,

Tips Membangun Branding yang Kuat di Media Sosial

Tips Membangun Branding yang Kuat di Media Sosial

Tidak sembarang orang bisa melakukan branding dengan baik. Banyak yang tidak mengetahui dasar-dasar branding namun tetap memaksakannya. Padahal, branding adalah sesuatu yang sangat krusial dalam pertumbuhan sebuah brand. Salah strategi branding akan menyebabkan brand tersebut gagal. Oleh karena itu, mengetahui dasar branding akan sangat membantu Anda untuk membuat strategi branding yang lebih baik dan kemungkinan untuk membesarkan branding dengan strategi itu akan semakin besar.

Setidaknya ada tiga tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun branding Anda.

Ketahui Jenis Archetype

Archetype sendiri artinya adalah struktur, tema, atau karakter utama yang merepresentasikan diri seseorang, yang mempengaruhi cara individu mempersepsikan pengalamannya, yang menggambarkan kebutuhan dasar individu yang berusaha dipenuhi. Ada 12 jenis archetype, yakni innocent, orphan, warrior, caregiver, seeker, lover, outlaw, creator, ruler, magician, sage, dan jester. Dengan mengetahui archetype sendiri maka akan mudah untuk sebuah brand membangun diri sesuai dengan archetype masing-masing. Seperti mengetahui bagaimana brand voice, positioning dan aesthetic brand tersebut. Dengan begitu, maka proses branding pun akan sama di setiap media sosial. Warna, cara penulisan, foto dan lainnya akan dengan mudah disamakan karena telah mengenal archetype masing-masing. Jadi, dengan mengetahui archetype, maka akan lebih mudah untuk memilih strategi branding di media sosial.

Gunakan Metode 3x3 (3 Values dan 3 Pillars)

Setelah mengetahui brand archetype yang cocok dan memiliki arah yang tepat ingin dibawa kemana brand tersebut, tips selanjutnya adalah melakukan Metode 3x3. Metode ini akan membantu Anda untuk mengarahkan brand Anda dan tetap berada di jalan tersebut. Pada dasarnya, Metode 3x3 ini adalah saat Anda mengambil 3 brand values dan 3 content pillars dan menjadikan semua itu patokan untuk melakukan segala hal dengan brand Anda. Jadi, setiap hal yang dilakukan, seperti membuat konten, melakukan pemasaran, dan lainnya, akan kembali pada 3 brand values dan 3 content pillars yang telah Anda tentukan untuk brand Anda.

Buat Petunjuk Brand

Salah satu yang membuat audiens merasa tertarik dan akan mendapatkan penilaian terhadap brand Anda selayaknya yang Anda ingin mereka pikirkan adalah konsistensi. Konsistensi akan menjadi senjata yang sangat berguna bagi Anda untuk membuat brand Anda menyampaikan apa yang ingin Anda sampai dan audiens akan menerima sebagaimana yang ingin Anda sampaikan. Konsistensi ditunjukkan dengan cara Anda menyampaikannya, bagaimana isinya, nilai dari konten, bahkan sampai warna foto. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda membuat semacam petunjuk brand. Petunjuk brand adalah sekumpulan peraturan yang Anda bisa atur mengenai konsistensi brand. Isinya seperti warna palet brand Anda, bagaimana bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya. Ini akan membantu sekali jika Anda mempekerjakan orang lain untuk menangani berbagai macam hal dalam brand Anda. Mereka tidak akan kebingungan lagi untuk memilih warna dan gaya bahasa yang sesuai karena Anda sudah merangkumnya dalam petunjuk brand tersebut.

Membangun sebuah brand memerlukan strategi branding yang baik. Walau tidak semua orang bisa, namun Anda masih bisa belajar. Namun, jika Anda pikir mungkin lebih baik orang yang lebih ahli yang melakukannya atau membutuhkan bantuan dan saran untuk mengelola konten media sosial Anda, Anda bisa menghubungi social media specialist kami di Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *