Pada tahun 2017, Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa jumlah wirausaha di Indonesia meningkat hingga 3.10% dari sebelumnya sekitar 1.75%. Hal tersebut dikarenakan terjadinya perkembangan teknologi yang kian hari kian melesat pertumbuhannya. Namun sayangnya, hal tersebut diikuti dengan banyaknya pengusaha yang terpaksa gulung tikar di tahun ketiga. Mengapa demikian? Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah persaingan yang semakin ketat antar pelaku bisnis yang satu dengan yang lain. Selain itu juga karena kurangnya popularitas produk yang ditawarkan membuat persaingan menjadi semakin berat di era digital seperti ini. Semakin tinggi angka persentase wirausaha, semakin ketat pula persaingan yang terjadi. Untuk menghadapi hal tersebut terdapat beberapa cara yang cukup ampuh untuk mendorong brand yang Anda miliki.

 

Buatlah Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama merupakan salah satu kunci terpenting dalam membangun dan mempertahankan brand. Tunjukanlah bahwa brand yang Anda miliki merupakan yang terbaik diantara brand-brand serupa. Berikanlah kesan pertama yang baik dan menarik yang membuat klien merasa spesial, dengan begitu klien akan terus mengingat brand Anda sebagai brand yang baik.

Gunakanlah Logo dan Tagline yang Menarik

Buatlah logo yang keren dan menarik. Selain itu, sebuah logo yang Anda miliki juga harus mengandung filosofi di dalamnya. Filosofi tersebut bisa berupa visi misi yang dimiliki brand Anda, atau mempunyai makna tersendiri bagi Anda. Sebuah logo sebaiknya merupakan suatu gagasan yang original dan timeless, sehingga esensi yang terkandung dalam logo tersebut tetap sama dan konsisten. Selain logo, tagline yang menarik juga bisa menjadi salah satu poin penting dalam rangka mendorong brand Anda. Buatlah tagline yang sederhana namun sangat merepresentasikan merek sehingga mudah diingat dan konsumen.

Tunjukan Ciri Khas Warna Brand mu

Warna merupakan salah satu elemen penting disamping logo. Pilihan warna yang ditetapkan pada brand Anda merupakan suatu tanda atau ciri khas dari brand yang Anda miliki. Jika Anda melihat perpaduan warna merah dan kuning seperti gambar di atas, maka Anda akan otomatis langsung mengingat bahwa warna tersebut identik dengan ciri khas warna McDonald. Hal seperti itulah yang musti kita contoh. Akan lebih baik lagi jika warna yang dipilih merupakan warna yang sesuai dengan filosofi dan psikologi warna yang sesuai dengan karakter brand Anda. Misalnya warna merah menunjukan keberanian, kekuatan, energi, warna hijau menunjukan kesuburan, kesegaran, kedamaian, warna kuning menunjukan ceria, bahagia, dan optimis.

Cetak Logomu Dimana Saja

Dalam rangka menyebarkan brand awareness, Anda dapat mencetak logo brand Anda dimana saja, misalnya pada kaos, tumbler, kalender, notes, pin, dan lain sebagainya. Hal tersebut bertujuan agar orang-orang yang ada di sekitar Anda melihat dan mengetahui brand yang Anda miliki.

Gunakanlah Media Sosial

Pada zaman yang serba teknologi sekarang ini, media sosial saat ini berubah menjadi suatu gaya hidup yang hampir setiap orang miliki. Menurut “Digital Around The World 2019”, di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk. Dan setidaknya menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya mengakses media sosial. Media sosial tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi yang efektif dan cukup menguntungkan.

Mengetahui Target Pasar

Mengetahui target pasar merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut dikarenakan proses marketing yang Anda jalani menjadi lebih tepat sasaran. Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk mengetahui metode pemasaran yang tepat yang bisa dilakukan.

Buatlah Situs Jaringan yang Menarik dan Informatif

Buatlah website yang user-friendly agar mudah digunakan oleh konsumen. Juga, berikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan secara lengkap dan mudah dimengerti. Buatlah konten artikel yang berisi informasi yang relevan pada situs jaringan tersebut supaya calon klien Anda dapat lebih memahami brand Anda.

Pasang Iklan Digital

Iklan merupakan media promosi yang digunakan bagi pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Saat ini terdapat banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai sarana promosi atau beriklan, salah satunya di Google Ads dan Facebook Ads. Dengan memasang iklan, produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa tepat sasaran. Informasi lebih lanjut mengenai Google Ads dan Facebook Ads bisa Anda dengarkan di siniar (podcast) Ngomongin Bisnis by Melon Branding https://open.spotify.com/show/5VpObx33aaJ9mIwmeKjTlE.

Mengikuti Event

Mengikuti event merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan brand Anda secara langsung kepada calon klien. Jika brand Anda menjadi sponsor dalam acara tersebut, tentunya brand Anda akan mendapat exposure. Agar tepat sasaran, pilihlah acara-acara yang partisipannya sesuai dengan target pasar brand Anda.

Memberi Hadiah Kecil pada Klien

Seroyal apapun konsumen terhadap sebuah brand, mereka pasti akan tetap tertarik untuk mengikuti promosi dari brand lain yang memberikan hadiah atau promo. Untuk itu, buatlah potongan harga, promo atau voucher untuk menarik calon konsumen yang belum mengetahui atau mencoba produk Anda.

Terapkanlah 10 cara ampuh tersebut untuk mendorong brand Anda. Anda bisa melakukannya secara bertahap, Anda juga bisa menambahkan cara-cara lain yang menurut Anda dapat turut serta mendorong brand yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kesulitan atau ingin berkonsultasi mengenai cara tersebut, Anda bisa menghubungi Melon Branding melalui email di cs.melonbranding@gmail.com atau bisa juga cek instagram Melon Branding di @melonbranding.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *