Di era modern seperti saat ini, kita diharuskan untuk serba bisa, serba cepat dan serba kreatif dalam menangani masalah apapun dan dalam bidang apapun. Salah satunya dalam dunia bisnis. Strategi pemasaran merupakan salah satu kunci yang penting dalam dalam dunia bisnis, dimana para pelaku bisnis tersebut dituntut untuk serba bisa, cepat dan kreatif dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Seiring berjalannya waktu, strategi pemasaran yang terjadi di dunia bisnis pun mulai berubah dan menyesuaikan target pasar yang kian hari kian berubah pula. Salah satu strategi pemasaran yang berubah dan diangap lebih baik dari sebelumnya adalah inbound marketing.

Jika sebelumnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh banyak pelaku bisnis adalah menjangkau konsumen dari luar, seperti iklan, surat, email, telepon, saat ini efektivitas dan efisiensinya semakin diragukan. Hal itu disebabkan karena strategi tersebut menunjuk pada orang sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan minat sasaran pesan mereka, sehingga hal tersebut dapat membuat orang yang ditunjuk merasa terganggu. Hal inilah yang disebut dengan outbond marketing. Lalu apa bedanya dengan inbound marketing?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai inbound marketing, ada baiknya untuk mengetahui apa itu inbound markerting. Indound marketing adalah sebuah metode pemasaran yang fokusnya untuk menarik konsumen melalui konten dan interaksi agar calon konsumen tertarik ingin mencari Anda. Inbound marketing sejalan dengan teknologi di era digital karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain. Menurut survey yang dilakukan oleh CRM Daily, inbound marketing dapat menghasilkan konversi hingga 30 kali lipat lebih tinggi dibandingkan outbound marketing.

Agar tujuan itu tepat sasaran. ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah-langkah Inbound Marketing adalah sebagai berikut:

Attract
Orang-orang yang belum mengenal kita saat ini disebut sebagai strangers, mereka belum tahu siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan. Dengan menyediakan konten yang tepat di blog kemudian memanfaatkan media sosial serta teknik SEO untuk memasarkan konten tersebut, orang-orang akan tertarik untuk masuk ke website Anda dan menjadi visitor. Buatlah konten yang kreatif sehingga banyak konsumen tertarik dengan website Anda. Konten yang menarik akan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi bisnis Anda, sehingga disarankan untuk memberikan materi yang sesuai dengan sasaran Anda.

Convert
Karena kita telah mendapatkan perhatian dari calon klien, saatnya mengubah mereka menjadi klien. Caranya adalah dengan mendapatkan informasi kontak mereka, untuk itu, Anda perlu alamat email, nomor HP, dan sejenisnya. Bagaimana caranya mendapatkan kontak mereka? Anda bisa mendapatkannya melalui landing page, call to action, dan form (formulir pendaftaran).

Dalam marketing ini, email calon klien merupakan suatu hal yang sangat berharga. Dengan mendapatkan email mereka, ini merupakan langkah awal untuk membangun hubungan dan rasa percaya antara bisnis Anda dan mereka.

Close
Setelah mendapatkan kontaknya,Anda bisa mengubah calon konsumen menjadi konsumen. Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan informasi kontak yang didapat di tahap convert. Kirimlah konten atau pesan yang dapat membuat mereka tertarik membeli. Lalu setelah itu Anda bisa melakukan penjualan. Inilah cara dan media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan:

  • Email: Untuk calon klien yang belum siap untuk menggunakan layanan anda, kirimkan beberapa email untuk semakin meningkatkan keyakinan mereka. Email ini harus tetap memberikan manfaat.
  • Marketing Automation: Proses email bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan alat seperti email marketing autoresponder.

Delight
Setelah konsumen melakukan pembelian, Anda masih harus tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen tersebut, dan pada saat melayani pembelian pun Anda harus memberikan saran dan interaksi yang membuat konsumen merasa nyaman. Hal ini sangat penting dikarenakan terkadang banyak sekali yang lupa bahwa disaat konsumen sudah menjadi pelanggan, tapi lupa melakukan maintenance atau memberikan pelayanan maksimal. Kenapa ini penting? Karena konsumen yang melakukan pembelian adalah konsumen yang sudah jelas-jelas tertarik dengan bisnis Anda. Sehingga, mengajak mereka untuk membeli lagi tidak akan sesulit mengejar konsumen baru.

Ketiga proses ini diharapkan mampu membuat konsumen bisa mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih bernilai dan mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi. Sebab konsumen yang bernilai juga akan menaikan nilai dari sebuah bisnis. Metode inbound marketing ini layak Anda pakai untuk memperluas pasar dan mengembangkan bisnis.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *