Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya, Instagram adalah tempat yang sangat menguntungkan untuk memulai dan mengembangkan bisnis karena akan semakin mudah untuk memasarkannya di sana. Dengan audiens yang banyak, kemungkinan bisnis Anda akan lebih mudah berkembang akan semakin besar. Ditambah dengan fitur-fitur yang mendukung untuk mengembangkan bisnis di sana seperti fitu Instagram business.

Namun, nyatanya, tidak semua yang Anda lakukan adalah hal yang maksimal. Ada beberapa hal kecil yang membuat Instagram Anda tidak maksimal untuk bisnis Anda. Oleh karena, beberapa tips kecil berikut akan membantu Anda untuk memaksimalkan Instagram Anda.

Gunakan Deep Link

Anda pasti memiliki media sosial lain selain Instagram seperti Facebook atau YouTube dan menaruh linknya di Link in Bio Instagram Anda. Namun, yang Anda taruh di sana adalah link standar yang akan mengarahkan pengikut Anda ke media sosial tersebut melalui browser Instagram. Dan, seperti yang Anda ketahui, jika melalui browser Instagram maka pengikut Anda harus login ulang di media sosial tersebut sedangkan kebanyakan orang tidak mau untuk melakukannya. Itu dapat membuat Anda kehilangan potensi pengikut baru di media sosial lain.

Solusinya adalah menggunakan Deep Link. Deep Link akan mengarahkan pengikut Anda langsung ke aplikasi media sosial tersebut di ponsel mereka sehingga mereka tidak perlu login lagi. Tentunya, dengan menggunakan cara ini, Instagram Anda akan lebih maksimal dalam mempromosikan media sosial Anda yang lain.

Salah satu cara untuk mendapatkan Deep Link adalah dengan menggunakan URL Genius.

Berikan Caption di Video Instagram Story

Instagram tidak secara otomatis menyalakan suara di Instagram Story. Pengguna harus secara manual menyalakannya dengan memencet tombol volume agar suaranya menyala. Namun, bagi kebanyakan orang, mereka merasa tidak perlu menyalakan suara dan hanya menonton video tanpa suara.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki video berisi pesan, jangan hanya menggunakan suara, namun beri juga caption agar pengikut Anda yang tidak suka menyalakan suara juga tahu apa yang Anda sampaikan di video tersebut. Selain itu, dengan memberikan caption, akan lebih banyak orang yang penasaran dengan isi video yang sebenarnya sehingga mereka pun akan menyalakan suara untuk mendengarkan secara keseluruhan video tersebut.

Tambahkan Call to Action Kedua

Kebanyakan pemilik bisnis biasanya akan menuliskan Call to Action (CTA) yang sama untuk setiap captionnya seperti permintaan untuk menuliskan sesuatu di kolom komentar atau share ke Instagram Story. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk membangun engagement dan Instagram pun merasa jika postingan Anda layak untuk ditampilkan ke banyak orang hingga masuk ke dalam Discover.

Namun, itu hanya berlaku selama 48 jam. Setelahnya, postingan Anda akan hilang sendirinya dari Discover. Jadi, selain menggunakan CTA yang biasa, Anda bisa menambahkannya dengan CTA yang bisa menguntungkan Anda seperti mengajak pengikut Anda untuk pergi ke Link in Bio Anda agar mereka bisa pergi ke media sosial Anda yang lain dan bisa menambah nilai engagement di sana juga.

Manfaatkan Highlights

Highlights adalah salah satu fitur Instagram yang akan menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan Highlights Anda bisa menaruh Instagram Story Anda agar, yang tadinya hanya berumur 24 jam, menjadi selamanya. Jadi, Anda tidak akan kehilangan konten Instagram Story Anda. Selain itu, dengan menaruh Instagram Story di Highlights, pengikut Anda pun bisa menonton kembali konten Instagram Story Anda sebelumnya. Jadi, pastikan Anda menaruh semua konten penting Anda di Highlights.

Berikan Watermark Tersembunyi

Anda mungkin tidak lupa untuk menambahkan watermark di setiap postingan Anda. Namun, ternyata, walaupun sudah diberi watermark, foto Anda akan tetap diambil dengan bagian watermark Anda dipotong. Untuk mencegahnya agar tidak terjadi adalah dengan memberikan watermark tersembunyi.

Watermark ini adalah watermark dengan ukuran kecil dan ditaruh di tengah-tengah foto Anda. Taruhlah watermark ini di tempat yang menurut Anda akan sulit untuk di hapus atau dicrop seperti di tengah-tengah background ombre dan sebagainya. Jadi, walaupun watermark utama Anda dipotong, watermark kedua Anda yang tersembunyi tetap Ada di sana.

Dengan Instagram yang maksimal, Anda pun akan mendapatkan feedback yang maksimal pula. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan tips di atas sebagai panduan Anda memaksimalkan Instagram Anda. 

Namun, jika Anda butuh bantuan untuk memaksimalkan Instagram Anda atau membutuhkan bantuan dan saran untuk mengelola konten media sosial Anda, Anda bisa menghubungi social media specialist kami di Melon Branding Agency di 083878014025 dan kami akan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda di media sosial yang dibutuhkan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *