Apa yang Anda harus lakukan setelah bisnis Anda dengan klien selesai?

Masih banyak yang bingung dengan apa yang harus dilakukan saat bisnis sudah selesai dilakukan dengan klien. Tidak ada kontrak baru dan lainnya membuat kita sebagai pelaku bisnis terkadang bingung bagaimana cara mengakhiri komunikasi yang sudah ada. Apakah hanya dengan ucapan terima kasih? Atau dengan tidak melakukan ucapan perpisahan apapun?

Sebenarnya, ada satu cara yang penting dilakukan sebelum berpisah dengan klien yang sudah tidak memiliki kontrak lagi. Hal ini bisa dinamakan sebagai "Goodbye Client" dimana bisnis akan memberikan beberapa ucapan untuk klien sebagai rasa terima kasih karena telah bekerjasama selama beberapa waktu. Bukan hanya ucapan terima kasih, Goodbye Client ini berisi beberapa macam ucapan termasuk kilas balik dan komentar mengenai kerja sama yang telah terjalin. Lebih lengkapnya adalah daftar berikut ini:

Thank You Message

Yang jelas dan pasti adalah ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih ini tentu berisi tentang rasa terima kasih Anda pada klien karena mereka mau bekerja sama dengan bisnis Anda. Tulislah dengan kata-kata yang tulus tanpa ada rasa menyinggung mereka.

Deliverables

Berikan semua data dan hasil dari kerjasama dengan klien Anda, termasuk dengan akun, password, dan files.

Resources

Anda bisa membagikan sumber-sumber penting yang berhubungan dengan klien Anda agar mereka bisa mencarinya sendiri di kemudian hari. Ini bisa menjadi hadiah yang akan membantu bagi mereka.

Troubleshooting

Mungkin selama bekerjasama Anda dan klien menemui beberapa kesulitan yang hanya bisnis Anda ketahui cara memperbaikinya. Oleh karena itu, silakan bagikan cara tersebut agar klien tidak kesulitan memperbaikinya sendiri.

Feedback Request

Klien Anda mungkin punya beberapa saran untuk bisnis Anda yang akan berguna di masa depan. Oleh karena itu, minta juga testimoni dari mereka di Goodbye Client ini.

Testimonial Request

Sebagai klien, mereka pasti punya kesan dan pesan terhadap bisnis Anda. Namun, Anda tidak akan tahu jika Anda tidak bertanya sendiri pada mereka.

Client Gift

Ini adalah opsional. Anda bisa memberikan kenang-kenangan manis pada klien sebagai ucapan terima kasih dan perpisahan.

Referral Program

Jika Anda memiliki program referral, maka masukkan juga ajakan untuk klien agar mereka ikut program tersebut di Goodbye Client.

Additional Services

Bagikan jasa-jasa lain yang bisnis Anda miliki pada klien melalui Goodbye Client ini. Hal ini berguna untuk mempromosikan jasa Anda yang lain semisal klien tersebut membutuhkannya.

Daftar tersebut akan sangat bermanfaat untuk Anda gunakan agar Anda dapat mengakhiri kerjasama dengan baik dan segala detail yang dicantumkan bisa menjadi data penting yang Anda simpan. Selain itu, dengan testimoni dan feedback, Anda akan punya bahan sendiri untuk memperbaiki bisnis Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *