Jika perusahaanmu menjadi rank 1 dalam pencarian di search engine, usahamu makin banyak dicari dan dikenal oleh banyak orang sehingga penjualan turut meningkat!

Setiap harinya Google memproses lebih dari 8,5 miliar pencarian dan 60% populasi dunia memiliki akses ke internet. Fakta lainnya, 53% web traffic pada bisnis dengan tipe B2B dan B2C berasal dari penelusuran organik. Hal ini berarti lebih dari setengah traffic website-mu berpotensi untuk diketahui melalui search engine seperti Google. Maka sudah seharusnya kamu meningkatkan traffic website-mu melalui search engine optimization (SEO).

Realitanya untuk negara yang kita anggap sukses seperti di Amerika Serikat, hanya 30% pebisnis yang memiliki strategi SEO. Banyak pengusaha yang telah mencobanya dan merasa membuat strategi SEO hanya memakan waktu. Lebih lagi negara berkembang seperti Indonesia, sangat mungkin hanya segelintir pebisnis yang memiliki strategi SEO dan memiliki pemahaman bahwa traffic website yang meningkat dapat berdampak pada peningkatan penjualan.

Apakah SEO serumit itu? Seperti manusia yang belajar merangkak, berdiri, akhirnya bisa berjalan bahkan berlari, seiring waktu kamu juga akan terbiasa dengan dasar-dasar SEO. Maka melalui artikel berikut, kami berharap kamu mau memutuskan penggunaan SEO untuk pada websitemu.

Sekelompok orang sedang senang melihat monitor komputer, menunjukkan orang-orang yang senang penjualannya meningkat karena strategi SEO yang benar.

Definisi SEO

Search engine optimization adalah aktivitas mengoptimalkan web page yang kamu miliki untuk meningkatkan visibilitas situs secara organik di halaman hasil mesin pencari/search engine result pages (SERP).

SEO sangat berbeda dari ads pada search engine, di mana kamu harus membayar Google atau search engine lainnya agar situs website-mu di halaman hasil pencarian. Sebaliknya, dengan SEO, website-mu akan dioptimalkan secara organik (tanpa membayar pihak search engine) sehingga tampak pada halaman pertama atau bahkan di urutan pertama. Jumlah pengunjung yang datang ke situs website-mu melalui hasil pencarian ini didefinisikan sebagai organic traffic (karena mereka menemukan website-mu sendiri).

Pentingnya SEO

Bagi kamu yang belum memahami manfaat dari penerapan strategi SEO, ketahuilah bahwa banyak manfaat yang diberikan SEO bagi kamu sebagai pemilik website.

SEO menghasilkan lebih banyak traffic

Dengan menerapkan strategi SEO, persentase peningkatan organic traffic akan tampak secara signifikan. Dengan peningkatan organic traffic yang semakin tinggi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pengunjung ke website melalui ads.
Secara statistik, 75% pencari mengklik hasil pencarian yang terdapat pada halaman pertama SERP. Jika website-mu berada di halaman pertama untuk pencarian, kamu mungkin menerima sebagian besar klik dan traffic.

Bahkan di halaman pertama. semakin dekat ke atas hasil pencarian yang melampirkan website-mu, semakin banyak lalu lintas yang diperolehnya. SISTRIX sebagai layanan penyedia SEO software,  melaporkan bahwa hasil teratas memiliki rasio klik-tayang (RKT) sebesar 28,5%.

SEO traffic relatif konsisten

Jika page websitemu berperingkat baik di Google, traffic yang kamu dapatkan akan relatif konsisten pada page tersebut. Hal ini berbeda dengan metode akuisisi traffic lainnya seperti pada social media atau email marketing yang sering berubah-ubah. Dengan fakta bahwa google setiap harinya memproses lebih dari 8,5 miliar pencarian maka website yang berperingkat di SERP menerima organic traffic pasif yang konsisten.

SEO meningkatkan pengalaman pengguna

Cara kerja SEO relatif sederhana, kamu hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci ke website dan halaman websitemu akan muncul di SERP. Beberapa pebisnis dulunya sering melakukan pengulangan kata terus menerus untuk meningkatkan peringkat di SERP, tetapi tidak peduli pengalaman pembaca yang akan bosan. Dengan beberapa pembaharuan yang Google lakukan, peringkat di SERP sekarang membutuhkan lebih dari sekadar kata kunci yang berulang.

Saat ini, user experience yang baik tentunya identik dengan praktik SEO yang baik. Terlebih dengan Google memperkenalkan pembaharuan algoritma di tahun 2021 yaitu Page Experience, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman optimal bagi penggunanya.

Pembaharuan ini akan mendukung situs web untuk tetap aktif meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Sederhananya, pemilik website atau website developer dapat meningkatkan peringkat jika pengalaman pengguna juga ditingkatkan dengan tepat.

SEO meningkatkan Return on Investment (ROI) yang tinggi

Penggunaan SEO yang tepat akan berdampak pada ROI yang lebih tinggi daripada strategi pemasaran lainnya. Menurut Terakeet, perusahaan teknologi search engine berbasis perusahaan, website yang berperingkat tinggi di SERP mendapatkan hasil berupa:

  • Peningkatan nilai bisnis blog sebesar 429%
  • Penurunan biaya akuisisi pelanggan sebesar 87,41%
  • Pendapatan $12,20 per $1 yang dihabiskan untuk pemasaran

Cara Kerja Search Engine

Dengan mempelajari dasar-dasar SEO, kamu akan memahami cara kerja search engine untuk menentukan aspek mana dari situs website-mu yang perlu dioptimalkan.

Mari kita mulai dengan mempelajari Google sebagai salah satu search engine yang kerap digunakan. Sebelum Google dapat menyajikan situs website-mu kepada penggunanya, ada 3 langkah yang perlu dilakukan: crawling, indexing, dan ranking.

  1. Crawling. Google mengirimkan robot (juga dikenal sebagai spider atau crawler) untuk mengikuti hyperlink di website untuk menemukan konten baru. Konten dapat berupa halaman web, PDF, gambar, video, atau apa pun yang dapat ditautkan. Ketika crawler membuka halaman web, crawler akan mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut dan mengikuti tautan ke halaman lain. Kemudian mereka melaporkan kembali apa yang mereka temukan ke Google.
  2. Indexing. Jika crawler menemukan konten unik, mereka menambahkannya ke database besar URL yang ditemukan, juga dikenal sebagai ‘search engine’.
  3. Ranking. Setelah URL ada di database, proses pemeringkatan dimulai. Untuk setiap permintaan pencarian, Google harus mencoba mengatur hasil dari yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

Maka, agar situs websitemu muncul di halaman pertama Google, kamu harus memberikan jawaban yang relevan dengan apa yang dicari orang.

Cara Membuat Websitemu Berada di Google

Tujuan SEO adalah untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google, dan hal awal yang perlu kamu lakukan adalah membuat Google mengetahui keberadaan website-mu.

Google secara otomatis menambahkan website-mu ke indeks pencarian walaupun harus menggunakan waktu beberapa hari atau minggu. Jika kamu adalah pemilik situs website, kirimkan situs website-mu secara manual ke Google agar proses dapat dipercepat.

Berikut adalah dua langkah untuk mengirimkan situs website ke Google:

  1. Temukan peta situs XML sitemap. XML sitemap adalah file yang mencantumkan semua halaman penting di situs webmu. Ini memberikan petunjuk bagi Google untuk menemukan dan crwaling semua halaman tersebut. Kamu dapat menemukan XML sitemap milikmu dengan mengetikkan URL berikut pada browser: ‘yourwebsite.com/sitemap.xml’ atau ‘yourwebsite.com/sitemap_index.xml’
  2. Kirim sitemap kamu ke Google Search Console. Google Search Console adalah alat SEO yang membantu mengukur kinerja pencarian situs websitemu. Kamu dapat mengirimkan peta situs XML ke Google Search Console menggunakan panduan Google untuk peta situs.

Hal Fundamental dari SEO: Konten Adalah Segalanya!

Jika kamu ingin peringkat tinggi di Google, kamu harus membuat konten berkualitas tinggi yang ingin dibaca orang. Dalam hal SEO, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan!

Ada cukup banyak faktor peringkat yang dipertimbangkan Google saat memberi peringkat situs web. Jika kamu dapat memberikan informasi yang mereka inginkan kepada banyak orang, kemungkinan besar mereka akan tinggal lebih lama berada di website-mu. 

Traffic yang hadir mungkin menelusuri page lain dari websitemu, berkunjung kembali websitemu, atau bahkan menyelesaikan pembelian. Ini menjadi tanda bahwa secara algoritma, Google menilai situs webmu bermanfaat bagi penggunanya, sehingga kamu layak mendapatkan peningkatan peringkat karena memiliki konten yang bagus.

Menulis Banyak Konten Pada Websitemu Itu Penting!

Blogging adalah cara yang bagus untuk memiliki lebih banyak konten di website-mu. Hal ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan keahlianmu pada topik tertentu. Semakin banyak konten yang kamu miliki tentang suatu topik, maka Google akan menganggap kamu sebagai ahli. Ini sangat bermanfaat untuk aktivasi SEO yang kamu lakukan.

Jika kamu menjalankan situs misalnya, maka websitemu berkisar pada penjualan produk. Tidak mudah untuk menulis tentang suatu produk, dan kamu harus menghindari menulis tentang betapa hebatnya produkmu dibandingkan dengan toko lain. Umumnya traffic tidak ingin membaca artikel yang terasa seperti promosi pemasaran, tetapi mereka mencari solusi untuk memecahkan masalah atau kebutuhan mereka. Maka tulislah artikel yang membantu orang memecahkan masalah mereka!

Search engine mempertimbangkan banyak faktor peringkat ketika memutuskan halaman yang paling relevan untuk permintaan pencarian tertentu.

Kami berbicara tentang pentingnya memiliki konten yang baik sebagai faktor peringkat. Di samping itu, ada faktor peringkat lain yang dikelompokkan ke dalam aspek utama berikut:

Technical SEO

Teknis dari SEO terkait tentang mengoptimalkan infrastruktur situs websitemu sehingga crawling dari search engine dapat dengan mudah mengakses dan mengindeks situs website-mu. Hal-hal teknis terkait SEP berurusan dengan backend.

Cara mengoptimalkan teknis terkait SEO:

  1. Struktur situs websitemu;
  2. Implementasi data terstruktur dan schema markup;
  3. Kecepatan situs dan halaman;
  4. Struktur URL — Memperbaiki pengalihan URL;
  5. Mobile friendly;
  6. Keamanan situs web (SSL dan HTTPS).

SEO On-page

Setiap elemen konten pada website-mu memberikan dampak besar dari SEO on-page. Selain membuat konten informatif yang dapat menjawab pertanyaan pengguna, SEO on-page juga memperhatikan pengoptimalan halaman untuk kata kunci tertentu guna meningkatkan visibilitas pencarian. Karena search engine secara teknis tidak dapat membaca semua elemen dengan akurasi yang tinggi, maka bagian dari SEO on-page perlu memasukkan data untuk membantu robot mesin pencari mengatur dan memahami arti dan konteks kontenmu.

Hal yang perlu dioptimalkan dalam memaksimalkan SEO on-page:

  1. Tag judul;
  2. Pengaturan format dan judul dari setiap konten;
  3. Meta description;
  4. URL;
  5. External dan internal hyperlink.

Tingkatkan penjualan pada bisnismu dengan menjadi rank 1 dalam pencarian di search engine. Percayakan layanan SEO pada Melon Branding, yang dapat mengoptimalkan SEO pada website-mu dan berbagai potensi brand dan aktivasi digital dari bisnismu!

Want to Increase your traffic significantly ?

Every business needs more traffic for their website, which brings awareness and conversion. We know the best way through SEO activation for your website.

Related Post

Leave a reply

Your email address will not be published.