“Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik”

Pandji Pragiwaksono

Ketika mendengar pertama kali ungkapan di atas, saya pun berpikir apa maksudnya? Berkomedikah Pandji dalam statement-nya? Nyatanya tidak! Ungkapan di atas sangat berkaitan dengan bisnis, baik dalam bidang branding suatu bisnis, self branding, maupun Unique Selling Proposition-nya.

Setiap orang maupun bisnis tentu seharusnya berusaha lebih baik daripada dirinya sendiri di masa lalu. Namun ketika bisnis Anda berada di antara banyak bisnis lainnya dengan bidang yang sama, Anda perlu berbeda agar market mengetahui keberadaan Anda. Bisnis Anda perlu memiliki Unique Selling Proposition (USP).

Apa sih itu USP? Dan memang apakah ada gunanya bagi bisnis? Yuk kita coba pelajari bersama mengenai pengertian USP dan manfaat USP bagi bisnis Anda!

Ada 3 telor dengan 2 telor berwarna putih dan 1 telor berwarna coklat. Menunjukkan perbedaan dan adanya unique selling proposition pada salah satu telurnya.
Pengertian Unique Selling Proposition

USP atau Unique Selling Proposition adalah inti dari apa yang membuat produk atau layanan dari bisnis Anda berbeda daripada pesaing. Memiliki USP dapat menjadi landasan dalam pemasaran jangka pendek maupun branding yang bertahan jauh lebih lama.

Hal-hal kecil dari USP yang kerap disampaikan dalam berbagai bisnis dapat berupa biaya yang lebih rendah, kualitas tertinggi, atau pengalaman paling banyak. Sederhananya USP dapat dipahami sebagai apa yang Anda miliki tetapi yang tidak dimiliki kompetitor Anda.

Dalam dunia marketing maupun branding, mengkomunikasikan USP Anda dengan jelas dan cepat adalah salah satu kunci agar membuat calon customer tertarik pada produk dan layanan Anda.

Contoh Unique Selling Proposition

Ketika Anda bertanya kepada desainer yang profesional tentang program apa yang umum mereka pakai, Adobe menjadi jawaban tertinggi. Namun ketika Anda bertanya kepada masyarakat awam yang ingin membuat desain sederhana, program yang mereka pakai, Canva menjadi pilihan terbanyak.

Seseorang sedang memegang mouse sambil bekerja. Hal ini menunjukkan software yang digunakan memiliki unique selling proposition-nya sendiri.

Canva, dengan tagline-nya “Memberdayakan dunia untuk mendesain” menjadi alat desain grafis online yang menyederhanakan proses desain bagi semua jenis pengguna. USP yang dimiliki menyampaikan bahwa Canva sangat bermanfaat bagi banyak orang awam.

Manfaat Unique Selling Proposition

USP menentukan posisi keunikan bisnis Anda dalam pandangan market. Dengan membuat USP bisnis Anda semakin bold maupun italic, maka Anda menunjukkan manfaat spesifik yang tidak ditawarkan oleh pesaing lain.

Jika produk atau layanan Anda sama seperti bisnis lainnya, calon customer Anda tidak akan tahu mana yang tepat bagi mereka. Dengan memiliki USP yang bold maupun italic pada bisnis Anda, calon customer akan terbantu dalam membedakan produk atau layanan Anda di antara berbagai pilihan yang tersedia.

Peran USP juga penting bagi internal bisnis Anda. Dengan memiliki USP, Anda dan seluruh manajemen perlu mempertimbangkan misi perusahaan Anda dengan alasan yang kuat. Anda perlu memahami bahwa bisnis yang sukses harus memiliki perbedaan yang kompetitif secara jelas dibandingkan bisnis lainnya.

Pentingnya Mengkomunikasikan USP Bagi Bisnis Anda

Unique Selling Proposition yang dikemas dengan lebih bold maupun italic dapat semakin membedakan produk, layanan dan bisnis Anda secara keseluruhan dibandingkan kompetitor.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempertimbangkan dan mengomunikasikan untuk siapa bisnis Anda, apa yang mendorong Anda untuk menawarkan produk dan jasa dari bisnis Anda dan bagaimana Anda ingin memberikan dampak yang berbeda bagi market Anda.

Want to be the top of mind in the market?

We understand the importance of research, using the right colors and words according to the core values of your business!

Setelah mempelajari bersama pengertian USP dan manfaat USP bagi bisnis Anda, mungkin Anda akan menggali hal tersebut dalam bisnis Anda dan berusaha mengemasnya secara bold atau italic.

Sebagai partner yang memahami pentingnya USP bagi perkembangan bisnis Anda, Melon Branding tentu dapat memberikan analisis yang tepat terkait USP dan pengemasannya dengan lebih bold atau italic.

Hubungi kami lebih lanjut melalui hello@melonbranding.com atau kunjungi Instagram @melonbranding ya!

Lastest Post

Leave a reply

Your email address will not be published.