Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini memiliki pengaruh besar berjalannya suatu bisnis. Menurut analis dari perusahaan marketing media sosial yang berbasis di Warsawa, Polandia, bernama NapoleonCat, mencatat bahwa hingga November 2019 lalu, pengguna aktif Instagram kini ada lebih dari 61.610.000 pengguna. Sampai saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes.

Melihat angka yang cukup besar, maka para pebisnis pun melirik platform media sosial yang satu ini untuk melebarkan sayapnya dalam membangun bisnis mereka. Instagram pun mulai ramai diisi dengan para pengusaha yang ingin mencoba teknik marketing pada media sosial ini. Bagi Anda salah satunya, Anda wajib mengetahui 10 poin berikut ini sebelum Anda mulai memutuskan untuk memposting konten di Instagram Bisnis Anda.

Simak penjelasannya berikut ini!

Pastikan Anda membuat halaman bisnis, bukan halaman pribadi.

Instagram menawarkan dua jenis halaman: halaman pribadi dan halaman bisnis. Untuk mendapatkan semua keuntungan dari akun perusahaan, periksa kembali apakah Anda memilih opsi yang tepat. Pastikan bahwa Anda telah membuat akun Instagram bisnis, bukan pribadi.

Putuskan strategi brand yang kuat.

Apakah Anda menggunakan halaman Anda hanya untuk meningkatkan brand awareness produk Anda? Menjual produk Anda? Atau tujuan Anda adalah untuk mendapatkan lebih banyak penggemar? Putuskan apa tujuan utama Anda, apa yang akan Anda lakukan sebelum Anda memulai memposting suatu konten. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan agar Anda menyampaikan pesan yang konsisten.

Edit pengaturan share Anda.

Aktifkan postingan konten Anda untuk dibagikan secara instan di platform media sosial lain seperti Twitter, Facebook, atau Pinterest.

Tentukan tema foto Anda agar terlihat familier.

Apakah itu melalui filter yang sama atau subjek yang sama, pastikan semua foto Anda memiliki ‘tampilan’ yang jelas dan konsisten sehingga penggemar dan pengikut Anda dapat dengan mudah membedakannya dari poster lain di feed mereka. Mereka akan lebih mudah mengenali brand Anda jika mereka mengingat ciri khas dari foto Anda.

Sematkan foto instagram Anda di blog Anda.

Menggunakan kode sematan (embed code) bawaan Instagram, Anda dapat dengan mudah berbagi foto di blog Anda untuk membantu menarik traffic dari situs web Anda ke Instagram Anda.

Memposting iklan bersponsor.

Iklan bersponsor memungkinkan Anda tetap berada di hasil pencarian untuk kata kunci yang diinginkan lebih lama. Mereka belum tersedia untuk umum, tetapi akan segera tersedia untuk sebagian besar akun bisnis.

Berikan ‘hadiah’ kepada followers dengan kode promo eksklusif.

Menawarkan kode promo eksklusif dan diskon untuk pengikut Instagram Anda adalah cara mudah untuk mendorong orang untuk tidakhanya menyukai postingan Anda, namun mendorong orang untuk mem-follow akun Instagram Anda.

Me-repost foto yang telah diberi tag oleh pengguna Anda.

Berbagi foto yang ditandai oleh pengguna Anda akan mendorong orang untuk memposting tentang brand Anda dengan harapan Anda akan melakukan hal yang sama dengan foto mereka. Ini merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan apresiasi kepada para followers setia Anda. selain itu cara ini juga merupakan cara yang paling mudah untuk membuat orang lain membicarakan perusahaan Anda sehingga akan terjadilah brand awareness.

Menyelenggarakan kontes foto.

Buat hashtag khusus dan buat mereka untuk memasukan logo perusahaan Anda pada foto yang dilombakan. Jangkauan Anda akan meluas karena followers Anda akan melihat logo dari perusahaan Anda tersebar dimana-mana.

‘Pamerkan’ karyawan Anda.

Buat citra terpercaya yang dapat dikaitkan dengan penggemar dengan menampilkan siapa yang menjalankan perusahaan Anda dan bagaimana caranya. Instagram merupakan platform yang mengandalkan visual, untuk itu gunakan hal tersebut untuk keuntungan Anda dengan menampilkan lingkungan dan karyawan Anda. Berikanlah kesan pada followers Anda bahwa betapa baik dan profesionalnya perusahaan Anda, karena apa yang mereka lihat maka itulah yang akan menjadi citra dari perusahaan Anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *