Setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu influencer dan bagaimana stragegi marketingnya, saat ini kita akan membagas tentang KOL, atau Key Opinion Leader. Menurut Influencer DB KOL adalah pakar yang pendapatnya dihargai atau dipercaya dan didengarkan oleh khalayak yang lebih luas dalam industri atau bidang pengetahuan tertentu. KOL adalah individu yang dipercaya dan dihormati secara khusus untuk pengetahuan ini.

Namum apakah KOL dan Influencer itu sama? Meskipun kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, keduanya tidak persis sama. Memahami perbedaan antara keduanya dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda akan bekerjasama dengan influencer atau KOL untuk kampanye band Anda.

Dilansir dari Redcomm influencer dan KOL memiliki beberapa perbedaan.

Yang pertama yaitu kredibilitas. Karena keahlian, kemampuan, pengetahuan, dan profesinya, maka kredibilitas seorang KOL berasal dari kehidupannya nyatanya di suatu bidang atau industri, kualifikasi profesionalnya, jam terbangnya di suatu bidang tersebut. Kredibilitas dan kepercayaan yang didapatkan influencer dari para pengikutnya berasal dari identifikasi personal yang ditampilkan oleh influencer itu sendiri di akun-akun sosial media yang mereka miliki serta dari preferensi pribadi.

Seorang KOL memiliki pekerjaan penuh waktu yang juga sebagai profesi mereka di dunia nyata. Misalnya mereka adalah seorang chef terkenal di sebuah hotel bintang 5, atau seorang dokter ahli bedah, psikolog, lawyer, dan sebagainya. Karena profesinya ini pula, maka sudah pasti pengetahuan dan pendapat mereka tak lagi diragukan oleh audiens yang mengenal mereka. Sedangkab kebanyakan influencer menghabiskan waktu lebih banyak di dunia online. Aktivitas mereka lebih banyak terkait dengan digital marketing. Mereka membutuhkan upaya keras untuk membuat konten di sosial media, blog, atau YouTube, demi meningkatkan jumlah pengikut mereka sehingga para pengikut mereka bisa terus mengikuti apa yang mereka tampilkan.

Lalu apa peran KOL dalam marketing dan pentingnya mengetahui KOL management?

Dilansir dari Active Campign  sebanyak 115% millenial lebih dipengaruhi oleh promosi dari mulut ke mulut daripada iklan tradisional. Itu artinya menggunnakan KOL sebagai salah satu strategi marketing adalah pilihan yang tidak diragukan lagi. Untuk itu managemen KOL juga diperlukan guna membangun koneksi dan relasi yang baik antara perusahaan dan KOL yang akan mempromosikan brand mereka.

Baca juga: Rahasia Membangun Kepercayaan Konsumen

Dilansir dari Revu ada 3 alasan mengapa KOL manajemen itu penting bagi marketing bisnis Anda.

Menjaga Nama Baik Perusahaan

Dengan adanya sistem manajemen KOL, perusahaan akan lebih berhati-hati selama proses kampanye brand. Mulai dari proses negosiasi, pengembangan konten, hingga pembayaran insentif promosi, hubungan perusahaan dengan KOL akan terus berjalan dengan sehat. Pastikan keseluruhan kampanye KOL Anda berjalan dengan baik, akurat dan tepat karena hasil akhir dari manajemen Anda selama kampanye mampu menentukan apakah brand Anda akan dikenal dengan cap “baik” atau dicap “kurang baik.”

Efisiensi Waktu

Seperti yang sudah kita bahas diatas sebelumnya bahwa seorang KOL juga memiliki perkerjaan penuh waktu sesuai dengan bidang dan keahliannya, untuk itu mereka pun pasti memiliki tugas yang banyak dan aktivitas yang padat. Jadi, efisiensi dalam memberikan brief, meeting dan payment menjadi hal yang sangat krusial, dengan tujuan kampanye KOL marketing Anda berjalan sesuai rencana.

Managment yang Rapi

Umumnya, setiap manajemen kampanye akan terbagi menjadi 3 fase, yaitu pra kampanye, kampanye, dan pasca kampanye. Manajemen KOL membantu perusahaan dan tim pemasaran agar memiliki struktur dan alur manajemen kampanye yang lebih teratur. Dengan itu, pola kerja tiap pihak yang terlibat akan menjadi lebih efisien.

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, KOL memiliki 5 tingkatan, yaitu:

Nano-influencers: 1,000 – 10,000 followers

Micro-influencers: 10,000 – 50,000 followers

Mid-tier influencers: 50,000 – 500,000 followers

Macro-influencers: 500,000 – 1,000,000 followers

Mega-influencers: 1,000,000+ followers

Menurut Kawo, ada beberapa cara untuk memilih dan menentukan KOL yang tepat untuk perusahaan Anda.

Jumlah Followers

Pertama, lihat jumlah potential followers KOL Anda. Meskipun jumlah followers bukanlah faktor yang paling penting, namun hal ini dapat memberi Anda perkiraan yang baik tentang seberapa jauh pesan Anda akan disiarkan. Kedua, cari tahu KOL mana yang memiliki penonton paling terlibat (engage). Kita tahu bahwa ada “akun mati” yang tersebar di seluruh platform media sosial. Jadi, menyeleksi jumlah audiens aktif calon influencer Anda secara bertahap menjadi tugas penting yang harus dilakukan.

Brand Relevancy

Sekarang setelah Anda mempersempit cakupan KOL, sekarang saatnya memilih KOL yang lebih spesifik. Pilih KOL yang tertarik dengan industri Anda dan yang memiliki keingintahuan pada bidang spesifik Anda. Misalnya, brand Anda akan menggunakan seorang dokter kulit sebagai KOL karena brand Anda bergerak pada bidang industri kecantikan kulit.

Media Sosial yang Beragam

Karena sebagian besar KOL menggunakan beberapa platform media sosial, maka akan lebih baik lagi jika KOL Anda memiliki blog aktif dengan basis penggemar yang kuat, karena Anda pasti menginginkan ekstra exposure. Dengan jumlah audiens yang semakin banyak, maka variasi audiens pun akan semakin banyak pula. Untuk itu, KOL yang akan dipilih sebaiknya memiliki beberapa akun di media sosial populer seperti Instagram, Youtube, Twitter, atau Facebook.

Offline Reputation

Menjadi terkenal di dunia maya saja tidak cukup, untuk itu KOL Anda juga harus memiliki koneksi yang luas di “dunia nyata”. Karena tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan brand awareness produk Anda, jadi Anda memerlukan KOL yang dapat mempromosikan brand Anda baik secara online maupun offline.

Nah, setelah mengetahui tentang apa itu KOL, apa perbedaan KOL dengan influencer, bagaimana cara memanagemen KOL hingga tips mengenai apa saja yang perlu diperhatikan saat akan memilih KOL, Anda diharapkan dapat menentukan dan menyesuaikan dengan kebutuhan brand serta produk yang Anda jual.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *