Yuk, Terapkan 7 Tips Berikut agar Promosi Bisnismu di Instagram Berhasil

Yuk, Terapkan 7 Tips Berikut agar Promosi Bisnismu di Instagram Berhasil

Media sosial Instagram saat ini menjadi salah satu media promosi bisnis yang cukup menjanjikan. Bagaimana nggak? Dilansir dari NapoleonCat, salah satu perusahaan analis social media marketing asal Polandia, terdapat sebanyak 61.610.000 pengguna aktif Instagram per November 2019. Itu artinya, seperempat dari jumlah penduduk di Indonesia menggunakan Instagram.

Berdasarkan data tadi, bisa dibayangkan kan jika kamu memperkenalkan bisnismu lewat platform yang satu ini? Akan ada banyak audiens yang mengetahui produk yang kamu tawarkan. Tentunya, agar mereka mau menjadi pelanggan, strategi jitu harus kamu terapkan. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu coba lakukan di Instagram.

Tonjolkan branding pada profil

Foto: pexels.com

Konsep branding menjadi penting banget buat bisnis yang kamu jalankan. Bagaimana audiens bisa mempercayai bisnismu lewat branding? Salah satunya kamu bisa memaksimalkan profil Instagram. Jangan cuma membuat profil yang menonjolkan produk aja, tapi juga brand image secara keseluruhan. Di bagian bio, bisa digunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnismu. Gambarkan juga bisnismu secara singkat dan tepat. Terakhir, jangan lupa untuk selalu perhatikan bio agar up-to-date.

 

Matangkan konsep feed-mu

Foto: unsplash.com

Mau itu bentuknya foto atau video, feed yang kamu unggah haruslah kelihatan berkelas dan berkualitas. Gimana caranya? Kamu bisa pakai aplikasi khusus buat edit foto dan video biar hasilnya lebih bagus. Promosi bisnis boleh, tapi sesekali unggah konten yang berkaitan dengan produk, seperti tips, quotes, atau review. Jangan lupa masukkan logo brand-mu, ya!

 

Konsisten menggunakan hashtag

Foto: doofinder.com

Dengan kamu memanfaatkan hashtag di setiap posting-an, audiens bakal lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Makanya, kamu nggak boleh asal menaruh hashtag. Gunakanlah hashtag khusus brand-mu agar terlihat profesional. Cantumkan juga hashtag yang sesuai tren dan keadaan pasar. Biar nggak terlalu banyak, maksimal hashtag-nya adalah 30 buah.

 

Jalin komunikasi lewat mention

Foto: globallike.com

Kedengaran sih emang hal kecil, tapi dengan mention kamu bisa menjalin relasi dengan audiensmu. Saat mereka merespons feed yang kamu unggah, sebaiknya kamu merespons balik. Hal ini bisa membuat mereka merasa dihargai. Selain itu juga, kamu bisa mem-posting review dari pelanggan dan men-tag mereka.

 

Perhatikan platform lainnya

Foto: pixabay.com

Meskipun promosinya di Instagram, ada baiknya kalau kamu juga memperhatikan platform lainnya. Cantumkan link website, Facebook, Twitter, Youtube, LinkedIn, dan lain-lain. Dengan begitu, audiens bisa mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis yang kamu jalani. Nggak menutup kemungkinan dengan hal ini audiens akan jadi pelanggan setiamu, nih.

 

Tetap lakukan manajemen akun

Foto: mycustomer.com

Saat kamu lagi giat-giatnya promosi di Instagram, jangan lupa buat selalu mengecek “rumahmu”. Pastikan apakah Instagram jadi media yang berpengaruh buat bisnismu. Kalau iya, perhitungkan juga seberapa besar. Jika ingin lebih serius lagi, gunakan jasa influencer dan iklan.

Periksa juga apakah tampilan feed Instagram perlu diubah atau diperbaiki desainnya. Bio Instagram apakah harus diedit lagi atau nggak perlu. Cek bagian “Insights” untuk mengetahui engagement audiensmu ya.

 

Jangan lupakan hal kecil lainnya

Foto: burst.shopify.com

Apa kamu pernah kepikiran buat bikin challenge dan giveaway? Atau pernahkah kamu memanfaatkan fitur-fitur di Instagram Story yang memancing feedback dari audiensmu? Hal kecil inilah yang bakal membuat audiensmu merasa senang bisa menjadi pelangganmu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan semacam hadiah bagi pelanggan setiamu, lho. Tertarik?

Sekarang, saatnya kamu menerapkan tips di atas biar strategi promosimu di Instagram makin berhasil ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *