Salah satu strategi off-page Search Engine Optimization (SEO) yang efektif mengoptimasi situs atau blog adalah social bookmarking. Istilah ini tentunya tak asing bagi kamu yang biasa bergelut di bidang digital marketing, terutama kalangan praktisi SEO seperti blogger, SEO specialist, digital marketer, dan sebagainya.

Sekilas, konsep social bookmarking terlihat sebelas dua belas dengan bookmarking pada browser. Fitur browser ini berguna untuk menyimpan halaman situs agar bisa dibuka kembali tanpa harus menghafal alamat URL-nya.

Bila fitur bookmarking pada browser hanya tersedia di satu perangkat, social bookmarking dapat diakses oleh siapapun. Uniknya, teknik off-page SEO ini tak hanya terbatas pada penyimpanan situs tertentu. Untuk lebih lanjutnya, yuk simak pengertian dan contoh social bookmarking berikut ini.

1. Pengertian Social Bookmarking

ilustrasi perempuan melakukan aktivitas social bookmarking (freepik.com)

Social bookmarking merujuk pada proses menyimpan, mengelola, dan mengunggah konten pada platform. Memanfaatkan fitur atau tools berbasis browser, social bookmarking menyimpan informasi dari berbagai sumber secara online.

Selain mempermudah pengaksesan kembali, strategi off-page SEO ini juga mempermudah penyebaran informasi ke khalayak luas. Seiring banyaknya pembaca dari platform social bookmarking, terjadi peningkatan trafik pada situs rujukan. Tak sampai di situ, ranking situs juga bisa melejit bila backlink dilakukan dengan benar.

Dalam praktiknya, kamu hanya perlu membuat konten artikel yang dilengkapi backlink menuju situs atau blog pada platform social bookmarking. Robot Google secara otomatis memvalidasi konten lengkap dengan backlink yang dibuat. Semakin baik kualitas blog, maka semakin tinggi peluang mesin telusur merekomendasikan dan menaikkan peringkat pencarian.  

2. Contoh Social Bookmarking

Twitter sebagai contoh social bookmarking (freepik.com)

Pengoptimalan situs atau blog SEO melalui aktivitas social bookmarking cukup digemari praktisi SEO. Selain praktis, metode ini juga menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, sejumlah platform social bookmarking bisa kamu akses secara cuma-cuma kala berselancar di internet. Untuk memudahkan pemahamanmu, cek deretan contoh social bookmarking di bawah ini.

  • Twitter
    Salah satu contoh social bookmarking yang populer digunakan adalah Twitter. Platform yang dinahkodai Elon Musk ini memfasilitasi penggunanya untuk membagikan unggahan melalui tweet dengan maksimal 140 karakter.

    Aktivitas social bookmarking pada platform ini dilakukan dengan membuat tweet dan menyisipkan link di dalamnya. Teknik ini memudahkan crawler Google mengindeks konten sehingga muncul di hasil penelusuran.
  • Pinterest
    Dengan 443 juta pengguna di seluruh dunia per bulannya, Pinterest digadang-gadang menjadi platform virtual pinboard yang cukup digandrungi. Platform ini memungkinkan penggunanya mengeksplor konten-konten visual, seperti gambar, animasi, maupun video.

     

    Dalam aktivitas social bookmarking, Pinterest ini  berguna untuk mengelompokkan konten sesuai konsep, kategori, palet, dan kategori lainnya sesuai kata kunci (keyword) yang relevan. Teknik ini efektif menampilkan konten di Search Engine Result Page (SERP).
  • Medium

Contoh social bookmarking yang terakhir adalah medium. Populer di kalangan praktisi SEO, platform ini memfasilitasi konten tulisan tanpa batasan jumlah karakter. Dalam aktivitas social bookmarking, Medium digunakan untuk mendapatkan backlink dofollow dengan cara menambahkan link pada guest post yang dibuat.

Want to Increase your traffic significantly ?

Every business needs more traffic for their website, which brings awareness and conversion. We know the best way through SEO activation for your website.

Nah, itulah pengertian social bookmarking lengkap dengan contoh platformnya. Sebagai strategi off-page SEO, aktivitas ini ideal untuk mengoptimasi situs atau blog. 

Tak cuma memperluas informasi, metode social bookmarking memudahkan peningkatan trafik pada situsmu. Bila kamu masih bingung caranya, jangan ragu untuk mempercayakan layanan SEO websitemu pada Melon Branding.

Related Article

Leave a reply

Your email address will not be published.