Anda harus memilih produk Anda dibanding produk yang ditawarkan oleh kompetitor Anda. Jadi, UVP ini dapat diartikan sebagai keunikan yang Anda unggulkan yang terdapat pada produk atau jasa yang Anda miliki.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa persaingan akan menjadi sangat berat di lapangan, maka luangkan waktu untuk menguraikan apa yang membedakan bisnis Anda dari para kompetitor. Langkah pertama dalam memasarkan bisnis secara efektif adalah memahami kemampuan dan kelebihan yang dimiliki bisnis Anda di dalam suatu industri. Miliki informasi sebanyak mungkin mengenai industri yang sedang Anda geluti.

Baca juga: Tonjolkan Bisnis Anda dengan Unique Value Proposition

Maksimalkan SEO

Dilansir dari Semrush terdapat lebih dari 3,5 miliar penelusuran Google per hari. Untuk mendapatkan peringkat yang cukup tinggi bagi calon pengunjung untuk menemukan konten Anda, Anda harus mengikuti aturan Google. Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan sepenuhnya konten Anda adalah dengan meningkatkan upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO). Untuk mencapai peringkat yang tinggi, 73% pemasar menggunakan alat SEO untuk memperbaiki konten mereka dan meningkatkan peringkat konten di Google.

Baca juga: SEO vs New SEO

Dengan adanya pandemi seperti yang saat ini terjadi, membuat dinamika bisnis pun jadi berubah, untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran baru yang sesuai dengan keadaan saat ini. Setelah kami menjabarkan beberapa strategi pemasaran baru saat menghadapi pandemi, kami berharap Anda dapat menerapkannya pada bisnis Anda dan memaksimalkan penggunaannya. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait, Anda bisa menghubungi Melon Branding di cs.melonbranding@gmail.com dan kunjungi kami di Instagram @melonbranding.  

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *